Pemilihan Lokasi Pabrik Manufaktur yang Tepat

Setelah pabrik dibangun, akan sulit untuk menjual atau memindahkannya untuk lokasi pabrik yang baru. Memilih lokasi pabrik kemungkinan merupakan keputusan yang paling penting dalam rencana bisnis perusahaan. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi pabrik manufaktur, beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi pabrik manufaktur seperti:

Geografi Lokal dan iklim

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi pabrik adalah geografi lokal dan iklim. Wilayah suatu negara sering di identifikasi oleh geografi lokal, ditandai dengan berada di pegunungan, dekat pantai, atau di dataran. Geografi lokal mencakup topologi dan drainase serta kondisi tanah, yang semuanya berdampak pada biaya konstruksi dalam satu atau lain cara.

Iklimnya juga berbeda-beda menurut kedekatannya dengan topologi dan kedekatan yang berbeda dengan badan air yang besar atau ruang terbuka yang luas. Pembangunan pabrik manufaktur harus sesuai dengan keadaan alam sekitar.

Masalah Lingkungan dan Ekologis

Hal lain  yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi pabrik adalah masalah lingkungan dan ekologis. Perusahaan harus mempertimbangkan tentang pembuangan limbah agar tidak mencemari lingkungan. Pembuangan limbah pabrik seperti debu, racun, logam harus diperhatikan agar tidak mencemari lingkungan.

Jarak

Tidak kalah penting  juga untuk mempertimbangkan jarang dalam pemilihan lokasi pabrik. . Ketika perusahaan memilih lokasi untuk membangun pabrik baru, perusahaan harus mempertimbangkan implikasi dari infrastruktur dan geografi terdekat untuk peralatan dan pengiriman material. Masalah yang sama harus dipertimbangkan terkait pengadaan dan pengiriman bahan mentah, kedekatan dengan pasar, ketersediaan tenaga kerja, infrastruktur rantai suplai, dan logistik.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam jarak seperti seberapa jauh lokasi vendor dari pabrik? Seberapa jauh perusahaan perlu mengangkut barang jadi ke gudang dan pusat distribusi? Dapatkah menjangkau pelanggan dengan mudah dan hemat biaya?

Potensi Ekspansi

Tentu harus dipertimbangkan juga dalam memilih lokasi pabrik adalah potensi ekspansi. Setiap membangun pabrik, perusahaan pasti ingin melihat ke masa depan perusahaan. Kondisi dan peraturan akan terus berubah, dan kondisi ekonomi berfluktuasi tetapi ketika ingin membangun lokasi pabrik harus mempertimbangkan fasilitas manufaktur dan potensi perluasan fasilitas.

Jika perusahaan membeli sebidang tanah yang dikurung di semua sisi, terbatas pada fasilitas ukuran yang pertama kali perusahaan bangun. Jika pabrik membutuhkan lebih banyak ruang di masa depan, perusahaan harus mencari tanah atau lokasi yang dapat di ekspansi karena jika mencari tanah baru kemudian membangun dari awal lagi akan memakan waktu dan biaya.

Itulah beberapa hal atau poin yang dibutuhkan dalam menentukan atau mempertimbangkan lokasi pabrik yang tepat untuk perusahaan. Membuat pabrik manufaktur sukses dalam waktu jangka panjang membutuhkan banyak dukungan internal. Selain itu dukungan dari pihak eksternal seperti pemerintah sangat penting untuk dapat meningkatkan proses pertumbuhan bisnis.

Salah satu kawasan industri yang memiliki infrastruktur lengkap adalah Karawang New Industrial City (KNIC). Berlokasi di pusat kawasan industri Jawa Barat membuat kawasan industri ini memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari transportasi, sumber tenaga hingga teknologi terbaru.

Terdapat beberapa pabrik Karawang yang aktif di daerah Karawang Jawa Barat. Beberapa pabrik Karawang meliputi pabrik otomotif, air minum dalam kemasan, elektronik, dan kebutuhan rumah tangga. Pabrik karawang sudah terkenal kualitasnya hingga dapat mengekspor produk hingga ke beberapa negara.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi