Sistem Otomasi Gudang Mempercepat Proses Bisnis
Warehouse Automation System That Can Accelerate Your Business Order Fulfillment

Tingginya tingkat permintaan akan kebutuhan konsumen saat ini membuat persaingan semakin ketat antara para pelaku di berbagai industri sehingga membuat setiap perusahaan wajib melakukan inovasi. Pasalnya, jika perusahaan tidak melakukan penyesuaian terhadap tingginya permintaan, maka bisa dipastikan bisnis akan mengalami ketertinggalan.

Salah satu cara untuk memenuhi permintaan konsumen adalah dengan menerapkan sistem Automation in Warehousing. Sistem otomasi ini dilakukan di gudang untuk meningkatkan kecepatan serta akurasi proses pengambilan barang.

Apabila sistem ini diterapkan, maka proses produksi terkait pemenuhan order serta pengambilan dan pengiriman barang akan lebih optimal sehingga bukan tidak mungkin proses pengiriman barang ke konsumen bisa dilakukan dalam satu malam.

Selain mempercepat pemenuhan order dalam bisnis, ada berbagai manfaat lain yang bisa dirasakan jika menerapkan sistem Automation in Warehousing  ini. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

Peningkatan Produktivitas di Berbagai Lini

Ketika sebuah sistem produksi telah dijalankan secara otomatis, maka hal ini akan berdampak pada peningkatan produktivitas di berbagai lini. Hal ini disebabkan oleh terjadinya efisiensi terhadap proses yang dijalankan.

Secara spesifik, penerapan automation ini mampu meningkatkan rata-rata pengambilan hingga 800% dan sebagian tenaga kerja yang ada bisa dialihfungsikan kepada bagian lain yang lebih value-added seperti pengemasan, pengiriman, atau pemeriksaan kualitas produk.

Optimasi pada Akurasi Pengambilan Produk

Dengan dilakukannya optimasi pada sistem pengambilan barang yang menerapkan perangkat software otomatis, hal ini secara langsung akan memberikan dampak pada akurasi pengambilan produk. Keadaan ini terlihat dari tingginya tingkat akurasi yang mencapai angka 99% terhadap pemenuhan order.

Efektivitas Penggunaan Ruang Produksi

Salah satu dampak yang didapatkan dari penerapan otomasi pada rantai produksi yakni efektivitas penggunaan ruang produksi. Pasalnya, beberapa mesin akan dipindahkan dari ruang produksi sehingga mampu mengurangi kebutuhan ruangan sebesar 65% sampai 85%.

Sisa ruang yang ada pun bisa dimanfaatkan untuk menambah dan menyimpan peralatan lainnya yang tidak kalah penting. Ruangan tersebut juga bisa difungsikan sebagai area aktivitas produksi lainnya.

Implementasi Kondisi Kerja yang Lebih Baik

Tidak sedikit perusahaan yang sering kali mendapatkan komplain dari para karyawan dengan keadaan lingkungan kerja yang tidak kondusif. Hadirnya sistem otomasi di gudang akan menjadi solusi terhadap permasalahan ini.

Sebagai contoh, sistem pengambilan barang yang biasanya dilakukan oleh karyawan setiap harinya dapat dioptimalkan dengan menggunakan karusel otomatis yang dirancang untuk mengambil barang serta membantu karyawan mengambil barang-barang yang tidak terjangkau.

Demikian tadi beberapa hal yang terkait dengan manfaat sistem otomasi di gudang sehingga mampu mempercepat pemenuhan order dalam proses bisnis. Di Indonesia, salah satu lokasi khusus dan strategis untuk menjalankan bisnis dengan sistem yang terotomatisasi yaitu Karawang New Industry City (KNIC).

KNIC sendiri terletak di Jawa Barat dengan mengusung sebuah konsep sebagai kota industri yang terintegrasi kelas dunia sehingga kehadiran infrastruktur kelas dunia terlihat jelas di tempat ini. Tidak hanya bertujuan untuk mendukung kinerja sebuah perusahaan manufaktur, KNIC juga hadir untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah.

Tidak hanya itu, beragam fasilitas terbaik berkelas dunia dihadirkan untuk mendukung kinerja perusahaan sehingga diharapkan bisnis yang ada juga mampu memicu munculnya Multiplier Effect yang berguna bagi perkembangan sosio-ekonomi di Karawang dan daerah lainnya di kawasan Jawa Bara


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi