food and beverage business trends

 

Industri makanan dan minuman merupakan lahan bisnis yang baik bagi mereka yang ingin memulai sebuah usaha. Terbukti dengan banyaknya pelaku di bidang ini dan jumlahnya terus bertambah. Untuk memenangkan persaingan tersebut, pelaku bisnis perlu mengetahui tren apa saja yang akan terjadi.

Hal ini juga memudahkan sebuah bisnis untuk mengembangkan diri dalam mencapai hasil yang maksimal. Lantas, apa saja tren bisnis makanan dan minuman yang akan terjadi? Berikut 5 daftarnya di bawah ini!

1. Makanan dan Minuman yang Instagramable

Sudah bukan rahasia lagi jika media sosial memang memiliki peranan penting dalam perkembangan berbagai industri. Keputusan untuk makan di mana dan minum apa, banyak ditentukan oleh media sosial, terutama Instagram.

Hal ini pun membuat pemilik restoran dan kafe melakukan perbaikan dengan berusaha membuat produk makanan dan minuman mereka bisa tampil Instagramable. Pasalnya, konsumen tidak hanya membeli rasa dan kualitas, tapi juga tampilan dari sebuah makanan dan minuman.

2. Proses Order dengan Tablet Menu

Prediksi lain yang mulai terjadi saat ini yaitu pengalaman konsumen yang unik dan cepat. Konsumen tidak hanya datang ke restoran untuk makan, tapi juga untuk merasakan pengalaman makan yang menyenangkan.

Perkembangan teknologi pun menghasilkan layanan self-service berupa digital tablet menu. Dengan begini, konsumen bisa memilih sendiri menunya, melakukan pemesanan, serta meminta tagihan.

3. Penggunaan Aplikasi Kasir

Khusus untuk tagihan, kini telah hadir sistem kasir bernama POS untuk mempercepat proses pembayaran pelanggan. Hal ini pun mulai lazim digunakan oleh berbagai restoran yang ada di Indonesia. Meskipun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki karena sistem POS yang masih mengandalkan mesin kasir yang rentan bermasalah, sistem ini dinilai mampu mengganti proses pembayaran manual.

Pasalnya, sistem POS ini berbasis Cloud sehingga setiap restoran bisa mengelola pembayarannya dengan menggunakan gadget. Setiap transaksi pun bisa berjalan dengan lancar. Belum lagi, informasi penting pelanggan seperti data kartu kredit bisa disimpan dengan aman.

4. Menu Makanan yang Lebih Sehat

Adapun tren bisnis makanan yang terlihat jelas saat ini adalah menu-menu makanan yang lebih sehat. Selain menu yang Instagramable, konsumen juga mencari makanan dengan kalori rendah serta minuman rendah gula.

Bukan hanya itu saja, tren diet dan hidup sehat yang meningkat membuat konsumen mencari menu-menu yang bebas gula, diet paleo, dan vegan sehingga restoran pun memberikan pilihan dengan konsep Build Your Own Menu (BYOM).

5. Layanan E-Commerce dan Marketplace

Industri makanan dan minuman sama halnya dengan industri ritel di mana keduanya telah bertransformasi ke digital. Peningkatan permintaan konsumen melalui mobile ordering membuat banyak pelaku bisnis makanan dan minuman akhirnya membuka toko online.

Selain itu, untuk meningkatkan kemudahan pelanggan, pelaku bisnis pun banyak yang membuat aplikasinya sendiri untuk pemesanan menu dan mendapatkan informasi ter-update.

Demikian tadi beberapa informasi yang perlu diketahui mengenai tren bisnis makanan dan minuman yang bakal terjadi pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Meskipun tren tersebut selalu berubah-ubah, pelaku industri ini wajib mempunyai gudang penyimpanan yang baik. Di Indonesia, salah satu lokasi strategis dengan beragam jenis gudang yang aktif mengikuti perkembangan tren bisnis yakni di Karawang New Industry City (KNIC).

Kawasan yang terletak di Jawa Barat ini mengusung banyak kelebihan termasuk teknologi dan sistem yang terintegrasi kelas dunia sehingga kehadiran infrastruktur kelas dunia terlihat jelas di tempat ini. Tidak hanya bertujuan untuk mendukung kinerja sebuah perusahaan manufaktur, KNIC juga hadir untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah serta menghadirkan Multiplier Effect yang berguna bagi perkembangan sosio-ekonomi di Karawang dan daerah-daerah di kawasan Jawa Barat.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi