perkembangan kawasan industri di jawa barat

Kawasan industri (industrial estate) merupakan kawasan atau daerah yang khusus diberikan oleh pemerintah pusat atau pun daerah untuk kegiatan industri. Kawasan industri pada umumnya adalah bagian dalam tata rencana kota atau daerah yang disertai dengan fasilitas lengkap untuk mendukung performa kegiatan industri. Beberapa fasilitas tersebut antara lain adalah akses jalan, tenaga listrik, telekomunikasi, sistem pembuangan sampah, limbah dan fasilitas lain.

Keputusan dari pembentukan kawasan industri dibentuk dalam rangka usaha pemerintah untuk mempercepat dan mendorong perkembangan kawasan industri, memenuhi kebutuhan dalam negeri dan ekspor. Lebih lanjut, pembukaan kawasan industri dapat mengundang para investor asing untuk memindahkan pabriknya dari luar ke Indonesia. Berikut beberapa informasi lebih lengkap mengenai kawasan industri Jawa Barat:

Ciri-ciri Kawasan Industri:

Seperti kawasan lain, kawasan industri memiliki ciri-ciri atau karakteristik tersendiri seperti:

  • Terdapat kawasan atau area yang luas yang diperuntukan untuk kawasan industri

  • Kawasan industri dilengkapi dengan fasilitas untuk mendukung kinerja perusahaan
  • Terdapat manajemen yang mengelola perusahaan tersebut
  • Memiliki izin usaha kawasan industri
  • Diisi oleh industri manufaktur

Fasilitas Kawasan Industri

Kawasan industri umumnya dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas untuk mendukung kinerja perusahaan industri, mulai dari suplai listrik khusus dari PLN, telekomunikasi, akses jalan ke kawasan industri, air bersih, instalasi pengolahan air bersih, saluran air, tempat pengolahan limbah industri, kantor layanan pengiriman, pos keamanan, tempat ibadah dan sebagainya.

Syarat Kawasan Industri

Pemilihan suatu daerah menjadi kawasan industri melalui berbagai pertimbangan dan persyaratan. Kawasan industri memiliki persyaratan khusus agar dapat disetujui untuk dibangun. Beberapa persyaratan khusus untuk menjadikan sebuah kawasan menjadi kawasan industri adalah sebagai berikut:

  • Jarak minimal kawasan industri ke pemukiman warga minimal 2 KM

  • Kawasan industri harus memiliki layanan jaringan listrik dan telekomunikasi yang memadai
  • Dekat dengan atau mudah diakses dengan pelabuhan laut
  • Topografi atau kemiringan pada tanah maksimal 0-15 derajat
  • Memiliki jarak maksimal dengan sungai maksimal 5 KM
  • Peruntukan lahan: non pertanian, non permukiman, dan non konservasi
  • Ketersediaan lahan minimal 25 Ha

Perkembangan Kawasan Industri Jawa Barat

Kawasan industri Jawa Barat terus berkembang dan cukup menjadi perhatian bagi perekonomian nasional. Hampir 60 persen industri pengolahan yang berada di Indonesia berlokasi di Jawa Barat, sehingga perekonomian nasional memang cukup dipengaruhi oleh kinerja industri Jawa Barat, khususnya industri pengolahan yang mampu menyerap jumlah tenaga kerja terbesar kedua setelah teknologi pertanian.

Terdapat beberapa jenis industri di kawasan industri Jawa Barat mulai dari industri pesawat terbang, industri senjata ringan, industri besi baja, industri elektronik, industri kertas, industri semen, industri tekstil, industri makanan dan minuman hingga industri otomotif tersebar di kawasan industri Jawa Barat. Hal ini didukung oleh kawasan industri yang memiliki fasilitas mumpuni untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur

Salah satu kawasan industri Jawa Barat yang memiliki fasilitas kelas dunia adalah Karawang New Industry City atau KNIC. KNIC ini sendiri pun memiliki fasilitas kelas dunia mulai dari listrik premium yang diberikan dan dijamin oleh PLN, akses internet cepat, pengolahan air bersih, pengolahan limbah, training center untuk SDM, tempat pelayanan bisnis terpadu hingga tempat pelayanan pengiriman terpadu.

Tidak hanya itu, KNIC berlokasi strategis dekat dengan ibu kota Jakarta serta memiliki 6 akses infrastruktur mulai dari LRT Jabodetabek, jalan tol Trans Jawa, tol Jakarta-Cikampek, kereta cepat Jakarta-Bandung, bandara internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban membuat KNIC lokasi yang cocok untuk membangun gudang Industri.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi