Potential Growth in Indonesia's Automotive Market in indonesia

Indonesia, sebagai pasar otomotif terbesar di kawasan ASEAN, memiliki pangsa pasar sebesar 32 persen. Meskipun begitu, rasio kepemilikan mobil per 1000 penduduk di Indonesia pada tahun 2018 masih jauh lebih rendah dibandingkan negara-negara tetangganya, hanya mencapai 87 mobil. Hal ini menciptakan potensi pertumbuhan yang besar dalam industri otomotif domestik.

Penjualan mobil di ASEAN pada tahun 2018 mencapai angka yang signifikan, dengan Indonesia memimpin perolehan sebanyak 1.151.284 unit. Sementara itu, rasio kepemilikan mobil per 1000 penduduk menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat rendah, di atas Filipina dan Vietnam.

Salah satu kekuatan utama Indonesia dalam industri otomotif adalah peran sebagai eksportir utama ke lebih dari 80 negara di seluruh dunia. Sektor otomotif dan suku cadangnya menjadi kontributor ketiga dan keempat terbesar dalam ekspor negara ini dari tahun 2016 hingga Q3 2019. Fakta ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki fondasi yang kokoh untuk ikut serta dalam rantai nilai global untuk kendaraan listrik (EV).

Berbicara mengenai ekspor, lima sektor terbesar yang berkontribusi pada pendapatan ekspor Indonesia selama periode 2016 hingga Q3 2019 adalah logam dasar untuk besi dan baja, logam dasar dan logam berharga untuk produk non-besi lainnya, kendaraan roda empat atau lebih, suku cadang, dan aksesori kendaraan roda empat atau lebih, serta mesin untuk penggunaan umum.

 

Sumber: KPMG Indonesia


Related Post

Data Center Tetap Mendominasi Permintaan Lahan Industri di Indonesia pada Tahun 2024

Data Center Tetap Mendominasi Permintaan Lahan Industri di Indonesia pada Tahun 2024

Mendorong Adopsi Kendaraan Listrik (EV) di Indonesia

Mendorong Adopsi Kendaraan Listrik (EV) di Indonesia

Mengapa Data Center Harus Tetap di Indonesia

Mengapa Data Center Harus Tetap di Indonesia