Tingkatkan Efisiensi Logistik Bisnis Dengan 5 Cara Dibawah Ini
 

cara meningkatkan efisiensi logistik bisnis

Bisnis logistik di Indonesia acap kali mengalami perkembangan seiring dengan peran perusahaan logistik di tanah air yang terus meningkat. Terlebih, kehadiran e-commerce kini menjadi jasa logistik yang krusial di Indonesia yang mencapai estimasi pertumbuhan dengan nilai sekitar Rp. 40 triliun per tahun. Maka wajar saja jika bisnis logistik menjadi bidang bisnis di Indonesia yang menarik perhatian investor. 

Namun meski demikian, untuk menciptakan bisnis logistik yang sesuai harapan tentu saja dibutuhkan peningkatan efisiensi logistik dengan strategi khusus. Selain itu, perlu pula adanya penyusunan rencana yang matang agar dihasilkan solusi yang sesuai harapan. Dengan efisiensi logistik yang baik, tentunya Anda dapat mengembangkan bisnis  serta meningkatkan pendapatan. Dengan demikian, coba atur kembali efisiensi logistik Anda dengan 5 cara ini:

1. Atur Kembali Biaya Transportasi

Tips pertama yang bisa diterapkan untuk meningkatkan efisiensi logistik adalah dengan kembali mengatur biaya transportasi barang. Coba lakukan cara yang lebih hemat agar dana lainnya dapat digunakan untuk kebutuhan lain.  Lakukan analisa kelebihan dan kekurangan saat menggunakan transportasi atau rute tertentu untuk menentukan biaya yang lebih terjangkau. 
Contohnya seperti menggunakan kendaraan hemat bahan bakar serta perencanaan rute barang yang matang agar lebih menghemat bensin. 

2. Selalu Terhubung dengan Pemasok

Selanjutnya, usahakan agar selalu terhubung dengan pemasok barang, perusahaan atau mitra bisnis Anda. Hal ini dapat membantu perencanaan hingga memprediksi yang akan terjadi ke depannya. Dengan demikian Anda akan lebih terbiasa dan lebih menyesuaikan diri saat kondisi tiba-tiba berubah. Misalnya saat stok barang tiba-tiba kurang jauh dari yang diharapkan atau kondisi tertentu yang membuat barang yang diminta perlu waktu pembuatan yang lebih lama. 

3. Gunakan Strategi Lean Manufacturing

Lean manufacturing merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan dalam meningkatkan efisiensi logistik. Dengan strategi ini Anda akan dimudahkan dalam mengefektifkan opreasional produksi yang tentunya akan memberikan keuntungan tersendiri. Selain itu, strategi ini juga memastikan mudahnya menyimpanan barang pada gudang serta cepatnya pengiriman barang. 

4. Terapkan Smart Manufacturing

Selain lean manufacturing, strategi lain yang juga bisa digunakan dalam meningkatkan efisiensi logistik adalah dengan menerapkan smart manufacturing. Smart manufacturing sendiri merupakan teknologi data dengan real time yang dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Sistem ini dilengkapi dengan GPS, sensor cerdas, pelacak lokasi, alat yang dapat memprediksi kapan asset tiba hingga peringatan jika asset telat.

5. Gunakan Aplikasi Menejemen Logistik

Selanjutnya, coba gunakan aplikasi menejemen logistik yang dapat memudahkan tata logistk Anda.  Aplikasi ini dapat mengecek stok barang secara online sehingga Anda dapat mengetahui jumlah barang yang masuk dan keluar dengan mudah. Selain itu, cara ini juga dapat membangun komunikasi baik antar departemen.

Nah, demikian 5 cara yang bsa diterapkan untuk meningkatkan efisiensi bisnis. Selain ke 5 cara di atas, jangan lupa ciptakan gudang yang nyaman dengan tata letak yang rapi agar mempermudah proses masuk dan keluarnya barang sehingga penggunaan waktu juga lebih efektif lagi. 


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi