Pengertian Fleet Management dan Kegunaannya untuk Perusahaan Rental Mobil

Perusahaan rental mobil yang baik harus mampu mengontrol armada kendaraan yang dimiliki. Pasalnya, armada tersebut dijalankan oleh orang lain, sehingga kendaraan perlu untuk dikontrol. Salah satu sistem yang bisa digunakan yakni fleet management. Seperti apa fleet management dan bagaimana fungsinya untuk perusahaan rental mobil? Simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Fleet Management

Fleet Management berorientasi pada penggunaan alat, software, dan teknologi untuk membantu sebuah perusahaan rental mobil mempertahankan kondisi perusahaannya agar bisa tetap optimal. Secara spesifik, sistem ini mampu mengurangi biaya operasional kendaraan, meningkatkan efisiensinya, serta memastikan setiap kendaraan sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pemerintah.

Untuk menurunkan risiko kecelakaan yang bisa saja terjadi, fleet management pun bisa diandalkan. Hal ini disebabkan oleh kondisi kendaraan yang selalu prima sehingga pemicu kecelakaan seperti rem blong atau mesin mogok dapat dihindari.

Fungsi Fleet Management

1. Keamanan dan Kenyamanan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, proses perawatan kendaraan yang dilakukan mampu meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengemudi. Kendaraan yang dirawat secara berkala akan terasa seperti baru sehingga risiko-risiko kecelakaan pun terhindari.

2. Pemenuhan Standar Perusahaan dan Pemerintah

Fungsi lain fleet management yakni menjaga kondisi armada perusahaan agar tetap terjaga standarnya sesuai dengan aturan-aturan yang ditetapkan oleh perusahaan dan pemerintah. Pasalnya, setiap perusahaan tentu mempunyai standar dan aturan sendiri terhadap armadanya.

Bagi pihak perusahaan yang sering mengalami keterlambatan dalam proses pembayaran pajak akan terbantu dengan sistem ini. Kerusakan-kerusakan yang terjadi sehingga tidak sesuai dengan standar yang ditentukan akan dibantu oleh penerapan fleet management.

3. Perawatan Kendaraan

Salah satu kewajiban perusahaan rental adalah menjaga kondisi kendaraannya agar selalu berada pada kondisi prima. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko kecelakaan yang bisa terjadi pada pengemudi. Dengan mengatur jadwal perawatan kendaraan, perusahaan bisa menghindari pembengkakan biaya saat salah satu kendaraan harus menjalani perawatan turun mesin.

4. Manajemen Bahan Bakar

Siapa sangka bahwa penerapan fleet management juga berpengaruh pada bahan bakar. Manajemen bahan bakar yang efektif akan meminimalisir pengeluaran perusahaan terhadap bahan bakar. Apalagi fluktuasi bahan bakar yang tidak dapat diprediksi membuat sistem ini diperlukan.

Adapun cara efektif untuk menghemat bahan bakar yaitu mengontrol tekanan udara pada ban. Pasalnya, kendaraan dengan tekanan udara yang kurang akan membuat kendaraan bekerja ekstra keras untuk melaju. Tenaga ekstra inilah yang memicu pemborosan terhadap bahan bakar.

5. Peningkatan Kinerja Karyawan 

Terakhir, sistem ini bisa berguna untuk peningkatan kinerja karyawan. Pihak perusahaan bisa mengetahui apakah pengemudi yang sedang mengantar barang sedang menuju tempat tujuan atau tidak. Penerapan sistem ini pun membuat perusahaan bisa memacu kinerja para karyawannya.

Demikian tadi pengertian fleet management dan kegunaannya untuk perusahaan rental mobil. Di Indonesia, salah satu lokasi khusus untuk perusahaan otomotif dengan gudang-gudang terbaik yaitu di Karawang New Industry City (KNIC).

Ada beragam fasilitas terbaik berkelas dunia di dalamnya yang mengusung sebuah konsep sebagai kota industri dengan terintegrasi kelas dunia. Dengan begini, kehadiran infrastruktur kelas dunia dapat terlihat jelas.

Tidak hanya untuk mendukung kinerja sebuah perusahaan manufaktur, KNIC juga hadir untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah. Selain itu, kawasan ini hadir untuk memicu munculnya Multiplier Effect yang berguna bagi perkembangan sosio-ekonomi di Karawang dan daerah lainnya di kawasan Jawa Barat.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi