Alur logistik yang baik tentu akan mampu menambah profit dan kinerja perusahaan Anda. Perusahaan harus bisa menjawab setiap tantangan yang akan muncul di masa depan. Pasalnya, beberapa tantangan tersebut ternyata bisa menjadi kesempatan untuk perusahaan berkembang lebih pesat lagi. Beberapa tantangan yang biasanya muncul adalah apa yang membedakan barang Anda dengan perusahaan lain? Ada berapa pilihan pengiriman barang? Berapa lama barang akan sampai?

Dari beberapa pernyataan di atas Anda jadi mengetahui bahwa proses pasokan rantai logistik yang tidak rumit. Anda harus bisa menemukan orang yang tepat untuk mengurus dan mengatur pasokan rantai logistik agar Anda tidak mengalami kesulitan dalam menjalaninya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan efisiensi rantai pasokan logistik Anda!

Menghemat Biaya Transportasi Perusahaan

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan efisiensi rantai pasokan gudang atau warehousing adalah dengan cara menghemat biaya transportasi perusahaan. Menghemat atau menekan biaya transportasi sangat penting agar perusahaan dapat berhemat dan menggunakan dananya untuk sektor lain di perusahaan Anda.

Ada beberapa saran yang dapat Anda gunakan untuk dapat menghemat biaya transportasi seperti bereksperimen dengan kemasan yang lebih kecil, investasi pada kendaraan yang hemat bahan bakar, melakukan efisiensi pada pengemasan, dan melakukan strategi loading barang dan perencanaan rute pengiriman yang terbaik agar dapat menghemat waktu dan biaya.

Anda tidak harus mengimplementasikan semua saran yang diberikan, karena tidak semua saran yang ada di atas bisa cocok dengan profil perusahaan atau gudang Anda. Ada baiknya Anda melakukan analisa pada perusahaan Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan perusahaan. Setelah itu, Anda bisa mencari strategi untuk mengatasi kelemahan atau kekurangan dari perusahaan.  

Memaksimalkan Tata Letak Gudang

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan efisiensi rantai pasokan gudang atau warehousing adalah dengan cara memaksimalkan tata letak pada gudang Anda. Banyak orang memiliki masalah mengenai cara memaksimalkan tata letak gudang dan tidak tahu cara mengatasinya. Mengatur tata letak gudang sangat penting, pasalnya Anda dapat memaksimalkan penggunaan ruang pada gudang Anda dan dapat menghemat banyak uang.

Anda dapat memaksimalkan ruang dengan memperpendek jarak dalam menempatkan barang dan mengatur kembali stok yang mudah laku dan stok yang belum laku. Produk yang sedang laku saat ini belum tentu sama dengan produk yang akan laku dalam 3 bulan mendatang. Ketika Anda mempunyai catatan gudang yang baik, Anda dapat menempatkan setiap produk dengan tepat.

Investasi pada Teknologi

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan efisiensi rantai pasokan gudang adalah dengan cara investasi pada teknologi. Saat ini dengan pesatnya perkembangan teknologi, semua aspek bisnis sudah terintegrasi dengan internet, begitu pula sistem manajemen pergudangan. Terdapat beberapa aplikasi manajemen logistik yang dapat perusahaan gunakan untuk meningkatkan efisiensi gudang dan membantu komunikasi antara departemen yang berbeda.

Komunikasi yang baik antar departemen sangat penting agar proses rantai pasokan gudang bisa berjalan dengan baik. Anda juga menggunakan aplikasi logistic untuk mengecek data stok barang secara langsung atau online.

Saran dari Staff Gudang

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan efisiensi gudang adalah dengan cara menerima saran dari staff gudang. Para karyawan merupakan orang yang terjun langsung ke lapangan dan yang paling mengerti tentang gudang atau warehousing. Oleh karena itu, ada baiknya perusahaan mulai mendengar saran dan masukan dari para staff gudang karena mereka yang terjun langsung dalam mengidentifikasi dan mengatasi masalah langsung dalam gudang.

Nah, itulah 4 cara untuk meningkatkan efisiensi gudang perusahaan Anda. Selain beberapa hal di atas, lokasi strategis juga memegang peranan penting dalam meningkatkan efisiensi gudang. Pasalnya, dengan memilih lokasi strategis akan mempermudah jalur pendistribusian barang.  Salah satu lokasi yang tepat untuk pabrik dan gudang adalah Karawang New Industry City (KNIC).

KNIC memiliki lokasi yang strategis dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses. Tempat ini sangat tepat untuk sewa gudang atau membeli gudang untuk keperluan perusahaan manufaktur.


Tags: Warehousing

Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi