Inventory Management adalah sistem manajemen aset perusahaan yang terdiri dari berbagai macam hal, mulai dari bahan baku hingga bahan jadi. Adanya sistem yang baik pada manajemen ini akan membantu perusahaan menyiapkan keperluan dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen.

Secara spesifik, Inventory Management sendiri memiliki peranan penting yang tidak boleh terbengkalai. Apa saja peran tersebut? Simak 5 di antaranya berikut ini!

1. Pemilihan Penanggung Jawab Inventaris

Bagian pertama yang memegang peranan penting dalam sebuah sistem inventarisasi perusahaan yakni penanggung jawab. Hal ini disebabkan oleh pentingnya barang-barang yang ada sehingga perusahaan wajib memilih penanggung jawab yang tidak hanya dapat diandalkan, tapi juga mengerti seluk beluk inventaris.

Pasalnya, perusahaan wajib menerima laporan inventaris secara lengkap dan berkala terkait hal-hal seperti jumlah persediaan barang yang ada, persediaan masuk dan keluar, hingga valuasi persediaan produk.

2. Penerapan Kode SKU dan Barcode untuk Barang

Salah salah satu langkah tepat untuk memudahkan perusahaan melacak persediaan barang adalah dengan menerapkan kode Stock Keeping Unit (SKU) dan Barcode untuk setiap barang yang ada. Cara ini berguna untuk memastikan seluruh stok yang ada tercatat dengan baik.

3. Pemantauan Tingkat Persediaan Barang

Hal lain yang memegang peranan penting dalam proses Inventory Management adalah pemantauan terhadap tingkat persediaan barang yang ada. Apabila setiap perusahaan melibatkan proses ini secara berkala, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan akan terhindar dari penyusutan inventaris.

Tetapkan batas minimum stok yang harus ada setiap waktunya sehingga ketika stok mendekati batas tersebut, perusahaan wajib melakukan pemesanan ulang. Hindari untuk menyimpan stok terlalu banyak karena dapat berujung pada terbengkalainya persediaan yang ada. Olehnya itu, ada baiknya jika setiap perusahaan melakukan forecasting untuk menentukan jumlah stok yang tepat.

4. Otomatisasi Manajemen Inventaris

Dengan berjalannya proses otomatisasi terhadap manajemen inventaris yang ada di setiap perusahaan, maka bukan tidak mungkin rantai produksi akan jauh lebih efektif. Pasalnya, pengecekan persediaan barang dengan sistem manual akan menghabiskan banyak waktu.

Hadirnya software akan membantu para pelaku industri melakukan banyak hal secara cepat, seperti memantau persediaan barang, mengontrol pengadaan barang, memperpendek waktu pesanan ke supplier, hingga pembuatan laporan inventaris yang lengkap.

5. Pengoptimalan Keamanan Gudang

Terakhir yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah pengoptimalan keamanan gudang. Meningkatkan keamanan tempat perusahaan menyimpan persediaan barang akan memastikan seluruh rantai produksi terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Caranya bisa dimulai dengan memasang kamera CCTV di setiap sudut gudang dan koridor yang ada. Jangan lupa untuk memasang kode pengaman pada pintu gudang dan serahkan semua kuncinya kepada penanggung jawab gudang.

Di Indonesia, salah satu kawasan industri yang memiliki keamanan tercanggih dengan Inventory Management yang baik berada di Karawang New Industry City (KNIC), Jawa Barat. Kawasan ini juga menjadi lokasi yang tepat untuk investasi properti di bidang industri dengan beragam pabrik dan gudang serta teknologi tinggi.

Ada berbagai alasan kenapa KNIC merupakan pilihan tepat bagi industri manufaktur. Beberapa di antaranya yakni lokasi strategis yang dekat dari jalan tol, LRT Jabodetabek, stasiun kereta, bandar udara, dan pelabuhan. Lokasi strategis ini pun memudahkan pengiriman barang ke mana-mana.

KNIC sendiri pada dasarnya merupakan sebuah kota industri yang terintegrasi kelas dunia sehingga kehadiran infrastruktur kelas dunia tampak jelas di tempat ini. Selain itu, untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur, KNIC juga hadir untuk membantu percepatan pertumbuhan ekonomi daerah serta menghadirkan Multiplier Effect yang berguna bagi perkembangan sosio-ekonomi di Karawang dan daerah-daerah di sekitarnya.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi