Apa Saja Faktor Penting Dalam Memilih Kawasan Industri ?

Beberapa Fasilitas Penunjang Karawang New Industry City di Koridor Beka

Kawasan industri merupakan sebuah area yang dialokasikan untuk pengembangan industri yang dimana area ini berbeda dengan area area yang lainnya, karena kawasan industri itu sendiri memang dibangun khusus untuk fokus terhadap bisnis industri.

Di Asia, kawasan industri kerap menjadi area yang tidak akan terpisahkan di beberapa negara, karena tujuan membangun kawasan industri itu sendiri adalah untuk lebih memudahkan Investasi masuk ke negara-negara tersebut.

Untuk di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam kawasan industri, karena terdapat berbagai macam juga industri yang ada di Indonesia. Industri-industri ini tentu memerlukan kawasan industri sebagai tempat melakukan segala kegiatan yang harus dijalani olen bisnis industri tersebut. Namun untuk memilih kawasan sebagai tempat bisnis Industri tersebut dijalankan tidaklah cukup dengan asal memilih lahan yang luas. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan.

Berikut ini 3 diantaranya yang merupakan faktor penting kawasan industri yang dapat membantu memajukan industri jika anda saat ini memiliki usaha skala industri

Memiliki Akses Transportasi Yang Baik

Kawasan industri yang dapat mendukung kegiatan Industri anda dengan baik selain mempertimbangkan lokasi yang strategis, tentunya adalah kawasan industri yang memiliki akses transportasi yang baik juga. Seperti misalnya kemudahan akses menuju Jalan raya, Jalan Umum, Jalan tol, Stasiun Kereta dan sebagainya.

Seperti contoh mengapa akses menuju jalan umum tetap diperhitungkan adalah agar kita dapat memastikan Industri dekat dengan jalan yang hidup. Untuk itulah memiliki akses transportasi yang baik merupakan faktor yang penting untuk dipertimbangkan sebagai perhitungan dalam memilih kawasan industri untuk sebuah industri itu sendiri.

Akses transportasi adalah pertimbangan yang harus diperhitungkan sebelum memutuskan memilih kawasan industri untuk industri anda.

Terdapat Layanan infrastruktur

Faktor terpenting lainnya dalam memilih kawasan untuk sebuah industri selain memiliki akses transportasi yang baik, juga sebaiknya kawasan tersebut harus terdapat fasilitas publik dan layanan infrastruktur.

Seperti terdapat infrastruktur pasokan listrik bertenaga tinggi dan tersedia infrastruktur yang mendukung pengadaan air bersih di kawasan tersebut sehingga kebutuhan Industri dalam penggunaan tenaga listrik, pengadaan koneksi internet yang stabil serta air yang layak digunakan oleh manusia yang ada di industri tersebut dapat terpenuhi dengan baik.

Hal ini sangat penting agar berjalannya sebuah industri dapat dilalui dengan lancar disetiap harinya. Seperti kita ketahui, bahwa saat ini Industri perkembangan teknologi telah mencapai Industri 4.0 yang dimana jaringan listrik serta internet tentu sangat diperlukan bagi sebuah industri.

Jadikanlah layanan infrastruktur yang terdapat pada kawasan industri ini sebagai pertimbangan saat ingin memilih kawasan untuk bisnis industri yang anda jalani.

Kawasan Yang Terintegrasi

Memilih kawasan industri sebaiknya tidak sekedar mempertimbangkan adanya area seperti area antar jemput penumpang dan tempat parik saja. Namun kawasan Industri yang dipilih juga kawasan yang telah terkemas sedemikian rupa sehingga menjadi kawasan yang terintegrasi (one stop public service).

Memilih Kawasan industri yang memungkinkan untuk bisnis industri menyediakan hunian, perkantoran atau perdagangan, bahkan hingga ke pelayanan umum seperti pasar tradisional/modern, rumah sakit, dan sekolah dapat dipertimbangkan juga oleh para pemilik bisnis industri.

Memutuskan untuk meletakan bisnis industri di area dengan tata kawasan beragam, yaitu pencampuran seimbang antara peruntukan dan kegiatan dalam satu kawasan, misal hunian, kantor, perdagangan ritel dan manufaktur pastinya akan membuat aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan jarak dekat dan dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki.

Terkoneksinya sebuah kawasan industri dapat membuat jalan disekitarnya dapat terus hidup. Kawasan seperti ini selain membentuk lingkungan yang manusiawi juga memberikan rasa aman.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi