Salah satu industri yang terus berkembang adalah industri makanan dan minuman atau yang lebih dikenal dengan F&B. Perkembangan industri makanan dan minuman terus bergejolak, naik dan turun. Terjun ke bisnis makanan dan minuman memang bukan tugas yang mudah. Pasalnya, produsen makanan dan minuman harus mempertimbangkan beberapa perubahan aspek seperti teknologi, politik, ekonomi, dan sosial-kultural agar dapat bertahan di pasar.

Namun, meskipun memiliki tantangan yang besar industri makanan dan minuman merupakan salah satu industri unggulan yang mampu memberikan kontribusi terhadap perekonomian pemerintahan lokal maupun nasional. Pertumbuhan sektor industri makanan dan minuman berdasarkan data Kementrian Perindustrian pada triwulan 1 tahun 2018 mencapai 12,70 persen dan memberikan kontribusi sampai 35, 9 persen terhadap PDB industri non minyak dan gas.

Salah satu daerah atau kawasan yang memiliki banyak industri makanan adalah daerah Karawang Jawa Barat. Daerah ini memang banyak dipenuhi oleh beberapa industri tidak hanya industri makanan saja. Namun, untuk pembahasan kali ini hanya fokus terhadap pabrik makanan. Beberapa pabrik makanan yang berada di Karawang seperti:

Sonton Food Indonesia

Salah satu pabrik makanan yang berlokasi di Karawang atau food plant in Karawang adalah PT Sonton Food Indonesia. PT Sonton Food Indonesia menawarkan selai dari brand ternama asal Jepang. Sonton Food membangun selai yang berkualitas dengan berbagai macam rasa dan varian. Tidak hanya itu, perusahaan ini juga akan memproduksi berbagai olesan seperti custard, coating, dan spread dengan variasi rasa.

Perusahaan ini mengklaim bahwa selai yang akan mereka produksi akan tetap stabil dalam bentuk asli walaupun telah melewati proses panggang dan dibekukan. Perusahaan ini akan memakai bahan baku dari produk lokal mulai dari buah, gula, cokelat hingga corn flakes.

Meiji Food Indonesia

Pabrik makanan yang berlokasi di Karawang atau food plant in Karawang adalah Meiji Food Indonesia. Perusahaan ini merupakan perusahaan makanan ringan yang berasal dari Jepang. Beberapa produk makanan ringan yang ditawarkan oleh Meiji adalah biskuit Hello Panda dan makanan ringan Lucky yang tersedia dalam beberapa varian rasa seperti coklat, stroberi, krim susu hingga rasa cookies.

Nestle

Pabrik makanan atau food plant in Karawang berikutnya adalah perusahaan Nestle. Perusahaan Nestle merupakan perusahaan multinasional asal Swiss.  Perusahaan ini bergerak dalam produk makanan dan minuman. Beberapa produk Nestle yang dijual di Indonesia seperti mulai dari susu, kopi, coklat, sereal hingga sereal bayi.

Produk-produk Nestle memang sudah banyak dikenal di Indonesia mulai dari produk susu hingga sereal bayi.

Nah, itulah 3 pabrik makanan atau food plant in Karawang. Untuk dapat meningkatkan performa kinerja pabrik makanan, pabrik makanan perlu membuka pabrik di kawasan industri Salah satu kawasan industri Jawa Barat yang memiliki fasilitas kelas dunia adalah Karawang New Industry City.

Karawang New Industry City atau KNIC memiliki fasilitas kelas dunia mulai dari listrik premium yang diberikan dan dijamin oleh PLN, akses internet cepat, pengolahan air bersih, pengolahan limbah, training center untuk SDM, tempat pelayanan bisnis terpadu hingga tempat pelayanan pengiriman terpadu.

Tidak hanya itu, KNIC berlokasi strategis dekat dengan ibu kota Jakarta serta memiliki 6 akses infrastruktur mulai dari LRT Jabodetabek, jalan tol Trans Jawa, tol Jakarta-Cikampek, kereta cepat Jakarta-Bandung, bandara internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban membuat KNIC lokasi yang cocok untuk membangun gudang Industri.

Lebih lanjut, Karawang New Industry City menawarkan jual tanah lahan pabrik bagi Anda yang ingin membeli pabrik di kawasan industri. Selain menawarkan jual tanah lahan pabrik, KNIC juga menawarkan tempat untuk sewa gudang.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi