Karawang Menjadi Primadona Kawasan Industri Baru Selain Kawasan Industri di Bekasi
 

karawang dan bekasi kawasan industri terfavorit dan banyak pabrik dijual

Perkembangan industri di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Tak terkecuali di Karawang dan Bekasi. Bermunculan pabrik dijual di Bekasi dan Karawang ikut menjadi tanda bahwa kota tersebut masih sangat eksis untuk menjadi kawasan industri. Perkembangan industri di Indonesia bisa terjadi karena ekonomi Indonesia yang stabil, permintaan barang yang terus meningkat serta dukungan pemerintah untuk mengaplikasikan atau melaksanakan industri 4.0. Industri 4.0 diharapkan dapat meningkatkan kinerja dari berbagai industri yang terdapat di Indonesia. Industri 4.0 mengandalkan teknologi internet, robot dan data untuk memudahkan beberapa pekerjaan yang ada.

Industri 4.0 Telah Memudahkan Serta Meningkatkan Performa Berbagai Industri di Indonesia

Sebagai contoh laporan data penjualan yang biasanya harus dicetak dan diberikan kepada bagian keuangan, saat ini bisa dibuat server jadi tidak perlu harus bolak-balik memberikan data secara fisik. Selain contoh di atas, terdapat beberapa pekerjaan yang makin dipermudah dengan kehadiran internet dan industri 4.0.

Industri 4.0 diharapkan dapat membuat kinerja industri di Indonesia terus meningkat dan dapat bersaing di kancah internasional. Untuk dapat mewujudkan mimpi tersebut, pemerintahan pusat mendorong industri dalam negeri untuk terus melakukan peningkatan kinerja dan inovasi sejalan dengan implementasi industri 4.0.

Menurut Kementrian Perindustrian, “Inovasi terhadap model bisnis yang lebih efektif dan efisien merupakan hasil dari implementasi industri 4.0. Pengaplikasian industri 4.0 tentu akan mempercepat peningkatan sektor industri nasional.”

Beberapa teknologi yang digunakan dalam industri 4.0 adalah Information Communication Technology (ICT) dan Internet of Things (IoT).

Baca juga: 5 Strategi Yang Diperlukan Demi Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Pengertian Information Communication Technology (ICT) & Internet Of Things (IoT)

Merupakan teknologi yang memungkinkan perusahaan untuk mengerjakan berbagai dokumen secara online seperti pengolahan data, penyusunan, penyimpanan, serta manipulasi data secara efektif dan efisien. Perusahaan juga bisa mengontrol apakah laporan sudah benar atau masih perlu dilakukan revisi. Penerapan teknologi ICT ini tentu akan sangat menghemat waktu dan biaya operasional.

Penerapan teknologi Internet of Things (IoT) dapat membantu perusahaan untuk mengecek peralatan atau mesin yang digunakan dalam pabrik. Anda dapat melihat dan memperkirakan kapan mesin perlu diservis dan juga membuat jadwal maintenance dari beberapa peralatan dan mesin yang terdapat dalam pabrik Anda. Teknologi IoT tentu akan menghemat banyak biaya karena pencegahan peralatan yang rusak lebih murah daripada memperbaiki peralatan atau mesin yang sudah rusak. Penerapan IoT juga mengurangi risiko kegagalan atau failure rates pada operasional produksi pada perusahaan Anda.

Kawasan yang sudah menggunakan atau mengimplementasikan industri 4.0 adalah kawasan industri Karawang. Ada beberapa kompleks atau kawasan industri Karawang dan Bekasi seperti GIIC, MM2100, Kawasan Industri Jababeka, KITIK, KIIC, Deltamas, dan KNIC.

Terdapat banyak kawasan industri favorit di kawasan industri Karawang, salah satunya adalah Karawang New Industry City. Bagi Anda yang sedang mencari pabrik dijual, jika Anda ingin membangun perusahaan manufaktur atau gudang, ada baiknya Anda mencarinya di kawasan industri yang strategis karena dekat dengan jalur transportasi seperti Karawang New Industry City.

KNIC Menjadi Kawasan Industri Favorit di Karawang Dengan Berbagai Keunggulan

Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun perusahaan manufaktur, pabrik, dan Gudang. Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban. Memiliki akses yang dekat dengan beberapa moda transportasi tentu akan memudahkan proses pengiriman dan menghemat biaya pengiriman. Hal ini juga yang membuat KNIC cocok dijadikan pilihan untuk anda yang sedang mencari pabrik dijual di cikarang ataupun pabrik yang disewakan.

Berbagai Fasilitas yang Terdapat di Karawang New Industry City

- listrik premium
- gas alam
- pusat konsultasi bisnis
- pelatihan sumber daya manusia terpadu
- dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur.

Tidak hanya itu, kawasan Karawang New Industry City juga menyediakan sewa gudang untuk keperluan penyimpanan barang atau sebagai distribution center untuk perusahaan Anda.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi