Seberapa Penting Strategi Logistik Dalam Manufaktur?

Pengertian strategi logistik secara umum adalah suatu penerapan prinsip-prinsip manajemen dalam kegiatan logistik dengan tujuan agar pergerakan personil dan barang dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Strategi logistik adalah bagian dari proses Supply Chain Management atau SCM yang memiliki fungsi penting dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian efektifitas dan efisiensi penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi, hingga ke titik konsumsi untuk memenuhi keperluan konsumen. Ada beberapa strategi logistik yang harus dijalankan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Beberapa strategi logistik yang harus dijalankan seperti fungsi perencanaan dan pemenuhan kebutuhan, fungsi penganggaran, fungsi pengadaan, fungsi penyimpanan dan penyaluran, fungsi pemeliharaan, fungsi penghapusan, dan fungsi pengendalian. Beberapa fungsi di atas harus dijalankan dengan baik agar strategi logistik mendapatkan hasil yang maksimal.

Pembangunan Pelabuhan untuk Kemajuan Bisnis Industri

Salah satu hal yang menguntungkan dalam strategi logistik adalah ketika jalur transportasi dapat dipotong karena akan mengurangi waktu dan biaya logistik. Ada kabar baik, karena rencananya pada tahun 2019 terdapat pelabuhan baru, yaitu Pelabuhan Patimban, yang akan mendukung bisnis industri di daerah Jawa Barat.

Kementerian Perhubungan Indonesia optimis bahwa pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat pada Juni 2018 akan selesai pada bulan Maret 2019. Sementara itu, tender operator pelabuhan telah dibuka pada Juli 2018. Pelabuhan Patimban senilai 9 triliun rupiah ini diperkirakan akan menjadi pelabuhan internasional utama di Indonesia dengan kapasitas 7,5 juta unit setara dengan dua puluh kaki (TEU).

Setelah Pelabuhan Patimban beroperasi, pelabuhan ini akan mengurangi lalu lintas yang sibuk di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta yang merupakan pelabuhan tersibuk di Indonesia karena menangani lebih dari setengah total perdagangan internasional negara ini. Pelabuhan Patimban secara khusus akan fokus pada penanganan barang dari zona industri di Karawang di Jawa Barat, khususnya produk otomotif.

Pembangunan Pelabuhan Patimban akan memudahkan jalur logistik untuk perusahaan manufaktur yang berada di kawasan Karawang, Jawa Barat. Pelabuhan laut membutuhkan 356,23 hektar untuk terminal dan area cadangan, sementara 15,79 hektar lainnya dibutuhkan untuk jalan akses. Untuk pembangunan jalan ini, Kementerian Perhubungan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan.

Pembebasan lahan adalah salah satu hambatan terbesar dalam pengembangan proyek infrastruktur (besar) di Indonesia karena pemilik tanah cenderung meminta harga yang sangat tinggi. Hal ini sering menyebabkan keterlambatan konstruksi atau pembatalan proyek secara menyeluruh.

Upaya Kolektif yang Mendorong Investasi di Indonesia

Selain jalan utama ke Pelabuhan Patimban, juga akan dikembangkan jalan tol ke lokasi itu. Konsorsium yang terdiri dari Jasa Marga, Surya Semesta Internusa, Daya Mulia Turangga, dan Jasa Sarana telah menyampaikan niatnya untuk mengembangkan jalan tol ini.

Jika berjalan sesuai jadwal, maka fase pertama dari proyek Patimban diharapkan akan selesai pada Maret 2019. Dalam fase pertama ini pelabuhan akan memiliki kapasitas 800.000 TEU dan terminal kendaraan yang dapat menangani 360.000 unit per tahun.

Kehadiran Pelabuhan Patimban akan meningkatkan daya tarik investing Indonesia atau investasi di negara ini. Tentu saja performa kawasan industri di Karawang juga akan meningkat dengan adanya Pelabuhan Patimban. Salah satu kawasan industri yang berada di Karawang, Jawa Barat, yang akan mereguk manisnya pembangunan dan berbagai upaya investing Indonesia tersebut adalah Karawang New Industry City.

Karawang New Industry City adalah kawasan industri yang berlokasi strategis dekat dengan ibukota Jakarta dan memiliki banyak akses transportasi. Jalur logistik pun mudah karena Karawang New Industry City dekat dengan bandara Halim Perdana Kusuma, pelabuhan Tanjung Priok, pelabuhan Patimban dan akses tol. Karawang New Industry City adalah tempat yang cocok untuk berinvestasi di Indonesia.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi