Istilah perdagangan bebas, pasar bebas, atau pasar terbuka tentu sering terdengar di publik terutama beberapa tahun belakangan. Wacana agar Indonesia segera mengikuti perdagangan bebas pun sudah diusung oleh berbagai pihak sejak lama, meski masih ada pro dan kontra yang mengikuti. Ada pihak yang berpendapat bahwa Indonesia sudah harus menerapkan perdagangan bebas sekarang, dan ada juga yang berpendapat bahwa negara kita belum siap untuk mengikutinya.

Bagaimanapun seperti kebijakan ekonomi lainnya, perdagangan bebas memiliki keuntungan dan kerugian yang akan kita bahas pada pembahasan kali ini. Pada dasarnya, perdagangan bebas adalah kemudahan  bagi para pelaku usaha untuk menjual produknya ke luar negeri tanpa adanya hambatan perdagangan. Hambatan perdagangan ini mencakup kebijakan pemerintah suatu negara mengenai pajak, kuota impor, bea cukai, dan lain sebagainya yang dibuat untuk menghambat produsen luar negeri dalam menjual produknya.

Produk yang dijual bukan saja terbatas pada barang atau jasa, namun juga termasuk pada tenaga kerja dan arus modal yang mereka miliki. Jadi dengan adanya perdagangan bebas, perusahaan dari suatu negara bisa mendirikan cabang perusahaannya di negara lain. Tenaga kerja dari suatu negara juga bisa mencari kerja di negara lain dengan sedikit atau bahkan tanpa hambatan.

Ilustrasi sederhana dari perdagangan bebas adalah pasar yang bisa dimasuki menjadi lebih luas dan melewati batas-batas teritorial suatu negara.

Keuntungan Perdagangan Bebas

Dari penjelasan mengenai perdagangan bebas diatas, kita dapat mengetahui bahwa terdapat keuntungan dan kerugian dari penerapan kebijakan tersebut pada suatu negara. Namun, disini hanya akan dibahas keuntungan perdagangan bebas seperti:

Memenuhi Kebutuhan Suatu Negara

Salah satu keuntungan perdagangan bebas adalah dapat memenuhi kebutuhan suatu negara. Perdagangan bebas memungkinkan terpenuhinya kebutuhan suatu negara dari produk yang dijual oleh pelaku usaha negara lain. Produk tersebut bisa saja selama ini tidak tersedia di negaranya, namun produsen di negara lain membuat atau memilikinya lalu menjualnya.

Tentu saja tanpa adanya perdagangan bebas pun tetap bisa dilakukan jual beli antar negara, namun dengan harga jual yang lebih mahal. Sedangkan dengan diterapkannya perdagangan bebas, suatu negara bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan dengan harga yang lebih terjangkau.

Meningkatkan Kualitas Produk

Salah satu keuntungan perdagangan bebas adalah dapat meningkatkan kualitas produk. Perdagangan bebas memicu para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produksi karena adanya persaingan yang lebih luas, yaitu pasar internasional. Agar bisa bersaing dan bertahan di sektor tersebut, para pelaku usaha harus membuat terobosan yang inovatif dan kreatif, serta meningkatkan kualitas.

Dengan begitu, produk yang dihasilkan oleh para pelaku dari suatu negara pun semakin tinggi kualitasnya dan siap bersaing di pasar global. Ternyata persaingan tidak selalu buruk terhadap produk di dalam negeri, karena ketika terdapat persaingan mau tidak mau produsen dalam negeri harus meningkatkan kualitasnya agar dapat bersaing.

Memperluas Lapangan Kerja

Salah satu keuntungan perdagangan bebas adalah memperluas lapangan kerja. Seperti yang telah diuraikan pada bagian sebelumnya bahwa perdagangan bebas bukan hanya terpaku pada barang atau jasa, namun juga tenaga kerja dan modal. Jadi perusahaan luar yang ingin mendirikan cabang di negara lain bisa menyerap tenaga kerja yang ada di negara tersebut sehingga mengurangi jumlah pengangguran.

Selain itu, tenaga kerja yang kompeten juga bisa mendapatkan pekerjaan di negara lain dan tidak terbatas hanya di negaranya saja. Jadi perdagangan bebas juga tidak hanya membantu negara akan tetapi juga membantu sumber daya masyarakatnya itu.

Itulah definisi dan keuntungan perdagangan bebas. Dengan datangnya serangan perdagangan bebas, berarti produsen dalam negeri juga harus meningkatkan produksinya juga. Perluasan sektor juga diperlukan untuk meningkatkan produksi.

Salah satu pusat kawasan industri terbesar di Jawa Barat adalah Karawang New Industry City. Sebagai salah satu kawasan industri di Jawa Barat, KNIC merupakan kawasan industri yang sudah menggunakan teknologi terbaru yang berguna untuk meningkatkan produksi.


Tags: Export Import

Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi