Perkembangan industri otomotif di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Sektor otomotif pada tahun 2019 akan terus positif.  Hal ini didukung oleh permintaan masyarakat akan industri otomotif yang juga meningkat setiap tahun. Terlebih, dengan meningkatnya pembangunan infrastruktur dari barat hingga timur Indonesia diperkirakan akan menjadi salah satu faktor untuk pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia.

Menurut Kementrian Perindustrian, “Indonesia sudah memiliki kekuatan dalam struktur otomotif, Indonesia sudah bisa memproduksi bahan keperluan industri otomotif seperti baja, kimia, kaca hingga ban. Terlebih, Indonesia sudah bisa menyediakan tenaga kerja yang memadai untuk industri ini” Peningkatan industri otomotif pada tahun 2019 termasuk sangat positif.

Selanjutnya, menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO),” ekspor mobil utuh atau complete built up sepanjang tahun 2018 meningkat sebanyak 264.553 atau 14,44 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kemajuan industri otomotif ini juga didukung oleh banyaknya kawasan industri yang membuat pabrik-pabrik otomotif dapat bekerja dengan baik.

Salah satu kawasan industri yang menjadi tempat favorit untuk pabrik otomotif adalah kawasan industri Karawang. Kawasan industri Karawang ini memang sudah disiapkan pemerintah untuk menjadi kawasan pabrik otomotif yang dapat bersaing dengan pasar otomotif dunia.

Kawasan industri Karawang dipilih sebagai pusat industri otomotif karena memiliki banyak keuntungan seperti akses yang mudah, jarak yang dengan pabrik-pabrik Jakarta dan biaya transportasi lebih murah. Ada beberapa pabrik otomotif yang berada di kawasan Karawang seperti Toyota Astra, Astra Honda, Astra Daihatsu, Isuzu dan beberapa pabrik lainnya.

Pabrik-pabrik tersebut memproduksi mobil, motor dan beberapa suku cadang atau spare part untuk kebutuhan industri otomotif lokal maupun kebutuhan industri otomotif mancanegara. Beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor industri otomotif lokal adalah negara Filipina, Vietnam, Kamboja, dan beberapa negara di Amerika Latin seperti Peru.

Sepertinya jumlah ekspor kendaraan roda empat CBU diprediksi akan terus meningkat karena dukungan kebijakan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor 01 tahun 2019 tentang Tata Laksana Ekspor Kendaraan Bermotor CBU yang berlaku mulai 1 Februari 2019. Kebijakan tersebut menegaskan bahwa Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) dapat diajukan setelah barang yang di ekspor memasuki kawasan Pabean.

Barang ekspor tidak memerlukan Nota Pelayanan Ekspor (NPE) untuk memasuki Kawasan Pabean dimana dalam hal melakukan pemeriksaan jumlah dan jenis barang yang akan di ekspor tersebut paling lambat dilakukan tiga hari sejak tanggal keberangkatan saranan pengangkut.

Terdapat banyak kawasan industri yang cocok untuk membangun pabrik otomotif di daerah Karawang, salah satunya adalah Karawang New Industry City. Jika Anda ingin membangun pabrik otomotif ada baiknya Anda mencarinya di kawasan industri yang strategis karena dekat dengan jalur transportasi.

Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun pabrik otomotif. Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban. Memiliki akses yang dekat dengan beberapa moda transportasi tentu akan memudahkan proses pengiriman dan menghemat biaya pengiriman.

Selain itu KNIC juga didukung banyak fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur. Tidak hanya itu, kawasan Karawang New Industry City juga menyediakan sewa gudang untuk keperluan penyimpanan barang atau sebagai distribution center untuk perusahaan Anda.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi