Pengertian dan Manfaat Pergudangan Sistem Omnichannel

Pergudangan sistem Omnichannel atau Omnichannel warehouse berbeda dari gudang tradisional dalam menangani pesanan masuk dari online, ritel, dan semua saluran lain. Gudang jenis ini berbeda dengan gudang tradisional dalam hal manajemen penerimaan pesanan. Secara tradisional, ritel mendedikasikan gudang regional tertentu ke sekelompok toko, dan menggunakan satu gudang untuk situs web e-commerce mereka.

Saat ini, perusahaan-perusahaan menyadari bahwa untuk memenuhi waktu pengiriman satu atau dua hari yang ditawarkan oleh pemain besar seperti Amazon, mereka akan perlu meningkatkan efektivitas mereka. Alih-alih menjalankan satu gudang per saluran, perusahaan kini melihat keuntungan mengoperasikan pergudangan sistem Omnichannel atau Omnichannel warehouse yang berinteraksi satu sama lain secara lancar.

Mari kita lihat lebih dekat Omnichannel warehouse, mengapa mereka diperlukan, dan bagaimana pengaruhnya terhadap manajemen dan operasional gudang seperti:

Masalah: Gudang E-niaga Tunggal Tidak Dapat Menangani Semua Pesanan

Sebagian alasan mengapa gudang terus beroperasi sebagai gudang saluran tunggal tradisional, terletak pada penggunaan teknologi manajemen gudang yang tidak mumpuni. Dalam rantai pasokan warehouse, pesanan datang dari semua arah, termasuk pesanan di dalam toko, pengisian ulang untuk toko yang ada, pesanan e-commerce, dan bahkan pesanan yang dibantu layanan pelanggan sesekali. Di zaman Amazon, penanganan semua pesanan e-commerce dalam satu gudang tidak praktis, dan itu akan menghasilkan peluang yang hilang.

Memperlancar pengembalian merupakan bagian integral dari pengembangan pergudangan sistem Omnichannel, dan denga kenaikan hingga 30% dari semua pembelian e-commerce yang dikembalikan, berdasarkan laporan dari Business 2 Community, manajer gudang harus meningkatkan  kemampuan pengembalian di gudang yang ada. Hal ini mengurangi pengeluaran logistik, tetapi dalam gudang standar, ini juga menyiratkan peningkatan 30% dalam beban kerja tanpa peningkatan pendapatan yang sesuai. Oleh karena itu, Omnichannel warehouse adalah satu-satunya solusi.

Solusi: Mengubah Semua Gudang ke Pergudangan Sistem Omnichannel Adalah Kunci

Bersaing dengan e-commerce seperti Amazon sudah sulit, karena Amazon memiliki sistem yang canggih dan terdedikasi yang mempercepat proses pemesanan, mengambil dan menarik, mengemas, dan mengirim. Meskipun pusat perbelanjaan ritel masih dalam perkembangan, hanya bisa menerima barang di lokasi pengambilan barang membuat Amazon menjadi pilihan utama bagi jutaan pelanggan.

Kemampuan Amazon terletak pada dedikasinya untuk mengembangkan teknologi dan proses yang memperluas opsi pengiriman, sementara memindahkan produk lebih cepat. Menurut Datex, mengoperasikan pergudangan sistem Omnichannel warehouse membutuhkan, minimal, sistem manajemen gudang terpadu, sistem manajemen pesanan, sistem pengoptimalan paket, dan alat belanja tarif pengiriman variabel, seperti sistem manajemen transportasi khusus.

Manajer gudang harus memulai proses dengan mengubah semua sistem gudang dan pusat distribusi yang ada menjadi Omnichannel warehouse. Selanjutnya, etalase dapat digunakan sebagai sarana tambahan pemenuhan pesanan, memanfaatkan produk rak untuk mengurangi jarak antara pelanggan dan pusat pemenuhan pesanan.

Manfaat Menggunakan Pergudangan Sistem Omnichannel

Perusahaan yang memiliki beberapa gudang yang beroperasi, dan bahkan etalase dapat digunakan sebagai gudang mini untuk tujuan memenuhi lebih banyak pesanan. Keuntungan tambahan dari menggunakan Omnichannel warehouse meliputi:

1. Waktu pengiriman berkurang, memungkinkan persaingan dengan Amazon dan Walmart, yang menawarkan opsi pengiriman gratis, dua hari, hari berikutnya atau bahkan hari yang sama pada pembelian tertentu.

2. Kolaborasi yang lebih baik antara toko, e-commerce, dan pemenuhan pesanan.

3. Opsi pengiriman yang diperluas, seperti klik dan kumpulkan opsi pengiriman, seperti yang dijelaskan oleh Olivia Riant dari Generix Group.

4. Berbagai produk yang lebih besar, menawarkan kepada pelanggan lebih banyak pilihan dan membutuhkan perhatian lebih besar terhadap detail dalam manajemen gudang.

5. Peningkatan akurasi urutan melalui integrasi, meningkatkan persentase pesanan sempurna dan meningkatkan nilai mereka.

Itulah beberapa pengertian dan kelebihan Omnichannel warehouse. Kemudian, dengan perkembangan teknologi yang semakin maju membuat efisiensi sangat dibutuhkan. Salah satu efisiensi yang bisa dilakukan perusahaan adalah dengan mengadopsi sistem Omnichannel warehouse.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi