Cara Efektif Mengelola Peralatan Konstruksi

Menjalankan bisnis konstruksi memang tidak pernah mudah. Ada berbagai masalah yang kerap menghampiri dan menyebabkan perusahaan dapat kehilangan keuntungan. Salah satu di antaranya yakni peralatan konstruksi yang digunakan.

Hal ini disebabkan oleh harga yang harus dikeluarkan untuk pengadaan peralatan tersebut tidak murah sehingga dibutuhkan pengelolaan yang tepat. Lantas, bagaimana cara mengelola peralatan konstruksi yang ada? Berikut 5 langkah efektif yang dapat dilakukan!

Memusatkan Pengelolaan Permintaan dan Pengiriman Peralatan

Bagi perusahaan yang memiliki lokasi kerja yang berbeda-beda serta memerlukan peralatan untuk konstruksi setiap hari, ada baiknya jika mengelola permintaan dan pengiriman peralatan konstruksi secara terpusat.

Adanya manajemen inventaris yang baik akan memudahkan perusahaan untuk memonitor ketersediaan peralatan, menangani kebutuhan peralatan, hingga mengirimkannya ke setiap lokasi kerja perusahaan.

Mengenakan Biaya untuk Penggunaan Peralatan yang Dipinjam

Perlu diketahui bahwa setiap lokasi kerja mempunyai tantangan serta kebutuhan masing-masing yang berbeda. Hal ini pun penting untuk dipertimbangkan oleh perusahaan agar efektif dalam mengelola peralatan konstruksi yang digunakan.

Maka dari itu, ada baiknya mengenakan biaya untuk penggunaan peralatan yang dipinjam di lokasi tertentu, misalnya di daerah terpencil atau daerah dengan kepadatan proyek. Cara menentukan biaya tersebut harus disesuaikan dengan beberapa variabel yang ada seperti jam, hari, minggu, bulan, serta durasi waktu yang melewati batas.

Mengetahui Nilai yang Dihasilkan oleh Setiap Peralatan

Setiap perusahaan yang mempunyai peralatan konstruksi wajib untuk mengetahui nilai yang dihasilkan oleh setiap peralatan yang dipunya. Catat dengan baik alat-alat mana saja yang paling sering digunakan dan memberikan keuntungan besar bagi perusahaan.

Selain itu, ketahui pula setiap peralatan yang jarang digunakan. Hal ini bertujuan untuk mengontrol peralatan konstruksi secara lebih bijak sehingga perusahaan dapat membuat penggunaannya lebih efektif.

Memeriksa Ulang Setiap Peralatan yang Telah Digunakan

Terjadinya kerusakan pada peralatan konstruksi adalah sesuatu yang sulit untuk dihindari. Peralatan konstruksi tersebut bisa saja kembali dalam keadaan tidak normal sehingga hal ini tidak boleh dibiarkan secara terus menerus.

Pasalnya, keadaan ini justru akan merugikan perusahaan. Maka dari itu, ketika proses pengembalian peralatan terjadi pastikan untuk memeriksa ulang setiap peralatan konstruksi yang telah digunakan secara detail sebelum diangkut ke truk dan dikembalikan.

Menetapkan Jadwal Pemeliharaan Peralatan Konstruksi Secara Rutin

Terakhir, usia sebuah peralatan konstruksi dapat diperpanjang dengan menetapkan jadwal pemeliharaan peralatan. Setiap perusahaan patut untuk memiliki sistem manajemen aset secara tepat. Adanya jadwal pemeliharaan, perawatan, serta pemeriksaan secara rutin akan menjadikan peralatan konstruksi bekerja secara efektif dan terjaga dengan baik.

Di Indonesia, salah satu kawasan industri yang memiliki peralatan konstruksi yang dikelola secara efektif berada di Karawang New Industry City (KNIC), Jawa Barat. Kawasan ini juga menjadi lokasi yang tepat untuk investasi properti di bidang industri dengan beragam pabrik dan gudang serta teknologi tinggi.

Ada berbagai alasan kenapa KNIC merupakan pilihan tepat bagi industri manufaktur. Beberapa di antaranya yakni lokasi strategis yang dekat dari jalan tol, LRT Jabodetabek, stasiun kereta, bandar udara, dan pelabuhan. Lokasi strategis ini pun memudahkan pengiriman barang ke mana-mana.

KNIC sendiri pada dasarnya merupakan sebuah kota industri yang terintegrasi kelas dunia sehingga kehadiran infrastruktur kelas dunia tampak jelas di tempat ini. Selain itu, untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur, KNIC juga hadir untuk membantu percepatan pertumbuhan ekonomi daerah serta menghadirkan Multiplier Effect yang berguna bagi perkembangan sosio-ekonomi di Karawang dan daerah-daerah di sekitarnya.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi