JENIS PERUSAHAAN YANG ADA DI INDONESIA

Perusahaan merupakan organisasi berbadan hukum yang melangsungkan transaksi serta usaha dengan tujuan untuk mencari keuntungan. Cara yang ditempuh pun bermacam-macam, mulai dari menghasilkan produk tertentu, mengolah bahan baku, menawarkan jasa, serta masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Lantas, apa saja jenis-jenis perusahaan di Indonesia? Ketahui 5 di antaranya di bawah ini!

Perusahaan Jasa

Salah satu jenis perusahaan yang banyak dimanfaatkan di Indonesia adalah perusahaan jasa. Industri ini menghasilkan keuntungan dengan cara menawarkan jasa kepada para pelanggan. Hasilnya, barang dagangan yang dijual oleh perusahaan jasa tidak berbentuk produk melainkan keterampilan.

Beberapa contoh jasa yang sering ditawarkan adalah fotografi, makeup, ojek online, konsultan, serta masih banyak lagi. Seluruh keahlian ini tidak menghasilkan produk melainkan keahlian yang dinikmati oleh pelanggan.

Perusahaan Agraris

Indonesia sebagai negara yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani, pekebun, serta nelayan mau tidak mau membuat perusahaan yang bergerak dalam bidang agraria. Hal ini bertujuan untuk menghubungkan para produsen dengan pelanggan.

Perusahaan inilah yang disebut sebagai perusahaan agraris di mana kemampuannya dari waktu ke waktu terus berkembang. Usaha lain yang dikembangkan oleh perusahaan jenis ini banyak yang bergerak mulai dari bidang tambak ikan hingga hortikultura. Jadi, jangan heran ketika negara lain, misalnya Selandia Baru telah menggunakan teknologi terbaru untuk mendukung perusahaan agraris.

Perusahaan Dagang

Tidak hanya itu, perusahaan dagang juga merupakan perusahaan lain yang populer di Indonesia. Perusahaan jenis ini merupakan sebuah bisnis dengan menjual produk tanpa melakukan pengubahan wujud produk yang sebelumnya telah didapatkan dari pihak pemasok.

Produk-produk tersebutlah yang dijual ke pelanggan untuk meraih keuntungan. Semakin banyak produk yang didapatkan dari pemasok, maka semakin murah pula biaya yang harus dikeluarkan sehingga hal ini berdampak pada keuntungan perusahaan.

Perusahaan Ekstraktif

Adapun pengertian perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang mengambil sumber daya alam secara langsung dan menjualnya kepada para pelanggan, baik dalam bentuk kelompok maupun pribadi.  Dengan kata lain, perusahaan jenis ini bukan pengelola sumber daya tapi hanya memasarkan bahan mentah untuk kemudian diolah.

Perusahaan ekstraktif sendiri berhubungan langsung dengan pemerintahan sehingga segala peraturan yang terkait perusahaan ini tergolong agak ketat. Beberapa contoh perusahaan di industri ini yaitu pertanian, penebangan kayu, dan pertambangan.

Perusahaan Manufaktur

Terakhir, perusahaan yang juga cukup besar keberadaannya di Indonesia adalah perusahaan manufaktur. Perusahaan manufaktur sendiri adalah sebuah industri yang mengelola fungsi barang mentah atau bahan baku menjadi sebuah produk yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Adapun contoh perusahaan manufaktur yang ada di Indonesia bergerak dalam industri makanan dan minuman, tekstil, komunikasi hingga transportasi. Secara singkat, keberadaan perusahaan manufaktur memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Itu tadi beberapa informasi yang perlu diketahui mengenai jenis-jenis perusahaan apa saja yang ada di Indonesia. Salah satu lokasi strategis untuk mendirikan perusahaan di Indonesia adalah di Karawang New Industry City (KNIC) yang juga aktif mengikuti perkembangan tren teknologi.

Kawasan yang terletak di Jawa Barat ini mengusung banyak kelebihan termasuk teknologi dan sistem yang terintegrasi kelas dunia sehingga kehadiran infrastruktur kelas dunia terlihat jelas di tempat ini.

Selain bertujuan untuk mendukung kinerja sebuah perusahaan manufaktur, KNIC juga hadir untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah serta menghadirkan Multiplier Effect yang berguna bagi perkembangan sosio-ekonomi di Karawang dan daerah-daerah di kawasan Jawa Barat.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi