Karawang Semakin Bersinar Dengan Banyaknya Kawasan Industri dan Pabrik
 

Kota Industri Karawang merupakan yang Terbesar di Indonesia

Karawang merupakan salah satu kota di Jawa Barat, Indonesia. Kota yang sebelumnya masih menjadi kabupaten ini merupakan kota yang berbatasan langsung dengan Bekasi, Bogor, dan tidak jauh dari Jakarta. Kota Karawang termasuk kota yang besar yakni dengan luas sekitar 1.737,30 km.

Data Jumlah Kawasan Industri dan Pabrik di Karawang

Selama ini Kabupaten Karawang dikenal sebagai kota industri. Namun tahukah Anda, berapa sebenarnya jumlah kawasan dan pabrik yang tersebar di daerah industri Karawang tersebut? Dari data yang dihimpun Fakta Jabar dari Disnakertrans Karawang, hingga tahun 2018 terdapat 13.756.358 hektar luas lahan yang diplot sebagai lahan industri.

Kawasan industri Karawang tersebut tersebar antara lain Kawasan Industri Kujang, Indotaisei, Mandala Putra, KIIC, Suryacipta, dan KIM. Adapun zona industri Karawang yang dicantumkan dalam penataan ruang, yakni dititikberatkan pada sejumlah kecamatan meliputi Kecamatan Telukjambe Timur, Cikampek, Klari, Purwasari, Pangkalan, dan Rengasdengklok.

Lalu bagaimana dengan jumlah perusahaan atau pabrik di Kabupaten Karawang? Masih berdasarkan data yang dihimpun dari Disnakertrans Karawang, dijelaskan bahwa hingga 2018, jumlah pabrik yang beroperasi di kabupaten ini sebanyak 1.762 pabrik. Rinciannya, pabrik swasta sebanyak 787, PMDN sebanyak 269, PMA sebanyak 638, dan Joint venture tercatat sebanyak 58 pabrik.

Secuil Sejarah Berubahnya Karawang Menjadi Kota Industri

Mengawali perkembangannya di kawasan yang berdiri sebagai kabupaten, Karawang dulu dikenal sebagai kabupaten dengan sebutan lumbung padi. Sebelum menjadi kawasan industri Karawang, kabupaten ini menjadi kawasan pusat penghasil padi yang berlokasi dekat dengan ibukota Jakarta.

Hal ini sesuai dengan faktanya, dimana kabupaten yang bermayoritas suku Sunda tersebut memang dipenuhi dengan lahan hijau padi. Dengan demikian, penduduk Karawang juga didominasi oleh petani. Adapun pengusaha, penduduk di Karawang biasanya memiliki usaha kecil seperti memiliki sawah sebagai lahan padi pribadinya atau kebun dengan berbagai jenis tanaman seperti sayuran dan buah-buahan.

Hal tersebut yang membuat Karawang dahulu menjadi kabupaten sekaligus produsen padi, sayuran, serta buah-buahan bagi beberapa pasar tradisional di Indonesia. Namun sekarang Karawang berdiri sebagai salah satu kota besar di Indonesia yang didominasi dengan pabrik dan menjadikannya sebagai kawasan industri Karawang.

Karawang saat ini menjadi kota industri terbesar di Indonesia. Sesuai dengan julukannya sebagai kota industri Karawang, kota ini hadir dengan perusahaan-perusahaan yang berdiri di atas lahan penduduk dengan mayoritas pengguna bahasa Sunda. Karawang bahkan menjadi kota yang dipercaya oleh perusahaan asing untuk mendirikan usaha serta membangun bisnisnya.

UMR Tertinggi Indonesia Digenggam Oleh Karawang

Dengan demikian, wajar saja jika Karawang saat ini bahkan mampu mengalahkan Jakarta dari pendapatan penduduknya. Kemudian karena sudah menjadi kota besar industri, Karawang menjadi kota dengan gaji UMR terbesar di Indonesia. Tidak sedikit pula investor asing memilih untuk menjadi investor di perusahaan yang didirikan di kawasan industri Karawang.

Dengan demikian, penduduk Karawang saat ini justru dominan bekerja sebagai pegawai pabrik. Karawang saat ini merupakan pusat pergerakan industri di Indonesia yang berhasil menarik pengusaha mancanegara. Jepang menjadi salah satu negara yang selalu menanamkan investasinya di Karawang.

Karawang Menjadi Tempat Investasi Yang Menjanjikan

Jepang bahkan berniat untuk menjadikan lahan dengan luas 3.000 hektar di Karawang sebagai kawasan industri Karawang pribadinya. Karena banyaknya investor dari Jepang di Karawang menyebabkan berdirinya berbagai macam perusahaan seperti perusahaan industri otomotif, IT, elektronik, serta bentuk usaha industri lainnya. Inilah yang membuat Karawang saat ini berdiri sebagai kota industri terbesar di Indonesia.

Industri Karawang merupakan industri yang menjanjikan karena didukung sarana dan prasarana yang baik. Lokasinya yang berdekatan dengan ibukota serta akses yang baik seperti jalan tol, kereta, dan pelabuhan serta fasilitas seperti sekolah, rumah sakit, dan apartemen menjadikan kawasan industri Karawang cocok untuk dijadikan kawasan industri.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi