Automotive Supply Chain merupakan manajemen rantai pasokan yang secara khusus bergerak di bidang otomotif. Hal ini terkait erat dengan pengelolaan rantai siklus yang lengkap mulai dari penyediaan bahan mentah dari para supplier hingga distribusi barang ke konsumen.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manajemen rantai pasokan di industri otomotif, simak beberapa hal di bawah ini!

Pengadaan Suku Cadang Produksi

Secara umum, rantai pasokan industri otomotif dengan industri lainnya sama saja. Beberapa langkah produksi produk secara berurutan dimulai dari pengadaan suku cadang, perakitan mesin, perancangan tampilan, hingga desain tampilan.

Tantangan yang diperoleh adalah menjaga suku cadang yang digunakan agar selalu sesuai dengan standar serta jalur pengerjaan atau perancangan sebuah produk. Suku cadang yang diperlukan pun harus selalu tersedia. Jika tidak, maka urutan pengerjaan yang telah ada sebelumnya bisa saja mengalami perubahan.

Operator dan Manajemen Peralatan

Para pekerja atau operator di setiap bagian perakitan harus tahu persis dengan peralatan serta komponen apa saja yang mereka harus pasang di setiap unit mobil. Yang jelas, seluruh informasi-informasi dasar dan standar pemasangan wajib telah diatur oleh bagian produksi.

Tidak hanya itu, para pekerja juga patut mengetahui segala hal yang terkait dengan penggunaan alat untuk memasang suku cadang hingga mengetahui pengaturan torsi yang benar untuk setiap sekrup tunggal yang ada.

Ketersediaan Suku Cadang Produksi

Di dalam rantai pasokan industri otomotif, pasokan suku cadang memang peranan yang sangat penting. Layanan pengadaan pun harus efisien serta memenuhi aspek kepuasan pelanggan. Variasi suku cadang dan komponen kendaraan harus selalu memiliki persiapan yang beragam.

Hal ini disebabkan oleh model mobil serta opsi konfigurasi setiap pemilik kendaraan bermotor. Ketersediaan suku cadang penting juga harus tersedia untuk pemilik mobil dalam jangka waktu yang lama. Sebagai contoh, beberapa perusahaan mobil Jerman bahkan menyediakan suku cadang asli mobil bersejarah yang berusia lebih dari 30 tahun.

Ada beberapa hal dalam ketersediaan suku cadang produksi ini yang harus distandarisasi serta diintegrasikan sesuai proses logistik suku cadang di seluruh rantai pasokan, yakni antara lain perkiraan dan perencanaan permintaan suku cadang, keterhubungan semua mitra ke sistem logistik suku cadang, manajemen gudang dari barang masuk ke barang yang keluar, hingga inventarisasi suku cadang dalam jangka waktu tahunan.

Gudang Penyimpanan dan Perakitan

Terakhir, manajemen rantai pasokan yang tidak kalah pentingnya adalah gudang penyimpanan dan perakitan. Beberapa perusahaan otomotif kerap kali memisahkan keduanya. Yang pasti, seluruh gudang yang ada wajib untuk memenuhi standar nasional dan internasional gudang agar seluruh rantai pasokan dapat berjalan lancar.

Salah satu lokasi industri terbaik dengan beragam pilihan gudang di Indonesia adalah di Karawang New Industry City (KNIC) yang terletak di Jawa Barat. Ada beberapa faktor kenapa KNIC wajib untuk dipertimbangkan sebagai lokasi industri otomotif.

Beberapa di antaranya yaitu posisi strategis yang berada di antara enam infrastruktur transportasi sehingga memudahkan mobilitas pengiriman barang dan konsep kota industri yang terintegrasi kelas dunia dengan berbagai infrastruktur yang juga kelas dunia. Semua hal ini akan keberhasilan sebuah perusahaan dalam menghasilkan produk-produk terbaik mereka.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi