Industrial Estate Indonesia atau kawasan industri Indonesia kini makin dilirik pasar internasional. Kawasan industri di Indonesia dinilai memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan negara lainnya.

Menemukan lokasi yang paling cocok untuk perusahaan manufaktur di Indonesia sangat penting untuk keberhasilan bisnis. Ada beberapa keuntungan atau kelebihan jika ingin membangun perusahaan manufaktur di Indonesia. Menurut Himpunan Kawasan Industri (HKI) Indonesia, ada 73 kawasan industri di 20 wilayah di seluruh Indonesia.

Banyak lisensi perusahaan manufaktur sangat bergantung pada lokasi pabrik. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih lokasi yang paling sesuai untuk manufaktur. Penting juga untuk memperhitungkan kebutuhan untuk produksi, misalnya jarak ke sumber daya alam dan tenaga kerja, pelabuhan, dan rute transportasi utama. Berikut ada beberapa kelebihan atau keuntungan membangun pabrik di Industrial Estate Indonesia atau di kawasan industri Indonesia seperti:

Tidak Perlu Mengajukan Permohonan Izin Konstruksi Untuk Area Tertentu

Salah satu kelebihan membangun pabrik di kawasan industri Indonesia adalah tidak diperlukannya pengajuan permohonan izin konstruksi untuk area tertentu. Memilih kawasan industri untuk lokasi pabrik berarti nantinya mengurangi satu hal dalam daftar. Artinya, tidak perlu mengajukan permohonan izin konstruksi terpisah untuk membangun pabrik di area spesifik tersebut.

Lebih jauh lagi, di beberapa daerah bahkan tidak diizinkan membangun pabrik. Menurut peraturan zonasi untuk pengembangan properti, area seperti zona hijau atau pemukiman melarang kegiatan industri. Jadi ada baiknya jika membangun pabrik di dalam kawasan industri.

Infrastruktur yang Ada

Salah satu kelebihan membangun pabrik di kawasan industri Indonesia adalah sudah tersedianya infrastruktur yang lengkap. Kawasan industri sudah menyediakan akses yang mudah dan hemat biaya listrik, air, dan jalan karena infrastruktur di sekitarnya telah didirikan untuk mendukung kegiatan industri.

Juga lebih mudah untuk mengakses pelabuhan dan jalur transportasi utama untuk distribusi barang dan logistik dan menghasilkan jejak limbah yang lebih kecil. Selain itu, sebagian besar kawasan industri juga menyediakan dukungan untuk pembuangan limbah industri di mana penyewa tidak perlu khawatir tentang proses dan peraturan yang rumit mengenai hal itu.

Lebih Mudah Menemukan Lahan Pabrik

Salah satu kelebihan membangun pabrik di kawasan industri Indonesia adalah lebih mudah menemukan lahan pabrik. Pembebasan lahan juga bisa menjadi bagian yang bermasalah dari proses pembangunan pabrik di Indonesia., terutama ketika harus berurusan dengan orang yang mengklaim tanah ataupun dengan tetangga sekitar.

 

Dengan demikian, menghindari konflik dengan penduduk atau komunitas tetangga adalah alasan lain untuk membangun pabrik di dalam kawasan industri karena izin untuk kegiatan industri adalah legal dan selaras dengan zonasi.

Selanjutnya, pemerintah mempromosikan program Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) yang memungkinkan memulai proses konstruksi setelah melakukan Registrasi Investasi sambil menunggu lisensi tambahan lainnya.

Namun, lisensi industri bersama dengan lisensi lain harus diselesaikan segera setelah 80% dari mesin produksi utama telah dipasang dan sebelum kegiatan operasi dimulai. Saat ini, Program KLIK telah diterapkan pada 48 kawasan industri terpilih, menurut BKPM.

Insentif Pajak Di Kawasan Industri

Salah satu kelebihan membangun pabrik di kawasan industri Indonesia yakni di beberapa daerah, pemerintah daerah telah membuat program insentif yang dapat menguntungkan perusahaan. Misalnya, tunjangan  PPn (pajak pertambahan nilai) untuk produk impor atau mesin yang masuk ke kawasan industri dan tunjangan pajak untuk barang yang berasal dari pelabuhan terpilih seperti pelabuhan di zona perdagangan bebas.

Itulah beberapa keuntungan atau kelebihan membangun pabrik di Industrial Estate Indonesia atau kawasan industri Indonesia. Pastikan untuk mempertimbangkan terlebih dahulu jika ingin membangun perusahaan manufaktur atau pabrik di Indonesia di kawasan industri.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi