Tips memilih lokasi pabrik industri

Saat ini, investasi properti merupakan salah satu sektor investasi yang banyak dipilih untuk menjaga kestabilan keuangan agar tidak terpengaruh dengan dampak inflasi yang semakin kuat. Sehingga, sangat wajar kalau akhirnya banyak sekali investor yang memilih bisnis properti untuk dijalankan.

Salah satu investasi properti yang menguntungkan adalah investasi properti industri. Dalam hal ini properti digunakan khusus untuk industri dan bukan sebagai rumah. Apabila Anda ingin berinvestasi dalam bidang properti, selain lokasi, terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan sebagai berikut:

Secara umum, ada beberapa lokasi yang dianggap buruk untuk berinvestasi properti perumahan seperti: kawasan industri barang berat, daerah kumuh, daerah lalu lintas tinggi, dan lokasi bising. Pemilik rumah tidak ingin berada di dekat bandara, jalan raya, atau rel kereta api.

Namun, untuk investasi properti industri, beberapa daerah seperti rel kereta api dan daerah dekat dengan bandara sangat baik untuk transportasi logistik. Lokasi terbaik tergantung pada jenis properti industri yang akan diinvestasikan.

Meskipun investor properti industri akan diuntungkan  oleh jarak yang dekat pada area dengan akses lalu lintas utama, namun masalah area akan menjadi potensi masalah, terutama ketika mencari properti industri yang terus berkembang, memiliki lokasi industri sebelah jalan tol dan rel kereta akan mempersulit saat  ingin memperluas kawasan.

Saat ini, industri memiliki potensi investasi yang sangat diminati. Contoh dari beberapa properti industry adalah gudang dan pusat distribusi. Langkah pertama dalam memilih lokasi terbaik untuk investasi properti industri adalah mengetahui motivasi atau tujuan pembelian properti tersebut. Kemudian ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan dalam memilih lokasi properti industri seperti:

Untuk Penjual Skala Kecil

E-commerce akan terus berkembang di dalam negeri dan luar negeri sampai masa mendatang. Semakin banyak permintaan barang berarti makin tinggi pula permintaan akan gudang untuk distribusi dan pengiriman lokal yang lebih mudah. Hal ini akan menguntungkan pemilik gudang berada dalam kota.

Ingatlah untuk Memilih Properti dengan Biaya Operasional dan Investasi Rendah

Properti industri, meskipun seringkali terlihat sebagai industri besar, sebenarnya memiliki biaya operasional dan perawatan lebih murah daripada properti komersial dengan ukuran yang sebanding. Anda dapat menemukan industri yang sangat baik dengan biaya yang sangat kecil untuk meningkatkan dan mempertahankan ROI.

Pertimbangkan Memilih Properti Industri untuk Kebutuhan Penyewa yang Menyewa Jangka Panjang

Sewa jangka panjang jarang terjadi pada sektor penyewaan properti kantor. Namun, dalam properti industri, biasanya penyewa yang membutuhkan sewa jangka untuk bisnis mereka. Salah satu contoh penyewa nya adalah distributor e-commerce.

Carilah Ruang Industri yang Fleksibel

Ruang industri mengalami perubahan terus-menerus dalam desain dan tata letak dari ukuran ke bentuk. Investor masa kini harus mencari ruang industri yang dapat diatur ulang dan digunakan kembali untuk berbagai tujuan. Tujuannya agar tetap fleksibel untuk siap ketika perubahan baru terjadi di industri.

Pasar Industri dengan Tingkat Hunian Rendah Adalah Terbaik

Akibat terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi, saat ini tingkat hunian area commercial berkisar sekitar 5% yang merupakan terendah dalam sejarah.Hal ini sebenarnya merupakan peluang baik untuk investasi di properti karena nilai properti akan turun.  Salah satu contoh area yang mengalami penurunan tingkat hunian adalah areal pelabuhan. California memiliki salah satu tingkat hunian terendah (lebih dari 1% di LA) dan begitu juga New Jersey, Seattle, dan Atlanta.

Jadilah Proaktif, Jangan Hanya Responsif

Dengan tren pasar saat ini, ritel besar tampaknya terkena serangan yang cukup kuat karena dunia E-commerce. Kemudian banyak gudang-gudang yang biasanya disewa oleh ritel besar sekarang menjadi kosong kembali. Ini memberi banyak peluang bagi investor untuk memanfaatkan properti industri dengan harga murah.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mencari lokasi properti industri untuk investasi. Salah satu kawasan industri dengan infrastruktur lengkap adalah Karawang New Industri City (KNIC). Sebagai salah satu kawasan industri terbesar di Jawa Barat, KNIC merupakan kawasan industri yang cukup terkenal dan memiliki lokasi yang strategis yang baik untuk investasi.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi