Perkembangan industri di Indonesia semakin pesat, saat ini banyak industri yang bermunculan untuk memenuhi kebutuhan permintaan masyarakat. Saat ini, banyak produk indonesia yang telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia dan melakukan ekspansi demi memenuhi permintaan masyarakat Indonesia. Terdapat beberapa industri di Indonesia mulai dari industri kreatif, industri tekstil, industri kecantikan, dan industri manufaktur.

Industri manufaktur adalah industri yang berfokus pada salah satu bisnis yang menghasilkan beberapa macam produk mulai dari produk jadi atau produk setengah jadi. Jika Anda ingin mengetahui ciri-ciri perusahaan manufaktur, anda bisa simak infonya berikut ini:

Pendapatan Berasal dari Penjualan

Ciri-ciri perusahaan manufaktur yang pertama adalah pendapatan perusahaan umumnya berasal dari penjualan produk berupa barang. Barang yang dijual bermacam-macam mulai dari barang setengah jadi hingga barang yang sudah jadi seperti peralatan rumah tangga, makanan dan minuman, hingga produk pembersih rumah tangga.

Perusahaan manufaktur mendapatkan pendapatan utama dari penjualan barang yang dihasilkan perusahaan manufaktur tersebut.

Memiliki Persediaan Fisik

Ciri perusahaan manufaktur berikutnya adalah perusahaan manufaktur memiliki persediaan produk fisik. Pada umumnya, perusahaan manufaktur menjual barang-barang berbentuk fisik yang dapat dilihat dan diraba. Persediaan berbentuk fisik pada perusahan manufaktur bisa berupa persediaan barang jadi yang siap untuk dijual atau bahan mentah atau bahan yang berbentuk setengah jadi.

Perusahaan manufaktur menerapkan sistem pencatatan dengan metode tertentu untuk menghitung pembelian dan pemakaian bahan baku karena persediaan produk tidak sedikit. Selain melakukan pengecekan pada persediaan dan pemakaian bahan baku, produk-produk yang telah dihasilkan juga harus tetap dicatat dan diawasi.

Perusahaan harus memperhatikan pencatatan dengan cermat dan teliti. Pasalnya, pendapatan perusahaan berasal dari penjualan produk dan barang, jadi jika terdapat kesalahan pencatatan barang atau terdapat barang yang hilang akan merugikan perusahaan.

Aktivitas Manufaktur

Salah satu ciri perusahaan manufaktur adalah terdapat aktivitas manufaktur. Selanjutnya, aktivitas manufaktur yang biasanya dilakukan adalah mengolah bahan baku atau barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang siap untuk dijual ke konsumen atau pelanggan.  Jika tidak ada produksi pada perusahaan manufaktur, mustahil perusahaaan manufaktur untuk bisa berjalan.

Biaya Produksi Meliputi Biaya Bahan Baku, Tenaga Kerja, dan Overhead

Ciri perusahaan manufaktur berikutnya adalah biaya produksi meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik (BOP). Biaya bahan baku merupakan biaya pemakaian barang mentah sebagai bahan utama yang kemudian melalui tahap proses produksi. Selanjutnya, biaya tenaga kerja adalah biaya yang dikeluarkan untuk tenaga seluruh karyawan yang terlibat dalam proses produksi, baik karyawan yang berasal dari karyawan operasional dan karyawan manajerial. Yang terakhir adalah biaya overhead pabrik (BOP) merupakan biaya yang timbul atas pemakaian bahan penolong atau biaya tidak langsung lainnya.

BOP atau biaya overhead operasional tetap harus dibebankan atau dikeluarkan karena biaya ini memberikan kelancaran pada proses produksi, meski tidak terserap secara langsung pada produk. Contoh biaya overhead pabrik atau BOP adalah biaya pengawasan mesin pabrik, biaya telepon, biaya listrik dan biaya lainnya.

Nah, itulah 4 ciri-ciri perusahaan manufaktur. Untuk mendukung aktivitas manufaktur perusahaan, ada baiknya perusahaan manufaktur membangun perusahaan di area kawasan industri yang strategis untuk mendukung performa perusahaan manufaktur. Salah satu tempat strategis untuk membangun gudang atau bisnis manufaktur adalah Karawang New Industry City.

Berlokasi strategis dekat dengan ibu kota Jakarta serta memiliki 6 akses infrastruktur mulai dari LRT Jabodetabek, jalan tol Trans Jawa, tol Jakarta-Cikampek, kereta cepat Jakarta-Bandung, bandara internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban membuat KNIC lokasi yang cocok untuk membangun gudang Industri.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi