Meningkatkan Efisiensi Proses Produksi

cara meningkatkan efisiensi untuk proses produksi

Tingginya tingkat pemborosan yang sering kali terjadi di industri manufaktur memerlukan sebuah langkah untuk mengurangi hal tersebut. Pasalnya, industri manufaktur lebih mempertimbangkan pengeluaran sumber daya yang ada untuk memperoleh nilai ekonomis dari pelanggan. Lantas, seperti apa cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan efisiensi proses produksi? Simak 5 langkahnya di bawah ini!

Cari Tahu Area yang Sering Boros

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memperkuat kemampuan dalam proses produksi di sebuah industri adalah dengan mencari tahu bagian mana yang sering menjadi penyebab pemborosan. Pasalnya, jika dibiarkan secara terus menerus, maka akan menguras banyak anggaran.

Hal ini bisa saja terjadi pada pengelolaan inventaris, ketidaksesuaian produksi barang dengan permintaan pelanggan, hingga banyaknya penundaan yang terjadi pada proses produksi sehingga menghabiskan lebih banyak waktu dan anggaran yang ada.

Kelola Persediaan dengan Baik

Untuk mengefisiensikan sebuah proses produksi, maka setiap perusahaan wajib untuk melakukan pengelolaan persediaan barang dengan baik. Hindari untuk menyimpan stok barang baik bahan baku, bahan yang sedang tahap produksi, serta barang jadi secara berlebihan.

Langkah ini bertujuan untuk mengurangi risiko barang yang cacat, rusak, serta barang yang tidak layak untuk dijual. Caranya, pastikan untuk memprediksi kebutuhan dengan mengetahui jumlah serta jenis stok barang yang disimpan.

Bagi Pekerjaan Besar Menjadi Pekerjaan Kecil

Selain itu, berbagai pekerjaan-pekerjaan besar ada baiknya dibagi ke dalam pekerjaan kecil. Hal ini disebabkan oleh perbedaan waktu yang akan dihabiskan untuk setiap pekerjaan. Semakin besar sebuah pekerjaan, semakin panjang waktu yang dibutuhkan.

Maka dari itu, ada baiknya membagi pekerjaan besar menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil. Dengan begini, pekerjaan pun lebih ringan dan menghemat biaya yang harus dikeluarkan.

Lakukan Analisis Proses Karyawan

Salah satu cara meningkatkan efisiensi proses produksi adalah dengan aktif melakukan analisis proses terhadap para karyawan. Hal ini dapat ditempuh dengan menugaskan seluruh pengawas di setiap bidang produksi untuk melakukan pengawasan dan penilaian terhadap setiap karyawan.

Hasilnya, akan diperoleh data terkait peningkatan kinerja dan mutu sebuah lini produksi. Selain itu, sebuah perusahaan juga perlu menetapkan target mana yang harus dicapai untuk setiap karyawan sehingga akan terjadi daya saing yang berdampak pada kemampuan menghasilkan barang.

Tentukan Jadwal Pemeliharaan

Terakhir, periksa segala peralatan dan mesin manufaktur secara rutin. Dengan menentukan jadwal pemeliharaan, maka perusahaan bisa menghindari terjadinya pemborosan dan ketidakefektifan kinerja alat produksi. Pasalnya, pembelian mesin dan peralatan justru akan menghabiskan banyak anggaran.

Salah satu gudang produksi di Indonesia yang rutin melakukan pemeriksaan dan evaluasi kinerja berada di Karawang New Industry City (KNIC), Jawa Barat. Kawasan strategis ini merupakan tempat untuk investasi properti di bidang industri dengan beragam pabrik dan gudang serta teknologi tinggi.

Ada berbagai alasan kenapa KNIC merupakan pilihan tepat bagi industri manufaktur. Beberapa di antaranya yakni lokasi strategis yang dekat dari jalan tol, LRT Jabodetabek, stasiun kereta, bandar udara, dan pelabuhan. Lokasi strategis ini pun memudahkan pengiriman barang ke mana-mana.

KNIC sendiri pada dasarnya merupakan sebuah kota industri yang terintegrasi kelas dunia sehingga kehadiran infrastruktur kelas dunia tampak jelas di tempat ini. Tidak hanya itu, untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur, KNIC juga hadir untuk membantu percepatan pertumbuhan ekonomi daerah serta menghadirkan Multiplier Effect yang berguna bagi perkembangan sosio-ekonomi di Karawang dan daerah-daerah di sekitarnya.


Tags: Productivity

Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi