How to Plan a Manufacturing Production Process in Indonesia

Tuntutan perencanaan proses produksi manufaktur yang tepat ikut meningkat seiring tingginya permintaan konsumen. Dunia manufaktur terus berkembang seiring berkembangnya teknologi dan menuntut proses perencanaan produksi lebih cepat dan efektif. Terlebih, teknologi manufaktur memerlukan sumber daya dan manajemen yang tepat agar dapat memenuhi permintaan pelanggan dalam jangka waktu yang lebih singkat.

Namun, ternyata tidak semua perusahaan paham dengan perencanaan proses produksi manufaktur yang tepat. Sebagian perusahaan umumnya hanya berfokus pada bagaimana cara untuk memproduksi barang lebih cepat tanpa mempertimbangkan koordinasi antar pekerja dan komponen lain dalam sebuah perusahaan manufaktur.

Agar proses produksi bisa berjalan lancar ada beberapa tahap perencanaan proses produksi manufaktur yang harus dilakukan, seperti:

Menetapkan Kapasitas dan Prioritas Produksi

Jika perusahaan ingin perencanaan proses produksi manufaktur berjalan lancar, perusahaan harus bisa menentukan kapasitas dan prioritas produksi. Perusahaan harus tahu dapat memproduksi berapa banyak barang dalam waktu sehari maupun sebulan. Jika perusahaan menerima pesanan di luar kapasitas, apa solusi yang bisa dilakukan.

Lebih lanjut, perusahaan harus menyiapkan back up jika ternyata mesin manufaktur yang digunakan untuk proses produksi rusak atau terdapat operator sakit. Semua kemungkinan yang dapat mempengaruhi proses produksi harus dipertimbangkan secara matang untuk menetapkan proses produksi.

Routing Yang Tepat

Perencanaan proses produksi manufaktur yang tepat perlu melakukan routing. Routing berisi rangkaian produksi dan prosedur pada proses produksi. Lebih lanjut, rangkaian produksi dimulai dari masuknya bahan mentah, peralatan, mesin produksi yang digunakan, hingga menjadi barang jadi atau finished product.

Membuat routing yang tepat tentu akan mempengaruhi waktu produksi. Jika Anda tidak merencanakan routing dengan tepat, proses manufaktur akan terganggu.

Memperbarui Perangkat Produksi

Faktor lain yang mempengaruhi perencanaan proses produksi manufaktur adalah dengan cara memperbarui perangkat produksi. Menggunakan perangkat tradisional yang tidak terhubung dengan sistem tentu akan sulit digunakan dalam hal memprediksi hasil produksi.

Oleh karena itu, perusahaan harus berani investasi dalam memperbarui perangkat produksi. Perangkat yang lebih canggih dan terhubung dengan sistem akan memudahkan proses produksi serta akan menghemat waktu dan biaya.

Melakukan Pemeliharaan Perangkat Produksi Secara Berkala

Faktor untuk memperlancar perencanaan proses produksi manufaktur adalah dengan melakukan pemeliharaan perangkat produksi secara berkala. Melakukan pemeliharaan atau servis memiliki banyak manfaat seperti mengecek keadaan mesin manufaktur dan mencegah kerusakan pada mesin.

Lebih lanjut, lebih baik mencegah kerusakan mesin daripada memperbaiki mesin produksi yang rusak, karena biaya memperbaiki mesin yang rusak lebih besar daripada mencegah mesin yang rusak. Jika mesin rusak tidak hanya mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya, tetapi proses produksi perusahaan juga bisa terganggu karenanya.

Nah, itulah cara melakukan perencanaan proses produksi manufaktur agar proses cepat. Jika Anda ingin membangun perusahaan manufaktur ada baiknya Anda mencarinya di kawasan industri yang memiliki fasilitas lengkap dan memiliki lokasi strategis karena dekat dengan jalur transportasi.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City (KNIC). Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun gudang dan menyewa gudang.

Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban.

Selain itu KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur. 


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi