Dikenal dengan jantung perindustrian Indonesia banyak perusahaan yang memindahkan pabrik serta tempat gudang ke Karawang

Karawang adalah sebuah Kabupaten di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten kota yang berbatasan dengan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor di sebelah Barat, Laut Jawa di sebelah Utara, Kabupaten Subang di sebelah Timur, Kabupaten Purwakarta di Tenggara, serta Kabupaten Cianjur di sebelah Selatan.

Karawang terkenal sebagai kota lumbung padi dan juga kota dengan UMK tertinggi se Indonesia. Kota ini juga memiliki banyak destinasi-destinasi wisata yang akan membuat anda betah berlama-lama berada di kota Karawang.

Namun seiring dengan perkembangan industri Indonesia, Karawang kini dikenal dengan julukan kota Industri di mana jantung perindustrian Indonesia berasal. Tak ayal banyak perusahaan yang memindahkan pabrik serta menjadikan kota ini sebagai tempat penyimpanan barang atau gudang. Tapi sebenarnya, apa saja sih kelebihan membeli dan menyewa gudang di Karawang ? Cari tahu ulasannya di artikel berikut ini ya.

sewa gudang karawang

Menyediakan Gudang Dengan Fasilitas Modern

Dikarenakan Karawang adalah kota industri, gudang di kota tersebut memiliki fasilitas pergudangan yang lebih modern dan berkualitas standar internasional. Pergudangan di wilayah tersebut biasanya telah dilengkapi CCTV yang beroperasi 24 jam, secure pass cards, lampu penerangan jalan tenaga surya, instalasi pemadam kebakaran, serta tenaga listrik cadangan. Hal ini agar penyewa dapat menjalankan bisnis dengan lebih aman, lebih efektif, dan lebih efisien.

Ada Banyak Variasi Gudang

Ada banyak sekali variasi gudang yang ada di gudang Karawang ini. Ada yang ukurannya kecil, ada juga yang ukurannya besar. Anda sebagai calon yang ingin menyewa gudang tersebut, tentu dapat memilih sendiri jenis gudang yang dianggap paling tepat, dan pas untuk barang yang akan disimpan.

Salah satu tips ketika memilih gudang adalah, pastikan gudang yang akan digunakan sesuai dan tepat untuk karakteristik barang yang hendak disimpan. Contohnya jika Anda hendak menyimpan aneka makanan, maka usahakan memilih gudang dengan fasilitas lantai bersih, dengan suhu udara yang baik, sehingga makanan yang Anda simpan tetap terjaga dengan baik.

Adanya Proyek Karawang New Industry City (KNIC)

Seperti yang kita ketahui, Karawang dikenal dengan kota industri dengan lebih dari 10.000 perusahaan yang membuka usahanya di kota tersebut. Di tahun 2019 CFLD International bekerja sama dengan pemerintah membangun kawasan industri bernama Karawang New Industry City (KNIC).  Dengan hadirnya KNIC Karawang akan semakin ramai dan semakin banyak tenaga kerja yang terserap. Dari segi penyewaan gudang pun, Karawang memiliki lokasi yang cukup strategis karena tak jauh dari ibu kota Jakarta. Selain itu ia juga memiliki akses yang mudah untuk menuju daerah lainnya di Indonesia melalui tol Trans Jawa, kereta api hingga akses menuju bandara internasional. KNIC sendiri dekat dengan stasiun KRL Jabodetabek yang menguntungkan bagi para pekerja yang tinggal di sekitarnya.

Infrastruktur yang Berkembang

Karawang, termasuk Karawang Timur, dikenal punya banyak kawasan industri. Proyek properti yang dibangun di kawasan ini bukan hanya gudang tapi juga hunian atau komersial. Sebelumnya Karawang dikenal sebagai lumbung padi bagi Jawa Barat, namun kini dikenal sebagai daerah industri berskala  internasional karena banyak perusahaan asing membuka pabrik di kawasan ini. Laporan tahun 2018 menyatakan, hampir 14.000 ha dari 173.032 ha luas Kabupaten Karawang dijadikan daerah industri.

Untuk mendukung pertumbuhan industri di Karawang, Pemkab Karawang sudah menyiapkan banyak biaya untuk meningkatkan infrastruktur seperti prasarana jalan, jembatan, dan drainase serta meningkatkan ketertiban, keamanan, dan kenyamanan transportasi. Di sisi lainnya, pemerintah pusat juga mendukung perkembangan kota Karawang dengan pembangunan berbagai sarana yang melintasi kawasan, seperti kereta ekspres Jakarta-Bandung, Bandara Kertajati, dan Pelabuhan Patimbang.

Tak hanya itu, pada proyek perencanaan Karawang New Industry City (KNIC) juga mendapatkan dukungan dari infrastruktur utama, seperti Tol Cikampek, LRT Jabodebek, Bandara Kertajati dan Pelabuhan Patimban. Atas kelebihan itulah, diharapkan pengelola kawasan nantinya bisa memberikan pelayanan optimal kepada investor, menguatkan hubungan kerja sama pemerintah dalam bidang usaha.

Dengan dibangunnya KNIC, diharapkan Jawa Barat akan maju dan memungkinkan berbagai industri untuk melakukan berbagai bisnisnya dengan lebih efisien. Sebagai pelaku usaha, area kota industri ini juga sudah dirancang sedemikian rupa untuk mempermudah Anda memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari hingga mencari hiburan dan beristirahat.

Apakah Anda tertarik menyewa gudang di Karawang ?


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi