Manufacturing production planning

Untuk menghadapi revolusi industri 4.0 perusahaan harus menyiapkan beberapa strategi perencanaan produksi manufaktur agar dapat bertahan. Pada dasarnya perusahaan manufaktur akan bertahan lama karena perusahaan manufaktur memproduksi bahan jadi (finished product) yang memang dibutuhkan oleh konsumen. Namun, yang menjadi tantangannya adalah bagaimana cara bersaing dengan perusahaan manufaktur lainnya.

Perusahaan harus mampu membuat strategi perencanaan produksi yang tepat agar produksi barang bisa selesai pada waktu yang tepat, harga yang sesuai, dan jumlah barang yang diproduksi sesuai. Berikut ini beberapa strategi perencanaan produksi manufaktur yang bisa Anda jadikan referensi:

1. Mampu Memprediksi Permintaan Konsumen

Strategi perencanaan produksi manufaktur yang harus perusahaan aplikasikan adalah perusahaan harus mampu memprediksi permintaan konsumen. Hal ini penting karena perusahaan jadi tahu berapa banyak barang yang harus diproduksi dalam waktu tertentu. Perusahaan bisa memprediksi permintaan konsumen dengan melihat permintaan konsumen 6 bulan hingga satu tahun kebelakang.

Lebih lanjut, perusahaan bisa menggunakan sistem manajemen inventaris untuk menganalisis permintaan konsumen dan mengetahui alur inventaris dengan lebih mudah. Proses sistem otomatis juga akan menghemat waktu dan meningkatkan estimasi tentang produk yang akan menjadi incaran konsumen di masa depan.

2. Pengelolaan Inventaris

Pengelolaan inventaris yang tepat merupakan bagian dari strategi perencanaan produksi manufaktur. Pengelolaan inventaris memiliki beberapa fungsi seperti untuk memastikan stok produk cukup dan memadai, memiliki stok bahan baku yang cukup dan tidak berlebihan serta mampu menyimpan stok yang sesuai dengan permintaan konsumen baik dalam segi jumlah maupun kualitas.

Perusahaan yang menggunakan sistem inventaris yang baik dapat mengatur tingkat pengelolaan inventaris dengan detail dan dapat memberikan notifikasi ketika stok mulai mendekati tingkat minimum, mengetahui produk mana yang lebih menguntungkan dan kurang menguntungkan serta memprediksi kebutuhan inventaris.

3. Mampu Mengidentifikasi Masalah

Setiap industri memiliki hambatan dan masalahnya sendiri-sendiri, tidak terkecuali perusahaan manufaktur. Ada baiknya perusahaan dapat mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi di masa depan dengan mengumpulkan informasi mengenai kasus serupa dan lihat sejarah kegagalan sebelumnya untuk dapat membuat solusi yang real.

Perusahaan juga bisa menggunakan Failure Mode and Effects Analysis untuk memahami dan mencari solusi terbaik untuk mengurangi potensi masalah yang akan terjadi dalam operasi bisnis manufaktur.

4. Menjelaskan Strategi Perencanaan Produksi Manufaktur Secara Detail

Setelah Anda mengaplikasikan beberapa strategi perencanaan produksi manufaktur di atas, hal terakhir yang harus anda lakukan adalah menjelaskan secara detail tentang perencanaan yang sudah dibuat kepada karyawan perusahaan secara detail agar karyawan dapat mudah memahaminya. Anda dapat memberikan konsep perencanaan, job desk, jadwal produksi menggunakan software manajemen manufaktur.

Perencanaan produksi manufaktur merupakan hal yang sangat penting dalam perusahaan manufaktur, jadi pastikan setiap karyawan paham akan perencanaan produksi manufaktur agar dapat menjalankan proses produksi dengan maksimal.

Nah, itulah 4 strategi perencanaan produksi manufaktur perusahaan yang bisa Anda jadikan referensi. Jika Anda ingin membangun perusahaan manufaktur ada baiknya Anda mencarinya di kawasan industri yang memiliki fasilitas lengkap dan memiliki lokasi strategis karena dekat dengan jalur transportasi.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City (KNIC). Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun gudang dan menyewa gudang.

Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban.

Selain itu KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur. 


Related Post

Ketahui Strategi Perencanaan Produksi Manufaktur Perusahaan yang Benar

Ketahui Strategi Perencanaan Produksi Manufaktur Perusahaan yang Benar

Strategi Inventory Control Terbaik Demi Tingkatkan Efisiensi Perusahaan

Strategi Inventory Control Terbaik Demi Tingkatkan Efisiensi Perusahaan

Pengertian Sistem Produksi dan Jenis-jenisnya yang Perlu Dipahami

Pengertian Sistem Produksi dan Jenis-jenisnya yang Perlu Dipahami