Memaksimalkan produktivitas gudang memang bukanlah tugas yang mudah. Hal ini bukan hanya tanggung jawab manajer Gudang tetapi merupakan tanggung jawab semua komponen yang ikut terlibat. Mulai dari staf gudang, manajer gudang hingga perusahaan itu sendiri. Meningkatkan produktivitas operasi gudang atau warehouse operations tidak hanya menguntungkan perusahaan, karena meningkatkan jumlah produksi juga akan ikut meningkatkan kepuasaan pelanggan. lalu, waktu pengiriman pun dapat berubah menjadi lebih cepat. Beberapa cara mudah untuk meningkatkan produktivitas dalam operasi gudang atau warehouse operations seperti:

Memaksimalkan Ruang dalam Gudang

Cara pertama yang Anda bisa lakukan untuk meningkatkan produktivitas operasi gudang adalah dengan cara memaksimalkan ruang dalam gudang. Daripada Anda melakukan renovasi gudang untuk memperluas kawasan gudang Anda atau pindah ke lokasi gudang dengan ukuran yang lebih besar, ada baiknya Anda memaksimalkan ruang yang ada pada gudang Anda. Anda bisa melakukan beberapa cara seperti memperkecil jarak antara satu barang dengan barang lainnya, atau membuat tempat penyimpanan barang yang lebih tinggi.

Anda bisa membuat rak atau tempat penyimpanan yang ukurannya tinggi agar dapat memuat lebih banyak barang atau bahan baku. Anda dapat menggunakan berbagai pilihan rak atau tempat penyimpanan barang atau bahan sesuai dengan kapasitas tinggi dan lebar ruangan. Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah dalam mengatur barang dan juga berdampak pada efisiensi ruangan.

Merawat Peralatan Gudang Secara Berkala

Cara kedua yang Anda bisa lakukan untuk meningkatkan produktivitas dalam operasi gudang atau warehouse operations adalah dengan cara merawat peralatan maupun mesin pada rantai pasokan Anda secara berkala. Selain itu, Anda juga dapat melakukan servis atau perawatan berkala pada forklifts, truk dan peralatan mekanis yang perusahaan Anda miliki. Jika salah satu peralatan tersebut mengalami kerusakan, maka akan terjadi kekacauan dalam rantai pasokan, produksi dan pengiriman barang pun akan terlambat. Selain itu, biaya memperbaiki peralatan yang sudah rusak atau bermasalah akan lebih mahal daripada biaya merawatnya.

Ada baiknya perusahaan melakukan perawatan atau servis secara berkala agar dapat mengetahui kemungkinan kerusakan pada peralatan yang di pakai dan memperbaikinya sebelum kerusakan terjadi.

Menggunakan Teknologi WMS

Cara lain yang Anda bisa gunakan untuk meningkatkan produktivitas dalam operasi gudang atau warehouse operations adalah dengan cara menggunakan teknologi Warehouse management system (WMS). Menggunakan teknologi yang lebih canggih akan memudahkan perusahaan dalam mengatur efisiensi rantai pasokan gudang Anda. Teknologi warehouse management system (WMS) dapat meningkatkan efisiensi dengan memilih rute terbaik untuk jalur pengiriman barang.

Selanjutnya, dengan memakai teknologi ini Anda dapat mengecek sudah sampai mana proses pengiriman barang dan dapat memprediksi masalah yang mungkin terjadi, Anda jadi bisa mengatasi masalah rantai pasokan sebelum masalahnya benar-benar terjadi. Penggunaan WMS disertai dengan RFID (Radio Frequency Identification) dapat meningkatkan akurasi setiap transaksi dan mengurangi kemungkinan error.

Melakukan Pelatihan Pada Karyawan

Cara terakhir yang Anda bisa gunakan untuk meningkatkan produktivitas dalam operasi gudang atau warehouse operations adalah dengan cara melakukan pelatihan pada karyawan Anda. Pelatihan atau training pada setiap komponen karyawan gudang sangat penting agar dapat mengimplementasikan ketiga cara di atas dengan optimal. Perusahaan dapat melakukan pelatihan agar karyawan dapat maksimal dalam menjalankan pekerjaan sesuai dengan kualifikasi masing-masing.

Pastikan Anda memberikan pelatihan yang cukup untuk karyawan baru sebelum mereka mulai bekerja untuk mengoperasikan mesin pada gudang Anda. Jika karyawan baru belum benar-benar mengerti tentang mesin tersebut, pekerjaan yang mereka lakukan pun tidak akan optimal.

Nah itulah, 4 cara mudah yang Anda bisa gunakan untuk meningkatkan produktivitas dalam operasi gudang. Selain 4 cara di atas, lokasi yang strategis juga diperlukan untuk meningkatkan produktivitas operasi gudang Anda. Salah satu tempat strategis untuk membangun gudang atau bisnis manufaktur adalah Karawang New Industry City (KNIC).

Berlokasi strategis dekat dengan ibu kota Jakarta serta memiliki 6 akses infrastruktur mulai dari LRT Jabodetabek, jalan tol Trans Jawa, tol Jakarta-Cikampek, kereta cepat Jakarta-Bandung, bandara internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban membuat KNIC sebagai lokasi yang cocok untuk membangun gudang Industri.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi