Merawat Mesin Manufaktur Agar Tidak Cepat Rusak

Easy Ways to Maintain your Manufacturing Machines Function Well-1

Mesin manufaktur adalah jantung produksi, ketika mesin manufaktur rusak, maka seluruh kegiatan perusahaan manufaktur juga akan berhenti. Proses ini bernama downtime. Oleh karena itu, menjaga dan merawat mesin produksi sangat penting agar mencegah kerusakan sebelum terjadi. Proses produksi bisa terus terjaga dan tidak ada gangguan jika mesin produksi dalam keadaan yang baik.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat mesin manufaktur agar dapat berfungsi dengan baik. Beberapa cara yang cukup efektif untuk merawat mesin manufaktur, seperti:

Sediakan Spare Parts

Salah satu cara merawat mesin manufaktur adalah dengan cara menyediakan spare parts yang berkualitas. Menyediakan spare parts yang berkualitas memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun, hal ini jauh lebih baik jika dibandingkan harus memperbaiki mesin manufaktur yang sudah rusak.

Perusahaan bisa mencegah kerusakan dengan menyediakan spare parts mesin manufaktur yang berkualitas. Ketika Anda menyediakan spare parts berkualitas terdapat tanda-tanda kerusakan, Anda dapat langsung menggantinya.

Latih Operator Mesin

Cara merawat mesin manufaktur berikutnya adalah dengan cara melatih operator mesin yang digunakan. Pasalnya, tidak sedikit kerusakan mesin terjadi akibat operator mesin yang salah mengoperasikan mesin manufaktur atau yang biasa disebut human error.

Human error bisa menyebabkan kerugian paling besar di perusahaan. Penyebabnya adalah kurangnya atau minimnya pengetahuan sang operator dalam mengoperasikan mesin. Oleh karena itu, melakukan pelatihan pada operator atau karyawan secara berkala memang sangat penting.

Ketika operator mesin manufaktur mengerti dan paham tentang mesin manufaktur. Risiko kerusakan mesin manufaktur akan menurun.

Lakukan Pengecekan Berkala

Pengecekan mesin secara berkala merupakan salah satu cara mudah merawat mesin manufaktur. Pengecekan atau inspeksi mesin manufaktur perlu dilakukan secara berkala. Pasalnya, dengan melakukan pengecekan mesin manufaktur secara berkala, perusahaan dapat mendeteksi tanda-tanda kerusakan lebih awal, dan dapat mengurangi risiko kerusakan yang terjadi.

Jika Anda atau perusahaan tidak bisa mengingat jadwal pengecekan setiap mesin manufaktur, perusahaan bisa menggunakan software manajemen aset untuk bisa memberikan jadwal pengecekan dan jadwal servis mesin secara rutin.

Update Firmware

Salah satu cara mudah merawat mesin manufaktur adalah dengan cara melakukan update firmware. Saat ini, sebagian perusahaan manufaktur di dunia telah menggunakan mesin yang terkomputerisasi. Teknologi ini berfungsi untuk memudahkan jalannya proses produksi.

Software dan firmware akan memudahkan Anda untuk mempermudah proses kerja. Oleh karena itu, pastikan Anda terus update mesin manufaktur Anda untuk menghindari proses downtime.

Nah, itulah cara mudah merawat mesin manufaktur agar tidak cepat rusak. Jika Anda ingin membangun perusahaan manufaktur ada baiknya Anda mencarinya di kawasan industri yang memiliki fasilitas lengkap dan memiliki lokasi strategis karena dekat dengan jalur transportasi.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City (KNIC). Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun gudang dan menyewa gudang.

Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban.

Selain itu KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur. 


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi