Jaringan 5G mulai kembali diperbincangkan oleh masyarakat. Munculnya smartphone dengan dukungan 5G dan komersialisasi 5G di berbagai negara membuat masyarakat bertanya kapan jaringan 5G hadir di Indonesia. Saat ini jaringan 5G masih dalam tahap pengembangan[WU1] . Pemerintah sudah melakukan pelelangan frekuensi untuk jaringan 5G di Indonesia. Nantinya terdapat 13 lokasi pertama yang bisa menikmati jaringan ini. Setelah implementasi 13 wilayah selesai, jangkauan 5G akan diperluas sesuai dengan permintaan wilayah lain di

Indonesia. Teknologi 5G dapat mempercepat implementasi Virtual Reality, Augmented Reality, Smart Factory, Smart Warehousing, dan Internet of Things di perindustrian yang akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

 

Keuntungan jaringan seluler 5G akan memberikan perusahaan konektivitas yang lebih baik dan latensi yang lebih rendah, yang memungkinkan perangkat merespons lebih cepat ke perangkat lain. Oleh karena itu, 5G dapat membantu perusahaan meningkatkan penawaran layanan mereka dan bahkan menciptakan layanan baru yang lebih menguntungkan bagi pelanggan.

 

Jaringan 5G menawarkan sejumlah keuntungan lainnya seperti analistik bisnis secara real-time hingga konektivitas yang lebih baik. Terdapat tiga perbedaan antara jaringan 5G dengan jaringan sebelumnya yakni 4G. Perbedaaan pertama terletak pada kecepatan. Dimana untuk 5G, speed bisa 10 - 100 kali lipat dibandingkan 4G. Jadi speed dapat mencapai 10 Gbps.

 

Source : gatra.com


[WU1]Bukankan jaringan 5G sudah hadir di Indonesia? Tlg dicek dulu mas Dodo


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi