Beberapa Fasilitas Penunjang Karawang New Industry City di Koridor Bekasi, Cikarang, dan Karawang

Perkembangan kawasan industri di Jawa Barat tepatnya daerah Karawang tidak lepas dari semakin lengkapnya infrastruktur di sekitar daerah tersebut. Terdapat beberapa kawasan industri di koridor Bekasi, Karawang, dan Cikarang seperti MM 2100, Jababeka, LIPPO, EJIP, Deltamas, Surya Cipta, KIIC dan Karawang New Industry City.

Karawang New Industry City (KNIC) berlokasi strategis dekat dengan Ibu kota Indonesia dan didukung oleh jaringan transportasi yang kuat. Selanjutnya, terdapat beberapa industri di kawasan KNIC seperti industri konstruksi, industri otomotif, dan industri FMCG.

Untuk mendukung kinerja di dalam kawasan industri, terdapat beberapa fasilitas penunjang di area Karawang New Industry City. Beberapa fasilitas penunjang yang dimiliki oleh KNIC sebagai kawasan industri adalah sebagai berikut:

Power Supply

Salah satu fasilitas penunjang yang dimiliki oleh Karawang New Industry City sebagai kawasan industri di koridor Bekasi, Cikarang dan Karawang adalah memiliki Power Supply. Kawasan industri KNIC di aliri oleh layanan listrik premium oleh PLN, dan terdapat beberapa pipa gas untuk memenuhi kebutuhan gas di kawasan Karawang New Industry City.

Melalui kerja sama operasional dengan PLN, KNIC turut mendukung program pemerintah dalam penyebaran listrik di kawasan-kawasan industri yang terletak di koridor Bekasi, Cikarang dan Karawang.

Water Treatment Plant

Salah satu fasilitas penunjang yang dimiliki oleh Karawang New Industry City sebagai kawasan industri di Jawa Barat, Bekasi dan Karawang adalah memiliki water treatment plant. Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) adalah sarana yang memiliki fungsi untuk mengolah dan mengubah kualitas air yang belum memenuhi standar ke air yag memiliki kualitas sesuai standar mutu. Hampir semua kawasan industri besar memiliki instalasi pengolahan air (IPA) untuk dapat menyuplai air bersih dan sehat untuk dikonsumsi.

Pada umumnya, instalasi pengolahan air (IPA) terdiri dari 5 tahapan, yaitu: koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi, dan desinfeksi. KNIC sendiri memiliki (IPA) atau water treatment plant nya sendiri untuk mengolah limbah serta air.

Cikarang Dry Port

Fasilitas penunjang yang dimiliki oleh Karawang New Industry City adalah memiliki akses ke Cikarang Dry Port. Pelabuhan Cikarang atau Cikarang Dry Port memungkinkan aktivitas impor maupun ekspor yang bisa di selesaikan dalam satu kawasan industri, yaitu kawasan industri sekitar Jawa Barat. Pelabuhan ini juga memiliki kode pelabuhan internasional IDJBK dan merupakan perpanjangan dari pelabuhan internasional Tanjung Priok.

Sejak dibangun pada tahun 2011, pelabuhan ini telah memiliki kapasitas sampai 250.000 TEUs dan fasilitas komprehensif seperti pergudangan dan depot kontainer. Pada awal 2016, Cikarang Dry Port telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu pelaksana Pusat Logistik Berikat (PLB) di Indonesia.

Bersama Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Cikarang Dry Port mengembangkan pusat logistik untuk komoditas kapas. Dinamisnya perkembangan di kawasan industri Jawa Barat tak lepas dari semakin terbukanya akses dari dan menuju ke kawasan tersebut.

Akses

Fasilitas penunjang yang dimiliki oleh Karawang New Industry City sebagai kawasan industri di Jawa Barat adalah memiliki 6 akses infrastruktur strategis nasional. Beberapa infrastruktur strategis nasional seperti jalan tol Jakarta-Cikampek, LRT Jabodetabek, jalanan Trans Jawa, Railway Jakarta Bandung, Bandara internasional Kertajati, dan Pelabuhan Patimban.

Walaupun masih dalam tahap pembangunan, Pelabuhan Patimban di Subang dan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, akan mempercepat pengembangan kawasan industri di daerah Jawa Barat, Bekasi dan Karawang.

Kedua infrastruktur strategis itu juga akan terkoneksi dengan akses jalan tol sehingga dapat memperlancar jalur logistik dari kawasan industri di Karawang Jawa Barat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan.

Itulah beberapa fasilitas penunjang Karawang New Industry City sebagai kawasan industri di koridor Bekasi, Cikarang dan Karawang. Semua fasilitas di atas disiapkan untuk menunjang kinerja dan performa industri di kawasan tersebut.


Tags: Jababeka

Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi