Memangkas Biaya Produksi Perusahaan Manufaktur

tips memangkas biaya produksi

Selain manajemen sumber daya yang baik, perusahaan manufaktur perlu memikirkan tentang alur biaya produksi. Sebagian orang berpikir bahwa mengurangi biaya produksi akan menurunkan kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan manufaktur. Ternyata pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Pasalnya, Anda tetap bisa memangkas biaya produksi atau reduce production cost dengan melakukan strategi yang tepat. Hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah dengan cara menganalisa data beberapa tahun terakhir untuk melihat bagian mana saja yang bisa dipangkas. Berikut beberapa cara memangkas biaya produksi atau reduce production cost untuk perusahaan manufaktur Anda:

Penghematan Internal

Cara memangkas biaya produksi atau reduce production cost adalah dengan cara melakukan penghematan pada bagian internal. Hal-hal yang termasuk di dalamnya adalah biaya produksi bahan baku yang meliputi biaya tenaga kerja dan bahan baku. Perusahaan memang wajib membayar gaji karyawan dan belanja bahan baku. Namun, bukan berarti langkah penghematan tidak bisa dilakukan.

Perusahaan manufaktur biasa memangkas biaya operasional dengan melakukan optimalisasi belanja bahan baku, efisiensi operasional, dan dapat mengurangi pemborosan pada saat produksi.

Cari Penyedia Bahan Baku yang Lebih Murah

Cara memangkas biaya produksi atau reduce production cost adalah dengan cara mencari supplier bahan baku yang lebih murah. Selanjutnya, Anda bisa membuat daftar supplier penyedia bahan baku yang paling murah dan Anda bisa mulai menghubungi kontak dalam daftar untuk melakukan kerja sama.

Perusahaan manufaktur juga bisa bertanya kepada karyawan apakah punya referensi penyedia bahan baku yang murah dan berkualitas. Hal ini tentu akan menghemat banyak waktu dan biaya.

Optimalisasi Persediaan

Cara memangkas biaya produksi atau reduce production cost adalah dengan cara menggunakan mengoptimalisasi persediaan yang ada. Anda harus mengecek persediaan barang dengan optimal agar bisa memanfaatkan persediaan yang ada. Pasalnya, banyak persediaan barang yang memang masih menumpuk di kantor.

Dengan melakukan optimalisasi persediaan, perusahaan manufaktur bisa mengoptimalkan barang-barang yang sudah mulai memasuki masa kedaluwarsa. Oleh karena itu, melakukan optimalisasi persediaan sangat penting untuk mengecek masa kadaluarsa barang Anda.

Go Green

Cara memangkas biaya produksi atau reduce production cost adalah dengan menggunakan cara ramah lingkungan atau go green. Selain baik untuk lingkungan gerakan go green juga bisa menghemat biaya produksi. Terlebih, kebijakan go green juga mampu meningkatkan citra perusahaan, moral pekerja, dan membuat lingkungan sekitar pabrik atau perusahaan menjadi lebih sehat.

Selanjutnya, pengaplikasian go green pun bisa dilaksanakan dengan cara sederhana misalnya menggunakan sensor lampu yang hanya menyala ketika terdapat pegawai atau staf di area tersebut. Selanjutnya, Anda juga bisa mengurangi penggunaan kertas dengan membuat laporan secara online, membeli peralatan yang hemat energi, dan melakukan maintenance peralatan secara berkala.

Manfaatkan Teknologi Pendukung

Cara memangkas biaya atau reduce production cost adalah dengan cara memanfaatkan teknologi pendukung. Anda bisa menggunakan teknologi seperti ERP Manufacturing untuk memaksimalkan produktivitas dan meningkatkan efektivitas serta memangkas biaya produksi perusahaan manufaktur Anda.

Selain itu, software pendukung juga mampu mengukur kinerja dari setiap karyawan dan membuat efisiensi sebagai sebuah budaya perusahaan. Teknologi ini juga bisa digunakan untuk mengevaluasi kelebihan yang Anda dapatkan dari usaha Anda untuk reduce production cost.

Nah, itulah 5 cara memangkas biaya produksi atau reduce production cost. Jika Anda ingin memangkas biaya Anda bisa membangun pabrik di kawasan industri yang strategis karena dekat dengan jalur transportasi.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City (KNIC). Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun gudang dan menyewa gudang.

Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban.

Selain itu KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur. 


Tags: Productivity

Related Post

KARAWANG NEW INDUSTRY CITYの起工式

KARAWANG NEW INDUSTRY CITYの起工式

政府がカラワンを産業の中心地として準備する

政府がカラワンを産業の中心地として準備する

KARAWANGは、経済の成長の新たな拠点となることを目指し、グローバル会社とコラボしている

KARAWANGは、経済の成長の新たな拠点となることを目指し、グローバル会社とコラボしている