Penjualan Manufaktur

Tanpa disadari aktivitas sehari-hari ternyata melibatkan berbagai macam penjualan manufaktur. Seluruh prosesnya dilakukan di sebuah pabrik yang terintegrasi satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Lantas, apa pengertian dan bagaimana cara kerja penjualan manufaktur? Berikut ulasannya!

Pengertian Perusahaan Penjualan Manufaktur

Perusahaan yang bergerak di industri manufaktur adalah perusahaan yang menjual berbagai barang mentah atau bahan baku serta bahan setengah jadi. Adapun tujuan dari penjualan manufaktur yakni untuk menyediakan bahan baku untuk dikelola menjadi sebuah produk dalam rangka memenuhi permintaan pasar.

Semakin besar permintaan sebuah pasar, semakin banyak juga proses produksi yang akan dikerjakan oleh perusahaan manufaktur. Secara umum, perusahaan manufaktur menjual produk yang diinginkan oleh pasar. Hasilnya, ada berbagai faktor yang terlibat di dalam proses penjualan manufaktur, seperti sumber daya manusia, sumber daya alam, hingga peralatan berupa mesin-mesin.

Fungsinya sebagai penjual produk dan kegiatan bisnis membuat perusahaan penjualan manufaktur dikategorikan sebagai perusahaan dagang. Untuk pengelolaannya sendiri, penjualan manufaktur biasanya dikerjakan di sebuah pabrik sehingga lebih terpusat.

Jenis-jenis Perusahaan Manufaktur

Industri penjualan manufaktur pun bergerak ke dalam berbagai macam bidang sehingga perusahaan ini terbagi ke dalam beberapa jenis yakni antara lain sebagai berikut:

  1. Industri dasar dan kimia bergerak di bidang industri dasar yang menghasilkan keramik, porselen, logam, dan bahan kimia.
  2. Perusahan baju dan tekstil memproduksi beragam bahan untuk memenuhi kebutuhan berbusana seperti tekstil dan baju yang digunakan sehari-hari.
  3. Industri minyak dan plastik menjadi penyedia keperluan minyak di industri rumahan serta menghasilkan plastik untuk diolah lagi sesuai permintaan.
  4. Perusahaan komunikasi, transportasi, dan elektronik ini melayani beragam permintaan konsumen terhadap bidang-bidang tersebut.
  5. Industri barang konsumsi sehari-hari menjadi salah satu yang paling penting karena melayani kebutuhan konsumen terhadap barang yang dikonsumsi sehari-hari, misalnya minuman, makanan, alat rumah tangga, farmasi, kosmetik, serta rokok.

Cara Penjualan Manufaktur

Setiap perusahaan manufaktur mempunyai cara yang berbeda-beda dalam melakukan proses penjualan. Setidaknya ada 3 cara yang digunakan sesuai dengan produk yang dihasilkan, yaitu:

  1. Berdasarkan Stok
    Cara penjualan berdasarkan stok sebenarnya merupakan cara tradisional di mana perusahaan membuat produk untuk disimpan sebagai stok, misalnya perusahaan mobil dan motor.
  2. Berdasarkan Pesanan
    Sementara untuk sistem yang satu ini produk dibuat berdasarkan pesanan para konsumen. Dalam artian, produk tidak akan dibuat sebelum pesanan datang, contohnya perusahaan perabotan rumah tangga.
  3. Berdasarkan Stok dan Pemesanan
    Adapun cara penjualan ini merupakan perpaduan antara stok dan pesanan. Industri tetap menghasilkan produk baru secara berkala untuk kemudian dimodifikasi berdasarkan pesanan, seperti perusahaan elektronik.

Sayangnya, bergerak di bidang penjualan manufaktur bukan berarti tanpa risiko. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa perusahaan perlu mengetahui faktor-faktor penting penjualan manufaktur. Beberapa faktor antara lain yakni produktivitas, kualitas kontrol, desain, serta modal yang kompetitif.

Demikian beberapa hal yang terkait dengan penjualan dan perusahaan manufaktur. Di Indonesia, salah satu lokasi khusus dan strategis bagi para pelaku di industri manufaktur dengan beragam fasilitas terbaik berkelas dunia di dalamnya adalah Karawang New Industry City (KNIC).

KNIC sendiri terletak di Jawa Barat dengan mengusung sebuah konsep sebagai kota industri yang terintegrasi kelas dunia sehingga kehadiran infrastruktur kelas dunia terlihat jelas di tempat ini. Tidak hanya bertujuan untuk mendukung kinerja sebuah perusahaan manufaktur, KNIC juga hadir untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Tidak hanya itu, kawasan ini hadir untuk memicu munculnya Multiplier Effect yang berguna bagi perkembangan sosio-ekonomi di Karawang dan daerah lainnya di kawasan Jawa Barat.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi