Teknologi OEE (Overall Equipment Effectiveness) adalah standar global untuk mengukur produktivitas manufaktur. Lebih lanjut, OEE dapat mengetahui efektifitas penggunaan dan pemanfaatan peralatan, mesin, waktu dalam sebuah sistem operasi di lantai produksi. OEE dapat menjadi metrik yang kuat untuk membantu perusahaan meningkatkan kinerja mesin dan aset manufaktur.

Dengan menggunakan pengukuran OEE, produsen akan mendapatkan pengetahuan terkait cara meningkatkan proses manufaktur secara sistematis. Teknologi OEE juga dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi kerugian, meningkatkan produktivitas peralatan manufaktur, dan mengukur kemajuan perusahaan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan OEE:

Prioritaskan Aset Manufaktur Anda

Jika Anda ingin membuat standar OEE di perusahaan manufaktur Anda, ada baiknya Anda fokus pada penilaian Anda terlebih dahulu pada peralatan yang benar-benar penting bagi bisnis Anda. Peralatan yang disebutkan di atas adalah aset penting yang jika terjadi masalah dapat menyebabkan kekacauan pada rantai pasokan Anda dan akan memperlambat proses produksi perusahaan Anda.

Hasilnya, bisa jadi kualitas produksi menurun dan kepuasan pelanggan juga ikut menurun. Ketika Anda dapat meningkatkan kinerja aset manufaktur Anda, maka Anda dapat melancarkan proses produksi dan meningkatkan kualitas produk yang lebih baik.

Pahami Setiap Komponen OEE Anda

Salah satu cara meningkatkan produktivitas perusahaan adalah dengan cara memahami setiap komponen OEE Anda. Beberapa komponen OEE seperti ketersediaan tenaga kerja, kinerja, dan kualitas yang dihasilkan dari peralatan tersebut. Anda harus mengetahui efektivitas peralatan perusahaan. Jika diperlukan maka harus melakukan maintenance sehingga proses produksi tidak akan kacau.

Untuk itu, Sebaiknya Anda melakukan pengecekan pada seluruh aspek dalam proses produksi perusahaan manufaktur Anda. Sebagai contoh, ketika mesin-mesin Anda tidak dapat menghasilkan kualitas produk yang Anda harapkan, cari tahu apakah masalahnya benar-benar ada pada mesin Anda atau masalah terjadi di aspek yang lain seperti di pergudangan, pengadaan barang, penerimaan, atau penanganan pada vendor.

Fokus Pada Metrik Anda

Melakukan pengukuran OEE tidak selalu sama pada setiap perusahaan manufaktur, atau tidak selalu sama dalam setiap mesin. Pengukuran OEE tergantung pada nilai atau metriks yang ingin Anda berikan kepada pelanggan Anda. Sebagai contoh, beberapa perusahaan memilih kualitas produk sebagai metrik yang paling penting dan kinerja mesin merupakan metrik yang tidak terlalu penting atau sebaliknya.

Koneksikan OEE dengan Sistem ERP Manufaktur

Cara melakukan pemanfaatan OEE untuk meningkatkan produksi perusahaan manufaktur adalah dengan menghubungkan OEE dengan sistem ERP (Enterprise Resource Planning). Jika Anda masih melakukan pengecekan kondisi setiap aset secara manual, maka akan memerlukan waktu yang lebih lama dan risiko kesalahanpun juga meningkat.

Menggunakan sistem ERP Manufaktur dapat membantu Anda meningkatkan performa peralatan dan mesin manufaktur Anda. Sistem ERP juga dapat membantu perusahaan untuk melakukan perencanaan dan prediksi pengadaan, pemeriksaan dan pelacakan aset, laporan riwayat penggunaan aset, serta penjadwalan pemeliharaan yang dilakukan secara otomatis di sistem.

Sistem ERP Manufaktur juga membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dalam keseluruhan proses produksi mulai dari pengelolaan bahan baku, barang jadi, hingga proses pengiriman pesanan ke konsumen.

Memanfaatkan Internet of Things

Cara untuk memaksimalkan produktivitas dan OEE berikutnya adalah dengan cara memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT). Saat ini, penggunaan teknologi Internet of Things (IoT) semakin diminati oleh banyak perusahaan karena terbukti dapat membantu produsen mendapatkan data secara langsung atau real time mengenai kondisi aset perusahaan seperti peralatan dan mesin perusahaan manufaktur.

Teknologi IoT memungkinkan Anda untuk mengetahui kondisi mesin dan peralatan perusahaan manufaktur Anda pada saat itu juga dan kapanpun Anda butuhkan. Hal ini tentu akan memudahkan perusahaan untuk mendeteksi atau mengetahui berbagai masalah pada mesin dan peralatan Anda jauh lebih cepat.

Nah, itulah lima tips memaksimalkan produktivitas dan OEE perusahaan manufaktur Anda. Salah satu aspek yang dapat meningkatkan produktivitas perusahaan manufaktur Anda adalah dengan memilih kawasan strategis sebagai tempat perusahaan manufaktur. Salah satu tempat strategis untuk membangun gudang atau perusahaan manufaktur adalah Karawang New Industry City.

Berlokasi strategis dekat dengan ibu kota Jakarta serta memiliki 6 akses infrastruktur mulai dari LRT Jabodetabek, jalan tol Trans Jawa, tol Jakarta-Cikampek, kereta cepat Jakarta-Bandung, bandara internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban membuat KNIC lokasi yang cocok untuk membangun gudang Industri.

Lebih lanjut, Karawang New Industry City menawarkan jual tanah lahan pabrik bagi Anda yang ingin membeli pabrik di kawasan industri. Selain menawarkan jual tanah lahan pabrik, KNIC juga menawarkan tempat untuk sewa gudang.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi