Jalan Tol-1

Jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan yang saat ini tengah dibangun disebut mampu memangkas waktu jarak tempuh Jakarta-Kutanegara (Karawang) bila ke Bandung menjadi kurang lebih 1 jam. Adapun progres pembangunan jalan tol sepanjang 62 km ini terus dipercepat.

Dari laporan Direktorat Jenderal Bina Marga per 7 Februari 2023, pembangunan tol paket 3, yaitu ruas Kutanegara-Sadang dengan panjang 8,5 km sudah masuk 92,3% pembebasan lahan dan 96,1% pembangunan fisik.

Kemudian pembangunan Paket 3 ruas Sukabungah-Kutanegara dengan panjang 22,8 km sudah masuk ke tahap 100% pembebasan lahan dan 67,5% pembangunan fisik. Keduanya ditargetkan rampung pada kuartal-I tahun 2023.

Jalan tol ini diharapkan bisa mengurangi beban lalu lintas Jakarta-Cikampek. Pembangunan jalan tol ini mendukung pengembangan kawasan industri, perumahan, maupun wisata sepanjang trase tol itu, dan juga menjadi alternatif rute dari Jakarta menuju Bandung dan sebaliknya.

Pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek II Selatan sudah dimulai sejak 2019 dengan biaya investasi sebesar Rp 14,69 triliun dengan masa konsesi 35 tahun.

 

Source: cnbcindonesia.com


Related Post

Formulasi perhitungan TKDN

Formulasi perhitungan TKDN

UPDATE TENANT MAY 2024

UPDATE TENANT MAY 2024

GROUNDBREAKING CEREMONY PT HLI, BP JOKO WIDODO INDONESIA PRESIDENT GIVE SPEECH SEPT 21

GROUNDBREAKING CEREMONY PT HLI, BP JOKO WIDODO INDONESIA PRESIDENT GIVE SPEECH SEPT 21