Manfaat  Stock Opname Bagi Perusahaan

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui tentang apa itu Stock Opname. Stock Opname adalah kegiatan menghitung secara fisik atas persediaan barang di gudang yang akan dijual. Umumnya, kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui secara pasti dan akurat untuk mencatat pembukuan yang merupakan fungsi dari internal control.

Kegiatan ini tentu akan banyak menyita waktu karena Anda akan benar-benar memeriksa secara langsung kondisi dan keadaan barang stok yang Anda. Oleh karena itu, perusahaan harus mengatur waktu secara efisien untuk dapat melakukannya.

Selanjutnya, untuk menghemat banyak waktu Anda bisa menggunakan teknologi Barcode. Pasalnya, Barcode dapat membantu perusahaan untuk mengurangi kesalahan pencatatan dan penghitungan barang. Stock Opname tidak hanya bisa diterapkan oleh perusahaan manufaktur tetapi bisa diterapkan hampir di semua tipe perusahaan. Berikut beberapa tujuan dan manfaat dari menggunakan Stock Opname:

Tujuan Stock Opname

Ada beberapa tujuan menggunakan kegiatan Stock Opname bagi perusahaan. Beberapa tujuan menggunakan Stock Opname adalah kas, aktiva, hutang dan piutang. Beberapa perusahaan menggunakan Stock Opname untuk mengecek persedian kas dan barang. Sedangkan, pada perusahaan manufaktur Stock Opname dilakukan untuk mengecek bahan baku, barang setengah jadi, dan barang jadi.

Pada perusahaan manufaktur biasanya kegiatan Stock Opname dilakukan oleh petugas audit yang memang ditugaskan untuk melakukan hal tersebut. Selanjutnya, karena memang ditugaskan untuk melakukan Stock Opname, petugas audit diharapkan untuk memberikan hasil yang maksimal.

Jika setelah melakukan Stock Opname terdapat selisih angka atau stock, perusahaan bisa melakukan kebijakan yang sesuai dengan peraturan perusahaan. Perusahaan bisa membuat jurnal untuk penyesuaian terhadap selisih angka.

Waktu Melakukan Stock Opname

Waktu dalam menjalankan Stock Opname berbeda-beda tergantung dari kebijakan perusahaan. Ada yang melakukan Stock Opname dalam periode bulanan atau sebulan sekali, triwulan atau tiga bulan sekali atau melakukan kegiatan dalam per kuartal atau 4 bulan. Namun, pada umumnya Stock Opname dilakukan pada waktu 3 hingga 4 bulan sekali karena proses melakukan Stock Opname memerlukan waktu yang tidak sedikit. Terlebih, Stock Opname juga memerlukan ketelitian yang tinggi.

Manfaat Stock Opname

Stock Opname memiliki banyak manfaat selain mengetahui jumlah barang yang ada di gudang. Berikut beberapa manfaat dari Stock Opname seperti:

  • Meminimalisir kesalahan terhadap barang, baik itu kelebihan maupun kekurangan.

  • Bisa mengetahui kesalahan barang hilang secara cepat sehingga mengurangi risiko terjadi stok barang kosong.

  • Bisa dijadikan sebagai analisis tahunan sebelum perusahaan bisa berkembang.

  • Dapat mengetahui arus keluar dan masuk barang secara pasti.

  • Dapat mengetahui kondisi stok barang secara pasti.

Nah, itulah pengertian dan manfaat dari menggunakan kegiatan Stock Opname. Selain itu, pemilihan lokasi pabrik makanan yang strategis tentu juga akan mengoptimalkan proses produksi makanan.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City (KNIC). Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun gudang dan menyewa gudang.

Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, BAndara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban. Selain itu KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur.

Beberapa fasilitas di atas dibutuhkan untuk dapat menjalankan kinerja perusahaan manufaktur secara maksimal dan efektif.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi