Pengusaha milenial saat ini tengah aktif dalam melakukan investasi properti. Hal ini disebabkan oleh keuntungan yang menggiurkan yang ditawarkan oleh properti. Sayang, tidak sedikit milenial yang kebingungan untuk memulai hal ini. Lantas, bagaimana cara investasi properti untuk para pengusaha milenial? Berikut 7 tips yang perlu diperhatikan!

Tidak Tergiur Tawaran Tak Masuk Akal

Untuk tips pertama, hal yang harus diperhatikan yakni dengan tidak mudah tergiur akan penawaran-penawaran yang tidak masuk akal. Sebagai contoh, kerap kali ada penawaran investasi dengan modal sedikit namun untung yang diberikan berkali-kali lipat.

Sekilas hal seperti ini memang terkesan menggiurkan. Faktanya, bisa jadi tawaran ini hanya salah satu trik untuk melakukan penipuan. Maka dari itu, pahami dengan baik keuntungan yang sewajarnya didapatkan.

Periksa Legalitas dan Reputasi Pengelola

Tidak hanya itu, selain tawaran yang sering tidak masuk akal, legalitas dan reputasi perusahaan pengelola investasi juga patut dipertanyakan. Cek segala hal yang terkait dengan legalitas tersebut sebelum memutuskan untuk berinvestasi di sebuah perusahaan properti.

Hal ini akan sangat membantu para pengusaha milenial untuk meminimalisir potensi kerugian jika terjebak di dalam perusahaan yang tidak benar.

Cek Konsep Penawarannya

Pada dasarnya setiap pengelola investasi properti mempunyai konsep dan cara yang berbeda-beda dalam menjalankan bisnis. Keadaan ini membuat para pengusaha milenial harus berpikir kritis dalam mengecek dan memahami konsep investasi yang ditawarkan.

Beberapa pertanyaan yang dapat diajukan yakni antara lain jumlah modal yang wajib dikeluarkan, jumlah keuntungan yang bisa ditawarkan, serta jangka waktu pengembalian modal.                                                

Ketahui Sumber Informasinya

Tips lainnya yaitu mengetahui sumber informasi yang memberikan informasi perusahaan investasi properti tersebut. Jangan mudah percaya terhadap satu produk investasi properti jika tidak mengenali orang yang memberikan informasi tersebut.

Pasalnya, tidak sedikit perusahaan palsu yang beredar di masyarakat. Jadi, tidak ada salahnya jika meminta rekomendasi dari keluarga atau kerabat terdekat yang terpercaya sebelum menentukan perusahaan investasi properti mana yang akan digunakan. Dengan hal tersebut, risiko untuk terjebak ke dalam investasi properti palsu pun dapat terminimalisir.

Perhatikan Lingkungan Sekitar

Ketika hal-hal tersebut di atas telah diatasi, maka langkah berikutnya beralih kepada lingkungan sekitar properti yang diincar. Faktor yang satu ini akan sangat memengaruhi harga properti yang dibeli. Beberapa indikator penandanya yakni keberadaan sekolah, universitas, pasar, serta akses terhadap transportasi publik.

Ketahui Jumlah Pajak Properti

Selain itu, jumlah pajak properti yang harus dibayarkan setiap waktunya juga patut diperhatikan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan besaran pajak untuk setiap Kawasan yang berbeda-beda. Namun, jika sebuah kawasan memang memiliki nilai lebih, tidak ada salahnya membeli properti tersebut.                                                                                                                      

Di Indonesia, salah satu kawasan untuk investasi properti di bidang industri dengan beragam pabrik dan gudang serta teknologi tinggi berada di Karawang New Industry City (KNIC), Jawa Barat. Ada berbagai alasan kenapa KNIC merupakan pilihan tepat bagi industri manufaktur.

Beberapa di antaranya yakni lokasi strategis yang dekat dari jalan tol, LRT Jabodetabek, stasiun kereta, bandar udara, dan pelabuhan. Lokasi strategis ini pun memudahkan pengiriman barang ke mana-mana. KNIC sendiri pada dasarnya merupakan sebuah kota industri kelas dunia yang terintegrasi sehingga kehadiran infrastruktur kelas dunia tampak jelas di tempat ini.

Tidak hanya itu untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur, KNIC juga hadir untuk membantu percepatan pertumbuhan ekonomi daerah serta menghadirkan Multiplier Effect yang berguna bagi perkembangan sosio-ekonomi di Karawang dan daerah-daerah di sekitarnya.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi