5 Tips Memilih Gudang Logistik yang Tepat

Ketika sebuah perusahaan bergerak di industri manufaktur, maka tidak jarang di antaranya yang memerlukan gudang sebagai tempat penyimpanan, pengelolaan, dan pendistribusian barang. Membuat gudang sendiri pun sayangnya membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Maka dari itu, perusahaan lebih memilih untuk menyewa gudang daripada membuat. Lantas, bagaimana cara memilih gudang logistik yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan? Yuk, simak 5 tipsnya di bawah ini!

Ketahui Jenis Barang yang Akan Disimpan

Hal pertama yang harus diketahui sebelum mulai mencari gudang adalah dengan mengetahui jenis barang yang akan disimpan. Pasalnya, tidak semua gudang cocok untuk semua barang atau produk. Sebagai contoh, gudang untuk menyimpan makanan berbeda dengan gudang untuk mengamankan barang.

Perlu diketahui pula volume dan karakteristik barang yang akan disimpan apakah dalam bentuk dalam jumlah ton atau kubik dan apakah barang tersebut membutuhkan suhu khusus atau tidak.

Kenali Sumber Daya Manusia yang Terlibat

Ketika sebuah perusahaan menyimpan barang-barangnya di gudang, maka hal ini jelas membutuhkan sumber daya manusia yang profesional sehingga barang tersebut tidak rusak dan bermasalah. Keadaan ini juga memerlukan sistem manajemen pergudangan yang teruji untuk pengelolaan yang lebih baik.

Pahami Perawatan dan Lama Penyimpanan Barang

Tips lain dalam proses pemilihan gudang adalah dengan memahami perawatan serta lama penyimpanan barang dalam sebuah gudang. Pasalnya, barang-barang tersebut tidak hanya disimpan dan dijaga karena perawatan pun perlu dilakukan untuk barang agar tetap berkualitas.

Jangka waktu pun penting untuk diperhatikan sebab berkaitan dengan ongkos yang harus dikeluarkan. Semakin lama barang berada di dalam gudang, semakin besar anggaran yang dihabiskan.

Bandingkan Harga Gudang yang Ada

Untuk mendapatkan sebuah gudang yang berkualitas dengan harga terbaik, sebuah perusahaan tidak boleh lelah dalam melakukan riset. Riset ini dilakukan dengan cara membandingkan harga yang ditawarkan oleh gudang yang satu dengan gudang lainnya.

Harga ini biasanya ditentukan oleh ukuran gudang, fasilitas air, listrik, telepon, keamanan, atau fasilitas khusus yang diperlukan.

Pilih Lokasi Terbaik

Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya yakni pemilihan lokasi. Jika perusahaan telah menetapkan spesifikasi gudang yang dibutuhkan, maka langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan kondisi geografis di sekitar gudang, seperti akses jalan yang baik serta ketinggian tanah.

Hal ini bertujuan untuk menghindari gudang dari kebanjiran. Belum lagi akses jalan yang bisa untuk dilalui oleh truk berukuran besar yang akan keluar masuk. Lokasi gudang juga sebaiknya strategis di mana posisinya berada dekat dari pelabuhan, bandara, serta jalan tol untuk proses distribusi yang cepat.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa dilakukan dalam proses pemilihan sebuah gudang untuk keperluan bisnis. Mencari gudang memang tidak semudah jika mencari rumah sebab ada banyak hal yang mesti diperhatikan.

Salah satu daerah industri yang bisa dipertimbangkan untuk memilih gudang adalah di kawasan industri Jawa Barat yang tepatnya berada di Karawang New Industry City (KNIC). Pasalnya, KNIC sendiri terletak di lokasi strategis yang dekat dari 2 bandara dan tidak jauh dari ibu kota menjadikan kawasan ini pas untuk membangun bisnis perusahaan manufaktur maupun gudang.

Pasalnya, setiap perusahaan memerlukan gudang yang secara efisien dapat menyimpan barang dan dekat dengan infrastruktur yang mendukungnya dan hal-hal ini hanya ditemukan di KNIC. Konsep yang diusung oleh KNIC pada dasarnya adalah sebuah kota industri yang terintegrasi kelas dunia sehingga kehadiran infrastruktur kelas dunia terlihat di sini.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi