Perkembangan teknologi informasi saat ini membawa perubahan pesat dalam segala lini, termasuk manufaktur dan jasa. Manfaatnya antara lain untuk mengendalikan proses perencanaan serta pengendalian internal saat proses produksi berlangsung.

Ada berbagai teknologi Informasi yang digunakan oleh produsen untuk aktivitas di bidang ini. Apa saja? Cek 7 di antaranya berikut ini:

Kartu Nilai Risiko Pemasok

Keberadaan kartu penilaian risiko ini akan membantu perusahaan manufaktur dalam menilai dan memberi peringkat terhadap pasokan berdasarkan kinerjanya masing-masing. Kartu ini juga akan mengurangi risiko dan meningkatkan kualitas produksi saat harus berhadapan dengan ratusan bahkan ribuan pemasok lainnya.

Ketika alat ini diotomatisasi dengan menggunakan perangkat lunak, maka risiko terhadap kesalahan rantai pasokan akan benar-benar akan berkurang.

Portal Pemasok Berbasis Online

Perkembangan teknologi informasi membuka jalur komunikasi yang lebih efektif dan efisien seperti adanya layanan e-mail. Tidak hanya itu, seluruh basis data akan memudahkan pekerjaan jika portal pemasok berbasis online telah tersedia serta dapat diakses di mana dan kapan saja.

Penerapan ini akan membantu berbagai bidang dari sebuah rantai produksi, misalnya manajemen peralatan, proses, serta standar operasional.

Kontrol Proses Statistik

Statistical Process Control (SPC) yang disebut juga sebagai kontrol proses statistik telah banyak digunakan perusahaan untuk memperluas kemampuannya dalam memasok, memantau, dan mengendalikan variabilitas proses dari lokasi terpencil sekalipun.

Jika pemasok dan mitra telah bergabung dan dilatih dengan penggunaan SPC ini maka perusahaan dapat mengalami peningkatan kualitas produk serta meningkatkan keuntungan.

Manajemen Pemeriksaan

Jika dahulu proses pemeriksaan pembukuan keuangan atau inventarisasi dilakukan secara manual, maka dengan penerapan teknologi pada manajemen pemeriksaan akan berdampak secara efisien serta efektif. Langkah ini juga tergolong berguna membantu mendigitalisasi dan mengotomatisasi bagian-bagian dari proses pemeriksaan.

Manajemen Dokumen

Pemanfaatan teknologi pada bagian ini sebenarnya merupakan langkah kecil yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan apapun. Pasalnya, ketika perusahaan masih mengandalkan kertas untuk hal dokumen-dokumen yang digunakan, maka akan berdampak pada pembengkakan anggaran yang harus dikeluarkan setiap waktu.

Sebaliknya, jika dokumen tersebut dibuat dalam bentuk digital, maka akan menghemat anggaran yang ada serta menghindarkannya dari segala risiko kehilangan yang dapat disebabkan oleh beragam hal, misalnya kebakaran atau bencana alam.

Modul Pemasok

Beragam perusahaan telah mencatat segala hal terkait hasil, proses, serta tantangannya dalam proses produksi dengan menggunakan modul pemasok secara digital. Penggunaan teknologi pada modul pemasok ini akan mengotomatiskan seluruh proses sebagai bagian dari rantai pasokan.

Pemasok Non Manajemen

Dalam proses produksi, tidak jarang sebuah perusahaan menggunakan penyedia jasa logistik. Hal inilah yang disebut sebagai pemasok non manajemen. Ketika perusahaan dan penyedia jasa logistik ini menerapkan teknologi di masing-masing bidang usahanya, maka akan memudahkan koordinasi serta pemantauan dan pelaporan saat terjadi kesalahan.

Untuk mendapatkan seluruh teknologi informasi ini bisa ditemui pada gudang atau pabrik produksi. Salah satu kawasan industri yang mempunyai sistem pengelolaan tercanggih di Indonesia adalah Karawang New Industry City (KNIC).

Secara umum, KNIC hadir sebagai sebuah kota industri yang terintegrasi kelas dunia dengan menghadirkan infrastruktur kelas dunia. Lokasinya sendiri terbilang strategis karena berada dekat dengan 2 bandara yang tidak jauh dari ibu kota Indonesia. Hal ini pun menjadikan kawasan ini strategis dan cocok untuk membangun bisnis baik perusahaan manufaktur maupun gudang.

Selain bertujuan untuk mendukung kinerja sebuah perusahaan manufaktur, KNIC juga hadir untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah serta menghadirkan Multiplier Effect yang berguna bagi perkembangan sosio-ekonomi di Karawang dan daerah-daerah di kawasan Jawa Barat.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi