Tren Manufaktur Tahun 2019 di Indonesia yang Wajib Diketahui

Industri manufaktur terus berkembang pesat di Indonesia. Pada tahun 2019, industri manufaktur diproyeksikan meningkat jika dibandingkan pada tahun sebelumnya. Kenaikan ini dapat dicapai apabila produsen atau perusahaan manufaktur Indonesia dapat meningkatkan produksi mereka.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan produksi produsen nasional dengan cara mengikuti berbagai perubahan dan perkembangan tren dalam industri manufaktur nasional agar perusahaan manufaktur dapat bersaing dengan produsen-produsen dalam negeri. Berikut ini adalah lima tren manufaktur Indonesia yang akan menjadi pilihan untuk meningkatkan produksi industri tahun ini:

Mobile ERP

Tren manufaktur Indonesia yang bisa digunakan adalah mobile ERP. Selanjutnya, ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah aplikasi yang dapat mengatur keuangan, pengadaan barang, mengatur produksi, sumber daya manusia, dan lain-lain. Sistem ini dapat memberikan informasi secara akurat dan real time atau secara langsung.

Perusahaan dapat menggunakan teknologi ERP untuk menyediakan akurasi data yang lebih besar, mengurangi penundaan produksi, dan mengoptimalkan efisiensi operasional. Melalui teknologi, perusahaan manufaktur dapat lebih mudah mengakses laporan penjualan, mengecek stok bahan baku dan produk barang jadi, memberikan jadwal pemeliharaan aset, memonitor jalur pengiriman barang dan beberapa pekerjaan lainnya.

Lebih lanjut, teknologi ERP yang berbasis cloud bisa menjadi pilihan software yang lebih murah dan mudah untuk digunakan jika dibandingkan dengan ERP on premise. Dengan harga yang terjangkau inilah yang membuat teknologi ini semakin banyak digunakan oleh banyak perusahaan.

3D Printing

Salah satu tren manufaktur Indonesia yang akan digunakan pada tahun ini adalah 3D printing. Teknologi yang satu ini dinilai efektif untuk membuat rapid prototyping, kemudian penggunaan teknologi ini diperkirakan akan terus meningkat pada tahun ini. Selain efektif untuk membuat rapid prototyping, teknologi ini juga dapat membantu meningkatkan efisiensi departemen penelitian dan pengembangan (Research and Development) perusahaan manufaktur.

Sebelum membuat produk baru, perusahaan manufaktur perlu membuat prototipe, teknologi 3D printing akan memudahkan perusahaan dalam membuat prototipe. Sebelum ada teknologi 3D printing, prototype dibuat dengan menggunakan tangan atau alat cetakan yang membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama.

AI & Machine Learning

Tren manufaktur Indonesia yang akan digunakan berikutnya adalah Artificial Intelligence dan Machine Learning. Artificial Intelligence adalah teknologi kecerdasan buatan yang dapat terus belajar dari data-data eksternal. Kombinasi AI dan Machine Learning dapat memudahkan perusahaan untuk mengelola volume data, menghasilkan data yang mudah dibaca dan dapat memberikan solusi yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen, meningkatkan efisiensi perusahaan, dan membantu melakukan identifikasi peluang bisnis baru.

Menggunakan IoT

Tren manufaktur Indonesia yang akan digunakan untuk meningkatkan produksi perusahaan adalah tren IoT atau (Internet of Things). IoT atau Internet of Thing (IoT) adalah sebuah teknologi dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer.

Dengan menggunakan teknologi Internet of Things atau IoT, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi produksi, mengurangi risiko kegagalan pada proses produksi, dapat mengatasi masalah sebelum terjadi , dan dapat memberikan jadwal kapan mesin memerlukan pemeliharaan sebelum pada akhirnya rusak.

Saat ini para penyedia teknologi IoT sedang gencar untuk memasarkan produk generasi terbaru mereka yaitu teknologi 5G yang dapat memberikan peningkatan dalam kecepatan download dan pengurangan waktu delay.

Nah, itulah 4 tren manufaktur Indonesia yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan produksi perusahaan manufaktur Anda. Salah satu aspek yang juga dapat meningkatkan produksi perusahaan manufaktur Anda adalah dengan cara memilih kawasan strategis untuk memilih tempat membangun perusahaan manufaktur. Salah satu tempat strategis untuk membangun gudang atau perusahaan manufaktur adalah Karawang New Industry City.

Berlokasi strategis dekat dengan ibu kota Jakarta serta memiliki 6 akses infrastruktur mulai dari LRT Jabodetabek, jalan tol Trans Jawa, tol Jakarta-Cikampek, kereta cepat Jakarta-Bandung, bandara internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban membuat KNIC lokasi yang cocok untuk membangun gudang Industri.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi