4 hal yang harus diperhatikan saat kita mencari gudang yang disewakan
 

sewa gudang karawang

Kebutuhan bisnis yang terus meningkat membuat sebagian perusahaan perlu ruang lebih untuk menyimpan barang mentah atau barang yang sudah setengah jadi. Oleh karena itu, sebagai solusinya perusahaan biasanya mencari tempat sewa gudang untuk dapat menyimpan barang-barangnya. Memilih tempat sewa gudang menjadi solusi untuk perusahaan yang belum punya dana untuk membuka atau membeli gudang sendiri.

Selanjutnya, gudang sangat diperlukan karena jika perusahaan memiliki tempat penyimpanan yang sudah overload akan sulit untuk mengecek barang atau produk yang ada. Sebelum Anda memilih tempat sewa gudang yang tepat untuk produk Anda, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips dan trik memilih tempat sewa gudang yang baik dan aman, seperti:

Fungsi Gudang Dalam Dunia Usaha

Tips dan trik dalam memilih tempat sewa gudang untuk perusahaan Anda adalah Anda harus menentukan fungsi gudang terlebih dahulu. Setiap bisnis memiliki keperluan yang berbeda-beda dalam menggunakan gudang. Sebagai contoh, jika Anda ingin menjadikan gudang sebagai pusat distribusi pakaian dan sepatu ke beberapa toko di pusat kota, lebih baik memilih gudang yang berlokasi di daerah perkotaan yang dekat dengan toko-toko tersebut.

Selanjutnya, jika Gudang yang digunakan untuk bisnis anda adalah sebagai tempat penyimpanan makanan dan bahan makanan, sebaiknya gudang Anda memiliki lokasi dengan restoran dan café yang menjadi klien Anda dikarenakan lokasi yang dekat selain menghemat biaya dan waktu juga akan menjaga kualitas bahan makanan masih dalam kondisi yang bagus.

Pada umumnya, gudang memiliki dua fungsi yaitu sebagai tempat distribusi dan yang kedua sebagai tempat penyimpanan barang. Oleh karena itu, perusahaan harus menentukan alasan menyewa Gudang tersebut terlebih dahulu.

Segi Kepemilikan

Tips dan trik dalam memilih tempat sewa gudang adalah melihat keaslian aspek segi kepemilikan. Sebelum Anda melakukan kesepakatan dengan pihak yang menyewakan gudang, ada baiknya Anda melihat bukti kepemilikan gudang yang disewakan. Anda bisa mengecek sertifikat dan IMB dari gudang yang Anda akan sewa. Jika pihak yang menyewakan gudang tersebut tidak bisa memperlihatkan bukti kepemilikan, Anda bisa menanyakan dengan jelas apa alasannya tersebut.

Jika gudang yang Anda sewa sedang dalam status jaminan ke pihak lain, Anda bisa meminta izin secara tertulis dari si pemegang jaminan yang berisi bahwa tidak keberatan jika bangunan disewakan. Aspek segi kepemilikan penting karena menyangkut status Anda di mata hukum.

Peruntukan Bangunan

Tips dan trik dalam memilih tempat sewa gudang berikutnya adalah Anda harus memperhatikan peruntungan bangunan dan lingkungan gudang Anda. Jika Anda ingin menyewa tempat, Anda harus memperhatikan peruntukan bangunan yang akan Anda sewa. Pasalnya, beberapa daerah seperti daerah perumahan tidak mengijinkan untuk melakukan usaha di daerah perumahan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memerhatikan peruntukan gudang atau lahan sebelum Anda mulai menyewa.

Buat Perjanjian

Salah satu tips dan trik dalam memilih tempat sewa gudang yang baik dan aman adalah dengan cara membuat perjanjian antara kedua belah pihak (penyewa dan penerima sewa). Pastikan surat perjanjian memiliki isi yang lengkap seperti berapa lama Anda akan menyewa, apakah terdapat biaya tambahan jika melakukan perpanjangan, dan biaya apa saja yang perlu dibayarkan.

Biasanya, isi surat perjanjian juga berisi biaya perbaikan bangunan dan peralatan dalam gudang lainnya. Isi perjanjian juga mencakup biaya perbaikan bangunan atau peralatan lainnya. Pada umumnya, biaya maintenance ditanggung oleh pemilik gudang, akan tetapi jika tidak demikian maka Anda harus membuat kesepakatan bersama.

Nah, itulah tips dan trik dalam memilih tempat sewa gudang yang tepat. Jika Anda ingin membangun gudang atau mencari tempat sewa gudang ada baiknya Anda mencarinya di kawasan industri yang strategis.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City (KNIC). Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun gudang dan menyewa gudang.

Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban.

Selain itu KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur. 


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi