Salah satu teknologi yang dapat meningkatkan performa perusahaan manufaktur adalah teknologi RFID (Radio Frequency Identification). Teknologi RFID adalah teknologi wireless yang sangat berguna untuk industri, khususnya bisnis perniagaan atau commerce. Teknologi ini menggunakan chip atau tag yang dapat ditempelkan atau ditanam dalam sebuah barang, hewan bahkan manusia.

Teknologi ini menggunakan gelombang radio untuk berkomunikasi antara objek yang telah ditanam tag dan reader untuk beberapa fungsi seperti mengecek objek atau barang, menyimpan informasi tentang objek tersebut, dan mengirimkan data. Tag RFID memiliki antena mini dan dilengkapi dengan chip yang dapat diprogram.

Reader RFID dikontrol oleh komputer tanpa memerlukan pembacaan seperti pada pembacaan barcode. Setiap chip memiliki frekuensi-frekuensi tersendiri yang telah diprogram sebelumnya. Teknologi RFID memiliki fungsi yang berbeda dalam setiap industri.

Salah satu industri yang bisa menggunakan teknologi RFID adalah industri manufaktur, kemudian lebih spesifiknya pada industri FMCG atau fast moving consumer goods. FMCG memiliki pasar yang pergerakannya paling cepat di seluruh negara. Dalam industri ini produk harus dicek beserta dihitung sudah berapa kali melewati proses manufaktur seperti tahap produksi, pembersihan, dan pengemasan produk.

Jika perusahaan belum menggunakan teknologi RFID, akan memakan waktu karena dilakukan secara manual. Dengan menggunakan teknologi RFID dan reader, perusahaan dapat menghitung semua barang dalam waktu beberapa detik. Keunggulan teknologi RFID jika dibandingkan dengan teknologi barcode adalah Anda tidak perlu memindai barang dibawah scanner untuk melakukan identifikasi pada barang Anda.

Hal ini tentu akan sangat menghemat waktu dan juga biaya. Selain identifikasi barang yang lebih cepat, chip pada tag RFID juga dapat menyimpan informasi jauh lebih banyak dibandingkan dengan teknologi label barcode, serta informasi tersebut juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses produksi Anda. Dengan begitu, perusahaan dapat memiliki pengetahuan yang akurat tentang mobilitas bahan baku dan waktu yang dibutuhkan untuk proses produksi tertentu.

Teknologi RFID juga dapat memberikan keuntungan dalam hal pemeliharaan dan perbaikan mesin. Para produsen dapat mengecek mesin mana yang sudah di servis dan mesin mana yang belum di servis. Tidak hanya pada proses manufaktur, teknologi RFID juga dapat digunakan pada manajemen gudang untuk mendeteksi dan mengelola pengiriman melalui kapal.

Selain beberapa contoh di atas terdapat beberapa produk makanan dan kosmetik yang menggunakan teknologi RFID untuk mengecek data inventaris secara online atau real time. Kemudian RFID juga dapat memberikan tanda jika stok barang Anda ternyata telah habis atau kadaluarsa.

Teknologi RFID juga dapat diaplikasikan pada troli di supermarket. Penggunaan tag RFID pada troli bertujuan untuk mendeteksi berapa jumlah troli yang lalu lalang. Hal ini sangat berguna untuk mengambil keputusan mengenai berapa banyak konter kasir yang perlu dibuka. Jika jumlah troli yang berlalu lalang cukup banyak, ini menjadi penanda bahwa konter kasir juga perlu dibuka lebih banyak.

Selain beberapa hal di atas, teknologi RFID juga digunakan pada bidang penyimpanan, transportasi serta akses control. Penggunaan teknologi RFID memang sangat memudahkan dalam setiap bidang industri khususnya industri manufaktur, karena proses pengecekan barang menjadi lebih cepat dan praktis.

Nah, itulah pengertian tentang apa itu teknologi RFID dan bagaimana cara mengoperasikannya. Teknologi sangat berguna untuk efisiensi waktu serta meningkatkan efisiensi rantai pasokan. Selain teknologi RFID, lokasi yang strategis juga dapat meningkatkan performa rantai pasokan.

Salah satu kawasan industri yang strategis adalah Karawang New Industry City. Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki 6 akses infrastruktur membuat KNIC menjadi lokasi yang cocok untuk membangun perusahaan manufaktur dan gudang manufaktur.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi