Menerapkan Otomasi di Pabrik Manufaktur

tips menerapkan otomasi di pabrik manufaktur

Perkembangan teknologi internet terus berkembang pesat di Indonesia. Saat ini internet of things atau IoT dapat membuat semua proses atau tahapan kerja menjadi semakin transparan. Teknologi IoT juga membantu manajer pabrik untuk menilai kinerja kerja dan dapat memimpin operasi bisnis lebih baik. Teknologi modern memungkinkan semua aspek bisnis mendapatkan kemudahan yang tidak bisa didapatkan pada beberapa dekade belakangan.

Hampir semua industri bisnis bisa ditingkatkan dengan otomasi dan teknologi robot. Salah satu bisnis yang paling banyak berdampak dengan teknologi internet adalah bisnis industri. Saat ini banyak pabrik dan perusahaan yang membutuhkan otomasi industri atau industrial automation. Ada beberapa tips yang Anda harus lakukan untuk menerapkan otomasi industri atau industrial automation, seperti:

Mulai Perlahan Mengganti teknologi lama

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk melakukan otomasi industri atau industrial automation adalah dengan segera memulai otomasi pada perusahaan Anda. Melakukan industrial automation memang tidak murah karena Anda perlu mengganti beberapa peralatan dan mesin tradisional ke mesin yang memang bisa terhubung dengan sistem internet. Oleh karena itu, Anda bisa memilih peralatan mana saja yang memang harus diganti agar bisa menggunakan teknologi terbaru untuk memudahkan pekerjaan dan meningkatkan kinerja.

Biasanya ketika Anda memilih untuk melakukan otomasi pada bisnis Anda, peralatan tidak langsung terpasang dengan otomatis, Anda perlu untuk melakukan penyesuaian terhadap peralatan. Anda juga perlu melakukan pelatihan atau training terhadap beberapa karyawan Anda tentang teknologi baru tersebut.

Rencanakan Dalam Jangka Panjang

Tips melakukan otomasi industri atau industrial automation adalah Anda harus memikirkan rencana jangka panjang terhadap bisnis Anda. Melakukan otomasi memang tidak mudah dan memerlukan banyak biaya, jika Anda membangun bisnis dari awal, hal ini tidak terlalu menjadi masalah besar. Pasalnya, Anda sudah bisa melakukan otomasi bisnis sejak awal. Namun, jika perusahaan sudah berjalan sejak lama dan masih memakai peralatan tradisional, otomasi bisnis akan sangat memerlukan banyak biaya.

Anda harus memikirkan rencana jangka panjang pada bisnis Anda jika ingin melakukan otomasi seperti Peralatan apa saja yang perlu dilakukan otomasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan apakah Anda ingin melakukan otomasi secara serentak atau bertahap. Hal-hal di atas adalah pertimbangan jika Anda ingin melakukan otomasi pada perusahaan Anda.

Memilih Peralatan yang Sesuai

Ada beberapa alat dan hardware yang dibutuhkan untuk melakukan otomasi pada mesin-mesin Anda. Oleh karena itu, salah satu tips agar otomasi industri atau industrial automation berjalan baik adalah dengan cara memilih peralatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa peralatan yang biasanya digunakan seperti kamera, sensor khusus, PC, dan human machine interfaces (HMI).

Jika Anda masih belum mengetahui peralatan mana saja yang Anda butuhkan untuk melakukan otomasi pada bisnis Anda. Anda bisa berkonsultasi dengan insinyur yang ada pada kantor Anda dan menanyakan barang atau equipment mana saja yang perusahaan butuhkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Anda tidak perlu untuk mengikuti semua tren otomasi yang ada. Anda hanya perlu melakukan otomasi industri atau industrial automation pada peralatan yang benar-benar Anda butuhkan.

Nah, itulah 3 tips menerapkan otomasi pabrik pada perusahaan Anda. Jika Anda ingin membangun pabrik dengan teknologi yang sudah terintegrasi sebaiknya Anda memilih kawasan pabrik yang memiliki lokasi strategis dan memiliki fasilitas yang mendukung.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City (KNIC). Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun pabrik.

Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban. Selain itu KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur dan otomasi industri. 


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi