Cara Meningkatkan Proses Produksi

6 Ways to Improve the Production Process You Need to Know

Di berbagai bidang usaha, proses produksi memegang peranan penting. Perencanaan yang matang dan update berkala harus selalu dilakukan demi menjawab kebutuhan konsumen yang selalu berubah-ubah. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses produksi yakni bahan, peralatan, serta sumber daya manusia.

Tanpa gabungan antara ketiganya, proses produksi bisa saja terhambat. Sebaliknya, jika seluruhnya telah berjalan lancar sesuai rencana, yang harus dipikirkan berikutnya yaitu bagaimana cara meningkatkan proses produksi. Berikut ini 6 cara yang harus diketahui untuk meningkatkan proses produksi!

1. Terapkan Metode Forecasting

Hal pertama yang harus dikuasai oleh sebuah perusahaan untuk mendapatkan hasil produksi yang lebih banyak adalah dengan menerapkan metode forecasting. Metode ini mewajibkan perusahaan untuk memiliki kemampuan prediksi permintaan konsumen.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti perkembangan tren yang ada dan memperhatikan data riwayat penjualan dan inventaris perusahaan. Hasilnya, perusahaan tidak hanya bisa mengetahui permintaan konsumen dari waktu ke waktu tapi juga membantu mengontrol pengadaan barang dan mencegah kekurangan stok.

2. Ketahui Kapasitas Produksi

Bagi perusahaan yang ingin meningkatkan proses produksi, maka kapasitas produksi menjadi hal mutlak untuk diketahui. Adanya kapasitas produksi yang kurang akan memperlambat sebuah proses pemenuhan kebutuhan sehingga membuang banyak waktu serta energi dalam proses rantai produksi itu sendiri.

Dengan begini, penurunan kepuasan pelanggan dan potensi keuntungan bisa jadi menurun. Kapasitas produksi ini sendiri bisa diketahui dengan menghitung angka produktivitas perusahaan serta kapasitas mesin yang dipakai dalam proses produksi.

3. Gunakan Sistem Perencanaan Produksi Otomatis

Dalam banyak bidang teknologi memegang peranan penting, termasuk di industri manufaktur. Penggunaan teknologi akan membantu percepatan proses produksi. Maka dari itu, ada baiknya jika setiap perusahaan mulai menggunakan perangkat lunak manufaktur.

Perangkat lunak ini bisa berfungsi sebagai sistem perencanaan produksi otomatis yang menjadwalkan proses produksi secara tepat waktu. Beberapa tahap dalam proses produksi seperti pencatatan informasi bahan baku dan jumlah tenaga kerja bisa diketahui secara otomatis.

4. Perhatikan Bagian Persediaan

Dalam industri manufaktur terdapat istilah Lean Manufacturing di mana metode ini bertujuan untuk mengurangi jumlah pemborosan dalam proses produksi. Dengan menerapkan hal ini, maka perusahaan mampu mengontrol bagian persediaan yang ada.

Pasalnya, bagian persediaan penting untuk diperhatikan agar produksi barang selalu menyesuaikan dengan permintaan konsumen. Selain menekan jumlah angka pengeluaran, hal ini juga bertujuan untuk membantu memaksimalkan ruang penyimpanan yang sering kali terbatas.

5. Tetapkan Jadwal Pemeliharaan Mesin Produksi

Terakhir, langkah penting yang kerap kali diabaikan oleh perusahaan adalah melakukan pemeliharaan terhadap mesin produksi dan segala peralatan yang digunakan. Padahal production downtime atau berhentinya proses produksi karena berbagai faktor termasuk kerusakan mesin bisa saja terjadi secara tiba-tiba.

Demikian tadi beberapa cara yang bisa ditempuh oleh sebuah perusahaan manufaktur dalam meningkatkan proses produksi. Salah satu lokasi strategis untuk mendirikan perusahaan manufaktur di Indonesia adalah di Karawang New Industry City (KNIC) yang juga aktif mengikuti perkembangan tren teknologi.

Kawasan yang terletak di Jawa Barat ini mengusung banyak kelebihan termasuk teknologi dan sistem yang terintegrasi kelas dunia sehingga kehadiran infrastruktur kelas dunia terlihat jelas di tempat ini sehingga proses produksi akan jauh lebih efektif.

Selain bertujuan untuk mendukung kinerja sebuah perusahaan manufaktur, KNIC juga hadir untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah serta menghadirkan Multiplier Effect yang berguna bagi perkembangan sosio-ekonomi di Karawang dan daerah-daerah di kawasan Jawa Barat.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi