Tax Incentives under PMK-153 for R&D Companies

Pada Februari 2023, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Keuangan mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 153 sebagai langkah lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 45. PMK-153 menawarkan insentif pajak baru bagi perusahaan yang bergerak dalam kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) di Indonesia.

Fasilitas utama yang ditawarkan adalah potongan biaya hingga 300%, terdiri dari 100% potongan biaya aktual dalam tahun bersangkutan, serta potongan tambahan maksimal 200%. Potongan tambahan ini dapat diperoleh melalui pencapaian hak kekayaan intelektual, termasuk paten atau hak perlindungan varietas tanaman (PVP), dan tahap komersialisasi.

Selain itu, perusahaan dapat menikmati potongan tambahan sebesar 25% jika kerjasama R&D dilakukan dengan lembaga R&D pemerintah atau perguruan tinggi di Indonesia. Penting untuk dicatat bahwa tahap komersialisasi dapat dilakukan oleh perusahaan lain, namun, potongan tambahan akan tetap dinikmati oleh perusahaan yang melakukan kegiatan R&D asalkan memenuhi persyaratan tertentu.

Terkait paten atau PVP, perusahaan yang melakukan kegiatan R&D harus mendaftarkan hak tersebut atas nama mereka sendiri atau bersama dengan perusahaan lain jika R&D dilakukan secara kolektif. Transaksi paten atau PVP sebelum masa perlindungan berakhir akan mengakibatkan potongan tambahan yang dinikmati dianggap sebagai pendapatan kena pajak.

Potongan tambahan 200% diterapkan pada biaya yang memenuhi syarat dalam lima tahun terakhir dari registrasi paten atau PVP atau mencapai tahap komersialisasi. Klaim potongan tambahan dapat diajukan mulai tahun registrasi atau komersialisasi, dengan batas maksimal 40% dari penghasilan kena pajak tahun tersebut, dan jika melebihi, dapat ditangguhkan untuk tahun fiskal berikutnya.

 

Sumber: PWC


Related Post

Potensi Pertumbuhan Pasar Otomotif di Indonesia

Potensi Pertumbuhan Pasar Otomotif di Indonesia

Inisiatif Kebijakan Kendaraan Listrik di Indonesia untuk Pembangunan Industri Lokal

Inisiatif Kebijakan Kendaraan Listrik di Indonesia untuk Pembangunan Industri Lokal

Ambisi Indonesia dalam Mengadopsi Kendaraan Listrik

Ambisi Indonesia dalam Mengadopsi Kendaraan Listrik