Ketika perusahaan Anda sudah berkembang mau tidak mau Anda memerlukan lahan pabrik untuk membangun pabrik baru. Pasalnya, jika manajemen penyimpanan produk atau barang sudah terganggu, alur produksi pabrik pun ikut terganggu. Oleh karena itu, mendirikan pabrik baru atau menyewa gudang menjadi solusi ketika ruang penyimpanan pada pabrik sudah tidak mampu menampung barang.

Menyewa gudang mungkin akan menjadi solusi jangka pendek, namun, jika Anda ingin merencanakan bisnis Anda untuk jangka panjang, mendirikan pabrik baru adalah solusi yang bisa Anda lakukan. Jika ingin mendirikan pabrik baru, tantangan terbesarnya adalah mencari lokasi lahan pabrik yang tepat untuk bisnis Anda. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin mencari lahan pabrik baru, seperti:

Jarak dan Lokasi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan jika ingin mencari lahan pabrik baru adalah dengan cara menentukan jarak dan lokasi lahan pabrik baru Anda. Perusahaan harus memperhatikan apakah jarak pabrik baru yang nantinya akan dibangun dekat dengan jalur transportasi seperti jalan tol, stasiun kereta api, pelabuhan, dan bandara.

Jarak yang dekat dengan jalur transportasi tentu akan dapat menghemat waktu dan biaya pengiriman. Lokasi lahan pabrik baru juga harus dekat dengan pusat bahan mentah, kedekatan dengan pusat ekonomi serta tersedia tenaga kerja yang memadai. Hal ini diperlukan agar perusahaan Anda dapat bekerja dengan baik. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin memilih lokasi lahan pabrik baru untuk perusahaan Anda, seperti:

Potensi Ekspansi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika ingin mencari lahan pabrik baru adalah dengan memikirkan potensi ekspansi dari lahan pabrik Anda. Anda harus memikirkan bahwa pabrik Anda tidak hanya digunakan dalam satu atau dua tahun kedepan, Tetapi pabrik Anda digunakan untuk jangka panjang. Oleh karena itu, Anda harus mencari lahan pabrik yang memang memiliki potensi untuk melakukan ekspansi.

Jika perusahaan terus berkembang, maka lebih baik melakukan ekspansi atau memperluas kawasan pabrik daripada mencari pabrik lain  atau lahan untuk dijadikan pabrik baru.  Maka dari itu, ada baiknya Anda mencari lahan pabrik yang bisa diperluas atau bisa ekspansi jika memang dibutuhkan.

Geografi dan Iklim

Salah satu hal yang Anda harus perhatikan ketika mencari lahan pabrik baru berikutnya adalah geografi dari lokasi lahan pabrik tersebut. Setiap kondisi tanah berbeda-beda, tanah yang berada di daerah pegunungan tentu berbeda dengan tanah yang berada dekat daerah pantai. Lebih lanjut, geografi lokal juga mencakup tentang drainase dan topologi yang tentu akan mempengaruhi biaya konstruksi pada pabrik Anda.

Bentuk dan jenis pabrik juga perlu menyesuaikan dengan iklim dari daerah tersebut. Oleh karena itu, Anda harus memikirkan dengan matang tentang geografi dan iklim lahan pabrik Anda.

Fungsi Pabrik

Hal yang harus Anda perhatikan jika ingin memilih lahan untuk membangun pabrik selanjutnya adalah fungsi dari pabrik tersebut. Hal ini sangat penting karena setiap pabrik memiliki fungsi atau tujuan yang berbeda-beda. Ada baiknya, Anda menentukan terlebih dahulu fungsi pabrik tersebut. Apakah pabrik tersebut memproduksi barang jadi atau finished product atau pabrik tersebut memproduksi barang setengah jadi atau unfinished product.

Pastikan Anda mengetahui fungsi dari pabrik yang akan Anda bangun sebelum memilih lahan pabrik baru untuk pabrik Anda, karena fungsi pabrik akan menentukan lokasi pabrik tersebut.

Nah, itulah 4 hal yang harus Anda perhatikan sebelum memilih lokasi lahan pabrik baru perusahaan. Jika Anda ingin membangun pabrik baru ada baiknya Anda mencarinya di kawasan industri yang strategis karena dekat dengan jalur transportasi.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City (KNIC). Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun gudang dan menyewa gudang.

Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban.

Selain itu KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur. 


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi