Metode Perencanaan Proses Produksi

metode perencanaan proses produksi

Mungkin sebagian orang berpikiran bahwa perusahaan manufaktur merupakan perusahaan dengan bangunan pabrik besar dan luas. Namun, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang bergerak dalam hal pengolahan bahan baku mentah (raw) atau setengah jadi (unfinished goods) menjadi barang yang jadi (finished products) atau siap dikonsumsi konsumen.

Perusahaan manufaktur memiliki peran yang cukup besar dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya, hampir semua barang yang digunakan sehari-hari dibuat oleh perusahaan manufaktur. Selanjutnya, untuk menghasilkan barang siap pakai oleh konsumen dengan baik, maka diperlukan perencanaan proses produksi yang matang.

Selanjutnya, jika perencanaan proses produksi sudah matang, maka fungsi dari produksi tersebut bisa dipenuhi. Fungsi dari produksi adalah hasil jasa dan barang sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat. Perencanaan proses produksi memiliki tahapan atau metode dalam skala besar. Beberapa tahapan perencanaan proses produksi, seperti:

Desain Awal

Tahapan pertama dalam perencanaan proses produksi adalah desain awal. Hal ini meliputi desain spesifikasi produk dan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi. Desain awal sangat penting karena membentuk kebutuhan inti dari produk yang akan Anda tawarkan.

Misalnya, jika Anda ingin membangun bisnis clothing line, Anda perlu menggunakan mesin sablon printer DTG, mesin Cutting Sticker dan mesin Hot Press.

Desain Produk

Tahapan kedua dalam perencanaan proses produksi adalah tahapan desain produk. Dalam tahapan ini meliputi desain detail tentang barang apa saja yang akan diproduksi dengan tepat. Contohnya, Anda dapat membuat desain baju berdasarkan beberapa variabel seperti usia pemakai, bahan, ukuran, dan warna.

Dalam membuat desain Anda bisa menggunakan jasa para ahli di bidang mendesain baju dan penjahit. Pastikan Anda memberikan gambaran yang jelas kepada desainer tentang target pasar serta model di balik desain tersebut agar sesuai dengan gambaran awal yang Anda inginkan.

Cara Pembuatan

Tahapan perencanaan proses produksi berikutnya adalah pada cara pembuatan. Pada tahapan ini Anda akan membuat urutan proses produksi, lokasi kerja, dan peralatan yang digunakan. Sebagai contoh pada pembuatan baju, membuat pola, memotong bahan, jahit, dan melakukan pengecekan.

Pembuatan

Tahapan perencanaan proses produksi berikutnya adalah tahap pembuatan. Anda bisa melakukan modifikasi dari tiga langkah di atas, akan tetapi harus menyesuaikan dengan kualitas yang ingin Anda dapatkan. Pasalnya, kualitas yang Anda dapatkan dalam proses pembuatan sedikit berbeda dari rencana awal dan memang merupakan hal yang wajar.

Anda perlu mengingat bahwa dalam menentukan kuantitas barang yang dihasilkan akan bergantung pada pola permintaan atau forecast agar barang yang dihasilkan bisa habis dengan cepat.

Nah,metode perencanaan proses produksi yang bisa Anda jadikan referensi. Selain itu, pemilihan lokasi yang strategis tentu juga akan mengoptimalkan perencanaan proses produksi.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City (KNIC). Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun gudang dan menyewa gudang.

Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban. Selain itu KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur.

Beberapa fasilitas di atas dibutuhkan untuk dapat menjalankan kinerja perusahaan manufaktur secara maksimal dan efektif.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi