Inventory control

Sebagian orang pernah mendengar tentang manajemen rantai pasokan atau supply chain management, namun, tidak banyak orang paham atau pernah mendengar tentang inventory control. Pengelolaan inventaris atau inventory control adalah kegiatan pengelolaan inventaris yang bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan inventaris suatu perusahaan agar meminimalisir kerugian dan mendapatkan keuntungan dari kegiatan tersebut. Inventory control biasanya dilakukan dalam bisnis grosir, ritel, F&B, dan perusahaan manufaktur.

Untuk meminimalisir kerugian dan mendapatkan keuntungan maksimal dari inventaris perusahaan, perusahaan Anda perlu strategi inventory control yang tepat. Berikut beberapa strategi inventory control yang tepat yang bisa perusahaan aplikasikan:

1. Kategorikan Stok Produk

Strategi inventory control yang tepat adalah dengan cara memberikan kategori stok produk agar Anda dapat lebih mudah mencari dan melacak stok produk perusahaan. Anda bisa memisahkan antara produk-produk penting dan memprioritaskan produk yang penting pada label prioritas. Lebih lanjut, Anda bisa melakukan teknik ABC yaitu dengan cara mengkategorikan produk berdasarkan tingkat harga, tingkat ketahanan produk, dan seberapa penting produk tersebut.

Sebagai contoh produk A adalah produk yang memiliki harga paling mahal sementara produk C adalah produk yang paling murah. Jika terdapat lebih dari empat kategori produk, maka produk ke empat diberikan nama kategori D.

2. Gunakan Software Inventory control

Dengan semakin majunya teknologi Internet of Things, hampir semua industri sudah dapat menggunakan teknologi internet untuk memudahkan pekerjaan. Dalam konteks inventory control, sudah terdapat software inventory control yang dapat mengoptimalkan inventory control secara otomatis.

Software inventory control memiliki beberapa fungsi seperti memprediksi kebutuhan stok, mengoptimalkan tingkat stok produk, mengawasi perpindahan stok antara satu gudang ke gudang lainnya, melakukan valuasi inventaris, dan melacak pengiriman.

3. Aplikasikan Teknik FIFO & FEFO

Pengaplikasian teknik First-In-First-Out (FIFO) dan First-Expired-First-Out (FEFO) termasuk strategi inventory control yang tepat untuk mengoptimalkan inventaris Anda. Teknik FIFO bertujuan untuk lebih memprioritaskan produk-produk yang pertama masuk ke gudang untuk dijual terlebih dahulu, sedangkan teknik FEFO adalah kegiatan untuk memprioritaskan produk-produk yang memiliki masa kedaluwarsa untuk dijual terlebih dahulu.

Teknik FEFO sangat cocok untuk perusahaan yang bergerak pada industri makanan dan obat-obatan.

4. Lakukan Audit Secara Teratur

Jika perusahaan Anda ingin mengaplikasikan strategi inventory control yang tepat, ada baiknya perusahaan melakukan audit secara teratur. Perusahaan Anda tetap perlu melakukan stock opname untuk memastikan jumlah fisik produk sesuai dengan data yang ada pada inventaris. Kegiatan audit atau stock opname akan mengurangi tingkat error dan dapat meningkatkan akurasi data.

Jika perusahaan sudah menggunakan sistem manajemen inventaris, perusahaan akan lebih cepat untuk mencatat dan mengecek jumlah stok produk atau barang. Anda hanya perlu menggunakan barcode scanner yang sudah terintegrasi dengan sistem.

Nah, itulah 4 strategi inventory control yang tepat yang perusahaan bisa lakukan agar dapat mengoptimalkan inventaris perusahaan. Jika Anda ingin membangun perusahaan manufaktur ada baiknya Anda mencarinya di kawasan industri yang memiliki fasilitas lengkap dan memiliki lokasi strategis karena dekat dengan jalur transportasi.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City (KNIC). Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun gudang dan menyewa gudang.

Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban.

Selain itu KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur. 


Related Post

KARAWANG NEW INDUSTRY CITYの起工式

KARAWANG NEW INDUSTRY CITYの起工式

政府がカラワンを産業の中心地として準備する

政府がカラワンを産業の中心地として準備する

KARAWANGは、経済の成長の新たな拠点となることを目指し、グローバル会社とコラボしている

KARAWANGは、経済の成長の新たな拠点となることを目指し、グローバル会社とコラボしている