keuntungan membeli kawasan industri dekat dengan pelabuhan

Pelabuhan telah memfasilitasi perdagangan antara berbagai wilayah dunia sejak  berabad abad. Salah satu rute perdagangan pertama antar benua didirikan melalui rute pelayaran. Bahkan saat ini, pelabuhan-pelabuhan ini sibuk menangani banyak pengiriman besar, kontainer dalam jumlah besar dan jenis pengiriman lainnya.

Hal ini telah menyebabkan peningkatan permintaan untuk kawasan industri atau industrial estate di dekat daerah pelabuhan. Membeli lahan komersial dekat pelabuhan dapat menghasilkan pengembalian investasi yang lebih cepat bagi investor yang cerdas. Ada beberapa keuntungan membuka cabang bisnis di dekat pelabuhan. Mari kita lihat beberapa di antaranya:

Biaya Transportasi Berkurang

Salah satu keuntungan dari membuka kawasan industri atau industrial estate di daerah dekat pelabuhan adalah berkurangnya biaya transportasi. Jika bisnis atau perusahaan melakukan pengiriman atau pengambilan barang melalui kapal, semakin dekat ke pelabuhan, maka semakin sedikit jarak yang harus ditempuh barang.

Ketika gudang distribusi atau pusat distribusi berada di dekat pelabuhan, hal itu akan mengurangi jarak dan dengan demikian menurunkan biaya transportasi barang. Biaya tenaga kerja yang terkait dengan transportasi ini juga berkurang, sehingga sangat bermanfaat bagi perusahaan.

Menghemat Waktu

Keuntungan lain dari membuka kawasan industri  di daerah dekat pelabuhan adalah menghemat waktu pengiriman. Ketika pabrik atau gudang terletak di dekat pelabuhan pengiriman, perusahaan menghemat semua waktu yang tadinya terbuang dalam memindahkan barang dari satu lokasi ke lokasi lain. Meskipun lahan di dekat pelabuhan memiliki nilai lebih tinggi, perusahaan dapat memanfaatkan 100% pinjaman komersial yang dapat membantu perusahaan.

Hemat Biaya

Keuntungan lain dari membuka kawasan industri di daerah dekat pelabuhan adalah hemat biaya. Awalnya, biaya untuk mendirikan bisnis di dekat pelabuhan akan lebih tinggi, tetapi seiring berjalannya waktu, penghematan yang dilakukan perusahaan atas biaya transportasi, biaya tenaga kerja dan waktu   akan memberi perusahaan laba lebih tinggi atas investasi dari yang perusahaan harapkan.

Memiliki gudang distribusi terpusat di sekitar pelabuhan telah membantu banyak bisnis tumbuh menjadi sukses besar di masa lalu. Manfaatkan momen hal ini untuk memberikan lebih banyak keuntungan bagi perusahaan, dan berikan bisnis atau perusahaan Anda keuntungan lebih besar dengan mendirikan kantor tepat di pusat aktivitas logistik.

Akses ke Fasilitas Lebih Baik

Kawasan industri atau industrial estate di daerah dekat pelabuhan akan mendapatkan akses ke fasilitas yang lebih baik. Karena pelabuhan biasanya dikelola oleh pemerintah di sebagian besar negara, fasilitas di dalam dan di sekitar wilayah pelabuhan memiliki kualitas yang lebih baik. Perusahaan dapat memperoleh akses gratis ke fasilitas-fasilitas ini, seperti jalan pintas ke jalan raya nasional, stasiun kereta api dekat, dll, dan menggunakannya untuk membangun bisnis.

Ini adalah salah satu alasan mengapa pemberi pinjaman komersial lebih fleksibel saat memberi pinjaman untuk membeli atau menyewa tanah atau bangunan yang terletak di dekat pelabuhan.

Akses Mudah ke Tenaga Kerja

Kawasan industri atau industrial estate di daerah dekat pelabuhan akan memiliki lebih banyak akses terhadap tenaga kerja berkualitas tinggi. Tulang punggung setiap bisnis yang sedang berjalan terletak dalam pekerjaan yang dilakukan oleh buruh. Dengan memiliki akses ke tenaga kerja berkualitas tinggi tersebut, perusahaan pasti akan berhasil.

Dalam dunia persaingan yang ekstrim ini, sangatlah penting bagi setiap perusahaan atau bisnis untuk berinvestasi   kawasan industri di dekat pelabuhan di kota dan memperoleh manfaatnya hari ini.

Itulah beberapa manfaat membuka kawasan industri di dekat pelabuhan. Salah satu kawasan industri yang berlokasi dekat dengan pelabuhan ada di Jawa Barat yaitu   Karawang New Industry City.


Related Post

Cara Melakukan Perencanaan Proses Produksi Manufaktur di Indonesia

Cara Melakukan Perencanaan Proses Produksi Manufaktur di Indonesia

Sistem Otomasi Gudang yang Mampu Mempercepat Pemenuhan Order Bisnis Anda

Sistem Otomasi Gudang yang Mampu Mempercepat Pemenuhan Order Bisnis Anda

Apa Itu Additive Manufacturing? Kenali Lebih Dalam

Apa Itu Additive Manufacturing? Kenali Lebih Dalam