Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi hampir semua bagian dalam rantai pasokan memerlukan teknologi internet. Salah satunya adalah bagian transportasi. Menggunakan strategi terpadu atau integrated transportation strategy memang diperlukan saat ini karena permintaan pelanggan yang terus meningkat dan ada beberapa permintaan yang tidak bisa dipenuhi jika tetap memakai sistem transportasi tradisional.

Ada beberapa manfaat menggunakan strategi transportasi terpadu seperti dapat mengurangi biaya operasional, meningkatkan tingkat keberhasilan serta dapat meningkatkan kepuasan pelanggan atau customer. Ada beberapa cara yang harus Anda aplikasikan untuk dapat menggunakan strategi transportasi terpadu atau integrated transportation strategy secara maksimal seperti:

Terhubung

Salah satu cara untuk dapat menggunakan integrated transportation strategy secara maksimal adalah dengan cara terhubung dengan semua akses atau server. Ketika sistem transportasi Anda terhubung dengan baik, Anda dapat mengecek informasi secara langsung atau real time. Anda dapat berkomunikasi dengan baik dengan driver serta dapat menerima kritik dan permintaan khusus dari customer atau pelanggan untuk meningkatkan performa transportasi perusahaan.

Untuk beberapa perusahaan yang sudah menggunakan teknologi digital yang sudah terhubung ke beberapa akses, perusahaan dapat mengecek kembali visibilitas pengiriman secara langsung atau real time dengan menggunakan data pemasok, data pengiriman, dan data intelijen pasar. Teknologi yang semakin canggih meningkatkan konektivitas yang memungkinkan pengirim untuk bekerja sama dengan operator untuk meningkatkan keamanan pengiriman.

Memakai Sistem Pintar

Setelah Anda sudah terhubung atau online, transportasi menjadi bagian dalam sistem jaringan terpadu pintar atau integrated transportation strategy dimana sistem analitik menjadi dasar pengambil keputusan manajemen transportasi. Data transportasi di analisa dan hasil analisa tersebut didapatkan dari seluruh ekosistem internal, pemasok dan pelanggan. Hasilnya, perusahaan mendapatkan keuntungan dari data dan informasi kinerja operator seperti biaya, layanan, kapasitas pengiriman dan gudang, keselamatan hingga kualitas produk Anda.

Informasi tersebut dapat Anda gunakan untuk melakukan analisis pada jaringan rantai pasokan, model transportasi, dan analisis intelijen bisnis untuk memaksimalkan nilai produk Anda serta meminimalkan biaya operasional.

Setelah lebih modern dan canggih, jaringan rantai pasokan digital juga memudahkan perusahaan untuk meningkatkan layanan transportasi karena dapat memprediksi naik turunnya pasar dari data yang sudah dianalisa. Hasilnya, pengirim dapat mempertahankan sumber daya jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam jumlah besar. Lebih lanjut, pengirim juga dapat mengurangi penyedia sumber daya jika memang permintaan pasar sudah bisa diprediksi.

Ketika strategi transportasi sudah terintegrasi dengan baik, perusahaan akan lebih mudah untuk memasuki pasar yang lebih besar dan dapat membantu mengurangi waktu yang signifikan untuk memasarkan produk baru.

Ketika perusahaan menggunakan integrated transportation strategy perusahaan dapat menggunakan analitik, cloud, 3D printing, dan media sosial untuk memperluas rantai pasokan dari ujung ke ujung. Penggunaan teknologi juga memungkinkan Anda melihat pasar mana yang memiliki minat paling besar pada produk Anda. Teknologi digital juga dapat mengurangi waktu pemasaran dan memungkinkan jadwal pengiriman lebih cepat serta hemat biaya.

Cepat

Di zaman yang serba cepat, kecepatan teknologi merupakan sebuah hal yang esensial. Dengan menggunakan integrated transportation strategy yang serba digital, memungkinkan Anda untuk lebih fleksibel dan efisien dalam memberikan layanan transportasi ke pelanggan dan pemasok. Perusahaan dapat dengan cepat bereaksi memenuhi permintaan konsumen dan menyesuaikan waktu pengiriman secara efisien.

Informasi dan data dari rantai pasokan bisa Anda pindah dalam format yang dapat diakses secara online agar bisa digunakan beberapa divisi yang bersangkutan.

Nah, itulah 5 strategi transportasi agar dapat terintegrasi dengan baik. Selain itu, untuk dapat mengaplikasikan integrated transportation system Anda harus memilih kawasan yang memiliki infrastruktur yang mendukung.

Salah satu kawasan industri yang memiliki infrastruktur kelas dunia adalah Karawang New Industry City. Memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban.

Selain itu, KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur. 


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi